Thursday, March 20, 2014

Lodeh Terong Bumbu Iris



Wah..cepatnya hari berlalu..tahu2 udah jam segini..kerjaan masih banyak..blog belum di tengok..hihi. Baiklah..biar tetep ada postingan sementara posting resep yang simple2 dulu ya teman2..lagi ada kerjaan..hihi dan harus selesai Sabtu besok..jadi berasa sok sibuk nich dan maaf kalau bisa cuma posting satu postingan semntara ini..tapi kalau udah selo..moga2 bisa posting minimal dua lagi perhari. Alhamdulillah sich ..tahun ini banyak di beri kemudahan..dan juga ada aja kejutan2 yang menyenangkan...moga2 semakin baik dech amin...setelah tahun kemaren banyak cobaan..yakin dech..Tuhan memang maha adil..selalu ada hikmah di balik cobaan..^^

Wua..tapi mau curhat juga ya teman2...hari ini bikin bad mood bener dech tadi pagi2...listrik mati..masak dari subuh sampai hampir jam 8 di lingkungan rumah..makanya kelimpungan tadi pagi..Yodha sampai mandi pakai aqua mau ke sekolah..hihi. Wah..mana banyak kerjaan yang harus selesai..nggak mugkin kan tanpa air..akhirnya bolak balik dech ke lapangan tenis eyangnya Yodha buat ngansu air..hihi..eh tapi..giliran udah dapet beberapa ember..nyala teman2 listriknya..kebayang nggak..jengkelnya..hihi..tapi ya..geli juga..tau gitu sabar aja nunggu ya Bu..kata mba art ku. Tapi aku pikir sampai siang tadi..jadi nggak kebayang kalau beraktifitas di dapur tanpa air kan. Tapi no problemo..cuma sedikit halangan sich..tetep semangat nguplek di dapur tadi..dan akhirnya baru sempat nengokin blog dech..dan posting resep biasa banget..lodeh terong. Eh tapi menu ini adalah menu favorit suamiku lho teman2..dan aku juga suka..jadi layak di posting kok..karena kami suka dan enak rasanya...hihi..*maksa..*
Lodeh Terong Bumbu Iris

Bahan :
2 buah terong hijau, potong sesuai selera
800 ml santan sedang
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan ebi, rendam air panas
1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu bubuk & garam sesuai selera
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabai merah, iris serong tipis

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabe merah dan ebi, tumis hingga cabai layu. Masukkan santan dan semua bumbu lain. Masak hingga mendidih, masukkan terong. Masak lagi sambil sesekali di aduk supaya santan tidak pecah, sampai terong matang. Koreksi rasa. Sajikan.

11 comments :

  1. paling sering aku masak itu yang iris2 mbak, males ngulek soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak..lebih light juga ya rasa bumbu2nya kalau di iris..jadi lebih seger..:)

      Delete
  2. salam kenal mbak diah, bisa minta resep kulit lumpia semarang ngak yang cara buatnya dibesetkan ??, saya udah pernah coba pakai semua jenis terigu dicampur air dan garam lalu diadonin tapi adonannya tidak lengket tidak elastis, menurut mbak diah apa yang salah, komposisinya atau proses ngadonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di kasih putih telur Mas dan pakai tepung protein tinggi :)

      Delete
  3. Itu terong apa oyong ya? Ko kaya oyong ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu di jawab kah pertanyaannya ?..:D
      Jelas2 judulnya lodeh terong dan di bahan di tulis terong..:D

      Delete
  4. Soalnya aku ga pernah liat terong yg ky gitu adanya terong ungu dan terong bulet yg untuk lalap...maaf jgn marah dong mb di ...kan aku baru bljr msk...aku nanya emang aku ga tau...di jakarta aku ga pernah liat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..gak marah kok Mba..itu malah ketawa lebar..:D..Terong hijau..biasa di pasar2 banyak..biasa di buat lodeh..di oseng atau di sambel..:)

      Delete
  5. terong hijau bisa diganti dg terong ungu ya mbak?

    ReplyDelete