Tuesday, March 18, 2014

Stick Labu Kuning


Labu kuning lagi....hihi..lagi rajin nich teman2..memanfaatkan labu kuning yang cukup murah di pasar..jadi setiap ke pasar..pasti di beli dech. Banyak banget lho teman2 sebenernya olahan makanan yang bisa kita tambah labu kuning. Karena di buat campuran kue2 atau cake udah sering..kali ini aku pengen cemilan yang gurih dan kriuk2. Jadi aku uji coba untuk membuat stick dengan campuran labu kuning. Hasilnya enak dan gurih..dan seperti biasa..labu kuning ini menyumbang warna kuning yang cantik di sticknya. Suka dech..^^

Membuat stick ini paling mudah jika menggunakan gilingan mie. Jadi lebih cepat dan mudah memprosesnya. Sayangnya gilingan mie ku yang baru pemotongnya mienya ukurannya kecil2..nggak kayak yang lama dulu bisa bagus agak lebar..jadi hasilnya stick yang sekarang lebih kecil2. Tapi nggak apa2 sich..yang penting rasanya enak..gurih dan renyah. Tapi ini stick nggak menggembung ya teman2..karena nggak pakai margarin, adonannya akan jadi semakin lembek kalau di tambah margarin...karena labu kuning kukusnya sudah mengandung banyak air. Tapi walaupun nggak menggembung..hasilnya tetep empuk dan renyah..karena labu kuning menyumbang rasa empuk juga di stick ini.


Mau coba teman2..yukk simak resepnya ya..^^
Stik Labu Kuning

Bahan :
250 gram tepung terigu protein rendah / sedang ( bisa di tambah jika kurang / adonan masih agak lembek )
50 gram tepung sagu / tapioka
125 gram labu kuning kukus, haluskan
2 kuning telur
Bawang merah 4 butir, haluskan
50 gram keju cheddar, parut halus
Gula pasir 1/2 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh

Cara membuat :
Aduk semua bahan hingga bergumpal.
Giling tipis di gilingan mi ketebalan paling besar 2 tiga kali, lalu kecilkan lubang gilingan mie nya, giling lagi hingga 2 kali sampai halus. Taburi sedikit sagu di adonan agar tidak lengket waktu menggiling.
Potong dengan pemotong mie yang lebar.
Goreng di minyak panas dan terendam sampai renyah dan matang.



14 comments :

  1. aaaw... great idea mba... ku tag aaah... buat akhir pekan nih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mom Nisa..enak dan mur mer olahan labu kuning ini..met coba ya..:)

      Delete
  2. oalah dari labu kinung bisa jadi stik ya mbak

    ReplyDelete
  3. Mbak, cara makek gilingan mie-nya itu adonannya harus sampai kalis ato biarin berbutir" gitu? soalnya aku buat beberapa kali sampai kalis, waktu digiling, semua adonan di gilingan gak bisa keluar.. sampe putus asa ama gilingan itu.. mo diapain tuh gilingan? hiksss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Mira..kalau adonan cheese stick gini..adonannya sampai bergumpal saja Mba..kayak adonan pastel gitu lho..nah..nanti sewaktu proses penggilingan yang berkali2 itu..nanti akan halus sendiri adonannya. Biar lebih mudah..taburi adonan dengan tepung ya Mba..pas menggilingnya supaya nggak lengket..:)

      Delete
    2. Ok., mbak diah.. thanks atas informasinya..

      Delete
  4. ternyata labu kuning bisa juga ya dijadiin stik keju. mumpung punya labu kuning, ijin nyontek resep yo mbk diah ^_^

    ReplyDelete
  5. mbk klo gk pake keju bisakah??
    kejunya di skip atw dignti apa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..keselip ini komennya Mba Dewi..nggak pa2 Mba..:)

      Delete
  6. mb.Diah...aku sudah buat stik labu kuning ini, menurut saya sudah sesuai resep ini, kenapa koq keras pas dimakan ? hehehhe, menggoreng cistik itu yang bagus pada saat mulai menguning diangkatkah? mohon pencerahannya terima kasih.

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku bikin nggak keras tuch mba Ara...hehehe
      Goreng biasa Mba..samapi matang dan renyah. Kalua menguning di angkat nanti masih bau tepung. Keras bisa karena berbagai faktor..misal..nguleni nya terlalu lama atau terlalu kuat.Gorengnya suhu minyak nggak pas juga bisa jadi keras hasilnya. Kalau mau rapuh..bisa juga di tambahin margarin Mba..:)

      Delete
  7. Wahh bisa dicoba ini mbak...pas punya labu kuning dapet dari mertua..hihii

    ReplyDelete