Wednesday, March 5, 2014

Lontong Tuyuhan Khas Rembang


Sudah sarapan teman2 ?..Mau sarapan yang beda ? Ayuk ke Rembang..di sana ada kuliner khas namanya Lontong Tuyuhan. Kejauhan ke Rembang buat sarapan?..Ya udah..ayuk masak sendiri di rumah ya lontong tuyuhannya..jadilah menu sarapan khas Rembang ini..tersaji hangat di rumah. Apa bedanya lontong tuyuhan dengan lontong opor biasanya ?..Kayaknya sama ya ?..Beda teman2..! Citarasanya sangat berbeda..karena kuah opornya memakai campuran bumbu cabe rawit ..jadi terasa pedas dan lebih nendang rasanya. Dulu pertama nyoba..agak ragu juga...bumbu kuah opor kok pakai cabe rawit..tapi setelah nyoba..enak ternyata. Kuahnya jadi semriwing pedas cabe rawit yang khas..cuma memang nggak di rekomend buat anak2 ya...karena pakai cabe rawit pedasnya...kecuali buat anak yang udah biasa makan pedas ya nggak masalah sich..kalau Yodha aku kasih kemaren..udah marah2 dia...hihi.

Jadi..sesekali membuat masakan yang agak keluar dari zona aman masakan harian biasa yang sudah sering kita bikin..misal opor biasa gitu..menurutku kok malah menarik dan menantang..jadi lidah juga bisa mencecap berbagai varian rasa masakan baru..jadi prinsipnya kalau aku..coba..dan rasakan aja dech..kalau kita mencicipi suatu masakan baru dari suatu daerah..kalau suka..bakalan sering2 memasaknya lagi..kalau nggak..yag cukup sekali saja..buat nambah2 ilmu kuliner aja..^^

Oh ya..lontong Tuyuhan ini..kalau di Rembang memang jadi menu untruk sarapan..penjualnya banyak sekali di sana..terpusat di satu tempat...yaitu di desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang. Oleh karena itulah hidangan ini di kenal dengan nama lontong Tuyuhan. Pilihan lauk untuk lontong Tuyuhan ini..bisa ayam..tempe..telur, jerohan ayam dll..semuanya di ungkep dengan bumbu opor pedas ini kemudian di sajikan dengan lontong dan di siram kuahnya. Rasanya..enak..seger...pedasnya semriwing tapi lumayan nendang..karena sudah tercampur rata di kuahnya..jadi nggak perlu sambal lagi dech.
Lontong Tuyuhan

Bahan :
Lontong siap pakai secukupnya
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Kuah Opor Pedas 
Bahan :
1 ekor ayam pejantan
Telur rebus 3 butir, kupas
Tempe 1/2 papan, potong tipis
Santan sedang kentalnya 1,5  liter
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
Garam dan kaldu ayam bubuk sesuai selera
Gula merah 1/2 sendok makan

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar , sangrai
1/4 sendok teh jintan, sangrai
Merica bubuk 1/2 sendok teh
2 cm kunyit, bakar
2 cm jahe
6 buah cabai rawit merah
4 cabai merah

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan ayam, aduk rata hingga berubah warna, lalu masukkan santan, bumbu2 lain, telur dan tempe. Masak dengan api kecil hingga ayam empuk dan bumbu meresap. Koreksi rasa. Sajikan dengan lontong dan taburan bawang goreng.

21 comments :

  1. sarapannya berat type aku banget nih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak...sama kayak Aku..lidah Jowo..sarapannya..:)

      Delete
  2. Tahun 2008 sempet suami krja dirembang slama 4 bulan dan aku ikut nemenin disana kurang lebih 2 mingguan dan tinggal di kost2an, tiap malem pasti jajan di alun2 kota rembang buat makan malem dan nyobain berbagai makanan yg unik2, klo gk salah aku prnah makan lontong tuyuhan ini rasanya mmg mirip opor pedas malah dulu aku pikir ini mmg opor yg dikasih sambel, byk abang2 yg jual makanya sempet bingung jg kok byk yg jual opor biasanyakan lontong cm dicampur sm sambal godok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nadia..emang di sana jadi makanan khas ya lontong gini..cuma memang beda rasanya sama lontong opor biasa..rasa pedasnya itu yang bikin khas dan beda ya Mba..:)

      Delete
  3. Pedaas mah kesukaan Saya, Mba. Itu telornya sembunyi. :D

    ReplyDelete
  4. Duuuh mba Diah,,, Jadi laper nih malam2 gini ngeliatin si Lontong,,, :)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Tina..ini memang pas banget buat sarapan atau makan malam..:)

      Delete
    2. Gara2 semalam. Ini saya tengok lagi resepnga mba Diah. Mau saya eksekusi hehehe.... makasih ya mba Diah..

      Delete
  5. Mbak Diah, hari ini aku masak opor tuyuhan, ga pake lontong. Suamiku seneng, katanya mantep, baguslah kamu nemu si Diah Didi, jago tenan, resepe mantep2... Aku cocok kabeh. Sejak aku sampe Indonesia dan masak, aku selalu pake resep Mbak Diah; kmrn bikin nogosari, balado terong, olahan usus, gulai manyung selalu jadi... Suamiku jadi betah makan di rumah, dia skrg malah ga mau jajan... Makasi ya Mbak Diah, knapa kita tak bertemu sejak aku manten anyar yak? Wkwkwk... kapan main ke Salatiga? Ella^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Ella..iya Mba..syukurlah jika sesuai selera dan suami suka ya..ndak perlu jajan lagi memang Mba..lebih bersih dan sehat masak sendiri..tapi kalau aku tetep suka jajan je..kalau weekend.lha soalnya buat icip2 dan wisata kulineran..dan di tulis di sini..hihi. eh..hari ini suami sebenernya ke Salatiga Mba..cuma karena temennya ikut,..jadi nggak enak..kalau ikut juga,,,huhu, pengen sate sapi suruh pdhl..next time ya Mba..tak kabari kalau mau ke sana..:)

      Delete
  6. Kemarin ada acara kumpul org indonesia dirumahku. Aq inget resep mba DD jd mereka aq suguhin sayur tuyuhan. Hasilnya uenak tenan. Hampir semua pd nambah. Makasih mba DD.....kpn demo masak di jepun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Asri..wah seru pasti ya..kumpul2 dengan teman2 dari Indo..menunya juga khas Indo..:)
      Aduch..kapan ya bisa ke Jepang Mba..hihi..mimpi dulu kali yach...kpn2 kalau Mba mudik ke Semarang aja ya..mampir ke rumahku..:)

      Delete
  7. wahhhh betul banget daripada jauh ke rembang, mendingan bikin sendiri hihi
    makasih ya atas resepnyaaa bunda ;)
    cocok banget untuk menu idul fitri sambuil ngumpul bareng kelurg :D

    ReplyDelete
  8. Salam kenal Mba Diah..

    Saya udah sering cobain resep2nya tp br kali ini komen.. :). Kemarin2 pingin lontong tuyuhan, lg kangen kampung di rembang tp gak tau resepnya, hehehe. Eh, ternyata di sini ada resepnya.. pas dicoba kok agak beda sama yg sering saya makan di tuyuhan ya? Kurang apaa gitu.. Kayaknya sih.. gara2 saya pakenya ayam potong, trus santannya instan :). Oh iya Mbak, satu lagi, konon kabarnya yg bikin khas rasa lontong opornya ialah air yg dipake masak harus dr daerah tuyuhan sana, entah benar ato nggak..

    Thanks ya Mbak, resepnya oke, potonya keren2, jd pingin nyemplung dunia foodblogging..

    -Fajri-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya jika nggak sesuai seleranya..krn Saya sdr belum pernah makan aslinya..cuma dapat resep dari hasil liputan di majalah yang aku sesuaikan sendiri bumbu2nya..dan pakenya kalau nggak ayam kampung ya..ayam pejantan..blm pernah pakai ayam potong biasa..:) Alhamdulillah kalau keluarga kami dan beberapa temen di atas sich cocok ya..:)..Mungkin bisa nanya resepnya kalau mudik tuch ke Tuyuhan ke penjualnya..biar rasanya persis ya..hihi ..terus kasih tau aku ya Fajri..rahasianya apa..ntar ku coba dech..:)

      Delete
    2. Tenang aja Mbak, yg ini jg rasanya uenaak kok :). Emang harusnya pake ayam kampung, cuma pas saya nyoba kmrn lg ga ada ayam kampung.. insya Allah klo sempat mampir n nanya resepnya, ta' kasitau ya Mbak..

      -Fajri-

      Delete
  9. wahhh jadi pengen nyobain gimana rasanya lontong itu (y)

    sekalian mampir yuk gan and sist http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  10. berapa untuk seporsinya mba?
    terimakasih ;)

    silahkan mampir http://obatdiabetesalamijg.com/

    ReplyDelete