Monday, March 31, 2014

Gula Batu Lebih Sehat Dari Gula Pasir ?



Akhir2 ini daku lagi suka banget minum teh poci gula batu..wah bisa dua kali sehari dech minum teh..karena sibuk banyak kerjaan..jadi nge teh bisa menambah semangat dech. Biasanya sich nge teh juga..cuma kadang2..kalau ingat..hihi..tapi sekarang kalau nggak nge teh kayak ada yang kurang gitu setiap hari. Aku suka aja sama aroma dan rasa salah satu merk teh yang cukup terkenal..benar2 wasgitel..kalau kata orang Jawa..wangi..Legi dan kentel..plus sedep..hihi. kadang2..kalau lagi banyak kerjaan kayak gini..nge teh merupakan salah satu cara untuk santai sejenak. Menikmati teh panas2...di temani gula batu ..wah..benar2 dech...mantab..^^

Jadi penasaran..kandungan gula batu itu katanya lebih rendah kalorinya ya teman2 dari pada gula biasa?..Jadi lebih sehat dong ya..aku sendiri juga belum tau pastinya...cari2 jawaban di google belum nemu. Tapi yang jelas..rasa manis gula batu memang nggak semanis gula pasir biasa. Dan katanya..gula batu ini juga bersifat mendinginkan badan..makanya banyak jamu2 Jawa atau China dari Shinse2 gitu banyak yang memakai gula batu ya. Untuk bikin minuman2 tradisional seperti wedang uwuh..wedang jamu dll..memag lebih enak dan mantab rasanya kalau memakai gula batu. Orang tuaku dari dulu juga lebih suka minum minuman manis pakai gula batu..dan memang malah sehat sich beliau2 di umur senja..^^

Gula batu terbuat dari larutan gula jenuh , terus di kristalkan melalui bantuan air yang di panaskan secara lambat. Tujuannya agar gula lebih mudah larut dan ada aroma2 seperti karamel gitu. Gula batu ada yang berwarna putih bersih, ada juga yang berwarna kecoklatan.
 
Cara  pemakaian  gula  batu  di aneka    minuman..kata  orang tua..lebih   baik  di biarkan    meleleh   sendiri   di   minuman panas..jangan   di masak   bersama. Misa l  kalau  bikin  teh  atau   wedang    atau    jamu2 an..dll..tinggal    di tambahkan    gul batu    ketika    minuman    sudah    siap..di cemplugin   di akhir    pembuatan    gitu    maksudnya.

Gitu   dech   cerita    tentang    si    *rock    sugar*...atau       gula    batu     teman2..ada    yang   mau    nambahin..boleh    banget..yukk    sharing..^^

4 comments :

  1. kakekku nih sukanya minum manis pakai gula batu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau orang tua jaman dulu..memang suka pakai gula batu ya Mak..:)

      Delete
  2. Saya dulu nggak percaya minum teh pakai gula batu lebih nikmat. Setelah mencoba memang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Didik jadi lebih manteb kan ya..dan lebih rendah kalorinya di banding gula biasa..:)

      Delete