Monday, March 24, 2014

Berburu Nas Gor Kaki Lima Yang Enak Di Alun Alun & Ungaran



Kemaren pas ada acara ke Ungaran..masih sore..akhirnya mampir lagi ke alun alun kota Ungaran. Suka aja ke sana..karena di alun alun Ungaran nich pusatnya jajanan kaki lima. Banyak aneka makanan    yang enak2 dan murah murah di sana. Di sekitar alun alun memang banyak sekali berjejer warung warung tenda yang menjual aneka makanan. Ada sate..ayam goreng , bebek, soto, pindang, wedang ronde dll..masih banyak lagi jenisnya. Tapi kalau ke sana kami selalu mencoba berbagai warung nasi goreng. Yapp..emang di alun alun ungaran menu yang paling populer adalah menu nasi goreng babatnya. 

Nah..perburuan nasi goreng yang enak..masih terus berlanjut kalau ke Ungaran..setelah sering kecewa beberapa kali makan nasi goreng yang legendaris dari jaman dulu suami kuliah..yaitu Bu Djaiken..sekarang sudah nggak enak lagi..karena ganti penerus usahanya. Akhirnya berdasar referensi teman..aku penasaran pengen nyoba nasi goreng bu Ngapinah..yang dulu..konon katanya membantu Bu Djaikem ketika masih hidup berjualan nasi goreng..dan sekerang bu Ngapinah ini membuka warung nasi goreng sendiri di alun alun Ungaran juga..di paling pojok pas masuk alun2 Ungaran. Tapi..beberapa kali mau coba makan di sana..udah buka sich..tapi..Bu Ngapinahnya belum datang..jadi belum nerima pesanan. Akhirnya..kami menelusuri tenda tenda di sebelahnya dan mencoba nasi goreng Pak To. Ternyata..enak nasi goring Pak To ini..letaknya ada di alun2 Ungaran juga..di tenda ke tiga atau ke 4 ya dari arah pintu masuk alun2 Ungaran. Kami cocok dech dengan nasi goreng Pak To ini..jauh lebih enak di banding nas gor nya bu Djaikem yang sekarang.

Nasi goreng Pak To ini enak..karena nasinya empuk..pulen..tapi tetep mawur, jadi nasi gorengnya nggak terlalu kering..cenderung keliatan basah berminyak dan sangat menggoda selera. Yang paling terkenal adalah nasi goreng babat isonya. Babat dan isonya banyak di potong kecil2 di campur nasi gorengnya..dan empuk sekali..enak banget ketika di makan bersama nasi gorengnya. Karena babat iso ini memang paling cocok buat nasi goreng begini ya..karena nasi gorengnya jadi lebih gurih..bercampur aroma babat iso yang memang harum dan gurih. Bumbunya juga berani dan berkecap lumayan banyak..jadi beneran otentik nasi goreng babat iso dech. Akhirnya nemu juga nasi goreng yang enak di alun alun Ungaran..soalnya kami memang seneng aja jalan2 ke sana. Bisa santai aja duduk2 di tengah alun2..Yodha bisa main sama anak2 kecil banyak...karena banyak keluarga juga yang ebrsantai di sana..sambil liat orang lalu lalang..minum wedang ronde..makan gorengan atau jajanan lain..dan terakhir sebelum pulang..makan nas gor..murah..meriah..enak.dan super kenyang dech..hihi. Walau kemaren Yodha sempat sial..pas lagi duduk2 di taman minum wedang ronde dan makan tahu crispy..eh di entub ( di sengat tawon )...hihi. Untuk cuma tawon madu kecil..jadi nggak bengkak...^^


14 comments :

  1. Lapeeerrr,,, aku mbak mau kemana aja pasti pesan nasi goreng hahah,,, apalagi yang kaki lima,,, Murah meriah dan enak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Tina..cuma 10 -1 3 ribu kalau kaki lima tuch ya..rasanya nggak kalah sama di resto2 terkenal ya..hihi

      Delete
  2. iya mba, sekarang Djaikem emg ndak enak :( aku nyobain yg Pak To itu, enak tp kebanyakan kecap hihihii.. aq ndak suka kecap soale

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Uniek..kalau kurang suka kecap memang berasa banget ya kecapnya...tapi kalau kami yang penyuka nas gor berkecap..ya suka..hihi

      Delete
  3. Bu djaikem emang gak enak..jauh banget dibanding dulu. Eh pernah nyoba bu Ngapinah itu, udah malem jam 10an. Yang antri banyak. Tapi rasanya menurutku masih kalah jauh sama majikannya hehehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Hidayah..katanya dulu kala enak ya Bu Djaikem ini..hihi..kata suami sich yang dulu sering makan di sana waktu masih bujang..:)

      Delete
  4. Itu nasgornya pakai kol mentah ya Mba..? Khas nasgor di Jawa Tengah (dan Jawa Timur) ya..Kalo di sini (Jabotabek), biasanya kan pakai sawi yang digonseng sama nasinya..Tapi kalo buat nasgor sendiri aku tetep,pakai kol mentah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..buat lalap kol mentah di naso gor itu enak..kreyes2 seger dan mengimbangi bumbu2 nas gornya ya..:)

      Delete
  5. Klo smg bawah ada nasgorbat p.karmin di berok..tp aq lbh suka nasgorbad p.taman di stadion dpn sma walisongo mb..cb aja..tp bukanya pagi mpe sore mb.mlm tutup.sayang blom ngrasain nasgorbad bu djaikem kok dah dpt berita ga enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..mksh infonya mba Yessi..nanti aku coba ya..kalau Pak Karmin tuch srg lewat..tp kata suami dah nggak enak ..jd jrg jadi mau mampir..hihi

      Delete
    2. salam kenal ya mb..dr kmrn aq krm koment di blog mb, tp blom jg ksh salam kenal.hehe.suka baca blog sampean mb..bikin kangen semarang.aq dr semarang kaligarang.tp sekarang lg di rantau..mo masak khas indonesia kdg terbentur bhn mb..ky siomay.disini ga ada labu siam.kr2 bs diganti lobak ga ya..klo mbak liat drakor pernah ada lobak putih buesaar..biasa buat kimchi ato jg sayur..kr2 bs ga ya buat ganti labu siam..pernah bc sih gantinya pepaya muda..tp sini mahal..klo lobak itu murah sih..hehe..kok jd curhat..

      Delete
    3. Oia..klo karmin aq jg ga begitu suka mb..krg nendang bumbunya..mknya lbh suka p.taman itu.suka tambah telor dadar.pake telor bebek klo di paak taman..tp aq ga bs bandingkan ma yg di ungaran..hehe..cz ga pernah beli nasgobad disana..

      Delete
    4. Hihi..iya Mba..Yessi..santai aja..pokoknya di sini tuch asyik2 aja..anggep aja udah kenal lama ya..ayukk seru2 an ngobrol soal makanan..:)
      Kalau nggak ada labu..ndak usah pakai ndak pa2 sich mba..cuma memang beda tekture aja..takutnya kalu lobak ada aromanya ya..atau di coba saja..aku jg belum pernah sich pakai lobak..hihi

      Delete
  6. sebagai orang gunungpati yang tiap hari lewat alun alun ungaran.
    baru nyobain 2 nasgor di sini. bu djaikem yang legendaris dan bu ngapinah yang di dpean sendiri itu.
    Bu djaikem, hmmmm you know lah... bhahaha
    kalau bu ngapinah, dulu sering banget maem di sini, bumbunya nendang... tapi penah juga keblondrok... kalkulatornya pernah rusak walaupun sempat langganan.
    salam...

    ReplyDelete