Thursday, March 6, 2014

Martabak Mini Labu Kuning


Labu kuning lagi melimpah di pasar deket rumahku..murah sekali..beli 2000 aja dapat banyak..jadilah kalau ke pasar selalu beli..walaupun belum kepikiran mau di buat apa..tapi selalu ada stock labu kuning di kulkas. Yapp..labu kuning adalah bahan yang sangat menarik buatku untuk selalu uji coba bikin aneka jajanan. Karena kalau di sayur atau di kolak aku malah kurang suka tekturenya..tapi kalau di buat kue2..seneng banget..selain tambah enak kuenya..warnanya itu lho yag jadi kuning cantik..alami.

Nah..kemaren setelah mikir2 mau di buat apa lagi..aku kok keingat kalau Yodha request martabak manis buat cemilan sore..akhirnya kepikiran..gimana kalau di tambahin labu kuning..berhasil tidak ya..apakah bisa nyerat dll..pernuh pertanyaan di kepala. Akhirnya daripada penasaran..aku coba aja..dan ternyata..tetep bisa nyerat dengan cantiknya martabak mininya tuch..jadi nggak masalah di tambah labu kuning..dan rasanya juga enak..tambah legit dan empuk martbaaknya. Dan yang jelas..Yodha nggak tau..kalau martabak mini favoritnya aku tambahin labu kuning..hihi..jadi paling nngak dia udah makan sayur tambahan juga.

Kemaren pulang sekolah..pas..lagi mateng martabaknya....terus begitu masuk rumah dia komentar..hemm..bau harum apa ini Mi ?...Terus dia nengok ke dapur dan seneng banget karena aku buatin martabak manis..langsung dech cuci tangan ..belum ganti seragamnya langsung cemal cemil martabak manis..jadinya..nggak sempat di foto dengan benar juga ya teman ini martabaknya..asal terdokumentasi dulu dech resepnya ya...hihi..soalnya keburu di makan jagoanku kemaren. Alhamdulillah Yodha suka..jadi resepnya layak aku catat di sini. Eh kemaren kok ya meisesnya habis..jadi topingnya coklat blok aja aku serut halus...nggak masalah buat Yodha sich..yang penting....soklaatttt ya Kak...! hihi.

Ini dia resep martabak mini labu kuningnya ya teman2..barangkali ada yang mau coba juga...silahkan..^^
Martabak Mini Labu Kuning.

Bahan :
Tepung terigu protein sedang 250 gram
2 butir telur
150 gram labu kuning kukus, haluskan
40 gram gula pasir halus
1/2 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh ragi instan
1/4 sendok teh soda kue
1/4 sendok teh garam.
1/4 sendok teh vanili bubuk
350 ml air
1 sendok makan margarin, lelehkan

Cara membuat :
Campur tepung terigu, baking powder, garam dan gula. Aduk rata. Sisihkan.
Blnder halus labu dan air, tuang ke campuran tepung, aduk perlahan dengan whisker hingga rata. Masukkan telur, aduk rata. Masukkan ragi instan. Aduk rata. Diamkan selama 30 menit. 
Masukkan margarin leleh , soda kue dan vanili, aduk rata.
Panaskan cetakan kue lumpur atau snack maker double pan, tunggu hingga cetekan benar2 panas ya..agar bisa berpori cantik martabak mininya, baru tuang satu sendok sayur adonan, tekan tengahnya supaya berkulit. Masak di api kecil hingga berpori. Tutup cetakan, masak hingga matang. Olesi dengan margarin dan susu kental manis, beri toping sesuai selera.


14 comments :

  1. Wah bisa dicoba nich resepnya...karena di srilanka labu kuning murah banget dan selalu ada. Penduduk sini masaknya dibuat curry dan dimakan sama nasi biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak di kita ya Mba Dinie..berarti..di sayur lodeh kebanyakan orang..pdhl di buat kue2 jug aenak banget labu ini ya..:)

      Delete
  2. Dirmhku kl musim gugur byk bgt labu. Biasanya bingung mau diapain.Makasih bgt mba DD resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Asri..sama2...wah..byk banget lho variasi jajanan labu sebenernya..:)

      Delete
  3. Replies
    1. Iya Mak Lydia..lagi kehabisan meises..jadi pakai coklat serut aja..:)

      Delete
  4. Mba.. Kalo ga pake labu kuning airnya dikurangin ga? Daku suka sekali martabak, tp kalo bikin sendiri ko jadinya kue bolu, huhuhu...
    -evie-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada resepnya sendiri mba Evie..kalau yang nggak pake labu...atau bsia juga airnya di kurangi..:)

      Delete
  5. Mbah diah mnta resep martabak mini yg biasa donk.. Daku bikin kok kadang ada lubang nya kadang nggak ya?? :( gugling sana gugling sini ada yg bilang isi b powder, ada yg soda kue, ato ada yg fermipan aja. Itu kira2 fungsi masing2 nya apa ya?? Need help ya mbak... Makasii :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba Indah..nanti aku buatin dulu ya..:)

      Delete
  6. Mb Diah, yang dimaksud mendiamkan ragi itu yang baik pakai kain kering atau kain basah? atau didiamkan saja tanpa kain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diamkan adonannya Mba..biar raginya bekerja..biasa aja..nggak usah di tutup ndak pa2..:)

      Delete
  7. mbak, sy udah 5 kali bikin martabak manis, mulai dari yg pake pondan sampai yang dijemur raginya. dari resep yang gampang sampai pegel miksernya. dan semuanya gak bisa bersarang :-) huhuhuhu, sedih bangettt, kalau soal rasa sih sudah enak tapi bersarangnya itu loh gak keluar, adanya bantat banget. kira2 kenapa ya? terakir sy pake resep mbak rina rinso...mohon sarannya.
    oiya, apa harus pake cetakan martabak? krn aku cuma pake teflon biasa, dengan api kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai cetakan kue lumpur..punya nggak mba..kalau pakai teflon takutnya kan itu tipis ya..jadi panasnya nggak maksimal. Untuk Menghasilkan martabak berserat itu loyang musti panas dulu Mba..sebelum adonan di tuang. Kalau loyang yang lebih tebel kan..biarpun api kecil..tapi dia udah nyimpan panasnya duluan..:)

      Delete