Tuesday, March 4, 2014

Ayam Goreng Lengkuas



Ayam goreng bumbu lengkuas..buat yang belum pernah coba mungkin terkesan aneh ya teman2..lengkuas kok di buat bumbu ayam goreng dalam jumlah banyak..apa tidak getir..bau ..dll ?..Jawabannya tidak sama sekali..justru membuat ayam gorengnya semakin gurih..dan..bumbu remah2 dari lengkuas parutnya pun sangat enak ketika ikut di goreng dan di jadikan taburan ke ayam gorengnya. Gurih banget dech jadinya. Ayam goreng lengkuas ini adalah salah satu ayam goreng favoritku. Cobain dech teman2..kalau nggak percaya..beneran enak lho..^^

Tips..agar lebih mudah memarut lengkuas..gunakan lengkuas yang masih muda ya..beli di pasar..pilih yang masih putih2 gitu, mudah banget di parut. Agar tidak cepat gosong remahan bumbunya...ayam dan remahan bumbunya di goreng terpisah ya..setelah matang cukup di taburkan di atas ayam gorengnya..yummy..! Sajikan dengan sambal sesuai selera..^^
Ayam Goreng Lengkuas

Bahan :
1 ekor ayam kampung atau pejantan
800 ml air ( air biasa plus air kelapa ..lebih enak ), 1 sendok teh tepung tapioka ( agar remahan lengkuasnya tambah renyah ketika di goreng )
Daun salam 2 lembar
Lengkuas muda 150 gram , parut

Bumbu halus :
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, 1 cm kunyit
Kaldu ayam sedikit jika suka untuk memantabkan rasa.
Garam sesuai selera
Gula merah 1/2 sendok makan

Cara membuat :
Campur ayam dan semua bahan serta bumbu dengan air, ungkep di api kecil hingga air habis dan bumbu meresap. Goreng ayam di minyak panas sebentar saja. Goreg juga remahan bumbu lengkuasnya dengan api kecil. Taburkan ke ayam goreng. Sajikan dengan sambal dan lalapan.

16 comments :

  1. Aku jg suka bikin ayam goreng lengkuas terus dibanyakin lengkuasnya tp suka ditambahi klapa parut sdkt jdnya klo dah digoreng remahannya tambah byk dan gurih, anak2 malah lebih suka makan nasi pake remahannya ketimbang sm ayamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sama kayak aku Mba Nadia..kok lebih suka kremesan lengkuasnya..hihi..memang enak banget gurih ya..wah ide bagus di tambah kelapa jadi banyak ya Mba..nanti tak coba nya kpn2..:)

      Delete
  2. Hayyyaaammm goreng,,, suka suka, enak banget ini mba,,, *saya emang selalu nungguin resep ayamnya mba Diah, Makasih mba Diah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..met coba ya...buat variasi macam2 ayam goreng ya mba..smg suka juga yang ini..:)

      Delete
  3. Aku dah give up sama ayam goreng lengkuas, dah 3-4 kali coba tp blm bs bikin serabut2 yang maknyus itu...
    kayaknya aku perlu ganti parutan deh mbak, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk coba lagi..jangan menyerah Mas..hihi..:)
      Coba pakai parutan keju yang tajam, aku suka pakai itu..jadi hasil parutan lengkuasnya nggak terlalu halus dan panjang2 hasilnya :)

      Delete
  4. enak mbak ayam gorneg lengkuas, senagaja kalau bikin lengkuasnya banyak trus di goreng deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..enak dan gurih banget ..:)

      Delete
  5. Ayam goreng lengkuas ini favorit suami hehe... tapi biasanya saya suka beli bumbu jadi di pasar, si mba yang jual pinter ngeraciknya, enak. Penasaran apa aja bumbunya... eh, hari ini lihat di sini...komplit :D ... Thank You ya Mba Diah...^_^

    ReplyDelete
  6. Mbak Diah apa kabar..? Mbak, tolong sms in no nya lg yaa.. Soalnya hp aku kemarin rusak.. Mau nanya2 tentang ayam goreng lengkuas.. Insyaallah aku mau buka tempat maem mbak *belajar bisnis* ^^ hihiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..bagus itu Mba Finah...sippp,...di sambi kerja gt Mba..wah hebat dech..:)..oke ntar ku sms yach..:)

      Delete
  7. Hhhmmmm.....ayam goreng no 1 di keluargaku hihihi... sdh beberapa kali aku coba resep ayam goreng mbak diah suami n anakku suka banget. Mbak diah aku pernah makan di rm.padang garuda , ayam goreng lengkuasnya tdk ungkep. Jd ayamnya msh mentah berbumbu gt. Kl ada pesanan baru goreng. Mau buat sendiri gak tau caranya. Kalau mbak ada resepnya aku langsung mau coba nih hihihi... maklum aku bisanya cm jiplak
    resep mbak diah, makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba..syukurlah jk sesuai selera ya..oh gt ayam goreng mentah berbumbu lengkuas ya mba..wah kpn2 tak coba dulu yach..:)

      Delete
  8. Assalamkm mba diah.. Blognya salah 1 favorit saya tp baru komen sekarang.hehe.. Oya di keluarga saya ayam goreng lengkuas ditambah irisan halus daun jeruk enaaak.. Nina

    ReplyDelete
  9. Halo mba
    Kalo aku lengkuasnya digeprek/dimemarkan pake ulekan batu mba trus ditarik2 biar misah jdi serabut. Soalnya aku punyanya parutan keju yg kecil jdi nggk kuat buat marut lengkuas :D. Waktu mau halusin bumbu trus geprek lengkuasnya baru ternyata bisa ditarik2 jdi serabut gitu & malah lebih cepet jdinya.

    ReplyDelete
  10. Aku suka buat ayam goreng lengkuas ini,,,enak bener,,,,

    ReplyDelete