Saturday, March 29, 2014

Oseng Buncis, Tahu, Telur Puyuh & Tetelan Cabe Hijau



Judulnya...panjang..hihi..singkat kata..sebut saja oseng buncis campur sari ya..ini adalah salah satu oseng2 khas Jawa favorit suamiku. Oseng2 kayak gini..biasa..sering di jumpai di acara2 prasmanan hajatan atau di warung2 nasi ramesan..banyak yang jual. Bikin sendiri..lebih enak pastinya..karena bumbunya bisa sesuai selera. Oseng2 buncis campur ini adalah jenis oseng2 Jawa yang berkecap. Bercita rasa gurih, pedas dan sedikit manis. Kalau aku suka tak gado aja juga enak dech.

Paling sedep oseng2 ini pakai daging bagian tetelan, tapi di rebus dulu sampai empuk ya teman2..kalau masuk bareng ya bakalan alot, secara masak oseng2nya lumayan cepat. Jika tidak suka tetelan..boleh di ganti pakai udang. Untuk tahu..gunakan tahu yang tidak asam ya teman2..kalau tahu asam..nanti ikut asam semua dech rasanya. Tapi kalau beli tahu di pasar..aku ada tips nich menghilangkan aroma asamnya teman2..cukup di rebus sebentar di air yang sudah di beri sedikit garam hingga air mendidih, angkat tahu..siap di olah jadi aneka masakan dan nggak akan asam lagi rasanya.

Yukk masak yang enak buat keluarga teman2..jika long weekend nich ndak ke mana2. Aku pengen pulang ke Yogya ik...tapi nggak bisa..masih banyak tanggungan  kerjaan yang musti segera selesai segera, di kejar deadline..hihi...suami juga sibuk banget. Ya udah..di rumah saja..happy long weekend ya teman2..^^
Oseng Oseng Buncis Campur Sari

Bahan :
200 gram buncis, siangi, potong kecil2
200 gram tahu, potong kecil2
10 buah telur puyuh
Daging tetelan 200 gram, rebus hingga empuk.
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
Garam secukupnya
Kaldu sapi bubuk 1 sendok teh
Gula merah 1 sendok teh
Kecap manis secukupnya
Air 200 ml
8 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
50 gram cabai hijau keriting, potong serong

Cara membuat :
Rebus daging tetelan hingga empuk, potong2 kecil
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang, masukkan cabe hijau, daun salam dan lengkuas, aduk rata hingga cabai layu. Masukkan tahu, buncis, telur puyuh, daging dan air, serta semua bumbu lain.
Tutup panci dan masak hingga bumbu meresap.

2 comments :

  1. Mba Diah jadi lapar deh,,, oseng2 emang selalu juara,,, saya sering banget bikin oseng2, hampir semua jenis sayur bisa saya oseng2 hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu sapu bersih kulkas ya Mba Tina..hihi..pokoknya sebelum belanja stock bahan lagi..sisa2 bahan yang ada di kulkas..sering2nya berubah jadi oseng2..:)

      Delete