Friday, March 7, 2014

Udang Goreng Krispi


Bukan hanya ayam saja lho..yang enak di goreng tepung krispi teman2..udang juga..dan hasilnya..selain enak..renyah dan gurih..lapisan tepungnya juga bisa berlapis dan keriting..kayak ayam goreng krispi. Udang yang tadinya kecil..jika di goreng krispi begini jadi keliatan besar kan..karena memang lapisan tepungnya cukup tebal..di buat dengan tehnik celup adonan basah dulu..baru di guling2 ke adonan kering.

Jadinya..lebih irit dong..udang 250 gram..kalau di goreng biasa..pasti nggak keliatan jadi banyak..tapi..kalau di goreng tepung krispi gini..jadi banyak lho..itu yang aku foto itu cuma berapa biji..tapi keliatan gede2 kan setelah matang. Jadi..bisa dech di makan rame2..cocok nich buat menu weekend besok buat keluarga tercinta ya teman2. Selamat mencoba..di cocol saus sambal aja udah enak banget. Tapi kalau mau..bisa juga buat lauk nasi..sama sambal favorit masing2 ya..^^
Ini dia..udang goreng krispi hasil uji ciba ku dan berhasil keriting cantik dech..^^
Udang Goreng Krispi

Bahan :
 250 gram udang jerbung yang agak besar, kupas, sisakan ekornya, belah punggungnya.
150 gram tepung terigu
2 sendok makan tepung maizena
1 sendok teh baking powder
1/2 sendok makan peres saja bumbu kaldu bubuk rasa ayam ( atau garam secukupnya )
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Rendam udang dengan 1/4 sendok teh garam, 1 bawang putih halus, merica bubuk serta sedikit air selama 15 menit. Tiriskan.
Campur tepung terigu, tepung maizena , baking powder, dan semua bumbu kering lain..ayak dan aduk rata.
Ambil 50 gram adonan tepung, campur dengan 100 ml air, aduk sampai licin.
Ambil udang, celup ke larutan tepung cair, lalu gulingkan ke tepung bumbu kering, sambil di angkat2 dan di cubit biar keriting ( satu persatu ya..jangan barengan masukin dan melapisi udang ke tepungnya..biar bisa keriting hasilnya..).Ketok ketokan udang yang sudah bertepung..agar tepung yang menempel berlebihan jatuh kembali dan hasilnya bisa jadi keriting. Goreng hingga matang . Sajikan.

15 comments :

  1. Hai mb Di, ini menu favorit anak2ku kalo di resto seafood. Makasih ya, sharing resepnya, bisa dipraktekin di rumah pas libur, biar irit, hihihi....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ida..kalau di resto kan mahal ya..dikit pula..hihi

      Delete
  2. Hai Mba Didi,
    Wah enak dan mudah ya mba kelihatannya..patut dicoba nih mba...eh mba kalau buat cumi gimana? sama aja kali ya mba...

    thanks mba
    Monic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Monica..bisa banget pakai cumi..enak juga..:)

      Delete
  3. Mba di..itu maksudnya 1/2 sendok makan peres saja apa?

    aida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya jangan munjung2 Mba Aida..ntar keasinan..hihi

      Delete
  4. Mba Diah resep ini renyahnya tahan berapa lama? soalnya lg cari resep goreng tepung yg renyahnya tahan lama biar ga bolak balik goreng..:D

    ReplyDelete
  5. Aduch ..kurang tau Mba..belum uji coba sich..soalnya kalau goreng udang krispi gini..habis matang..langsung di makan rame..habis..jadi nggak tau tahan berapa lama ya..:D

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah td dah bikin udang krispi resepnya mb Diah, enaaak, wlw ujung2nya minyaknya jd kotor. Mngkn q nya kurang bersih ngetok2 udangnya yah hihi...Td ndak pake baking powder jg krn lg g ada d rmh. Maaf mb, baking soda sama baking powder kegunaanya apa sama yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat sini ya Mba : http://www.diahdidi.com/2013/06/perbedaan-baking-powder-dan-baking-soda.html

      Delete
  7. Selamat pagi, mbak Diah. Maaf lahir dan batin. Wkt liburan saya coba resep ini dan dpt jempol dari anak2. Memang krispi tapi kurang tahu juga bertahan sampai berapa lama krn segera dinikmati. Terima kasih. Lain kali mau coba udang goreng kremes postingan mbak terbaru.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sisca..sama2 ya mBa..:) Sipp iya..kalau udang krispi paling enak itu pas anget2 ya mba..kriuk2 bgt :) met coba resep lain ya..:)

      Delete
  8. Mba Diah, maaf mo tny klo bikin ayam,udang ato apapun yg dimsk krispi kan ada petunjuk"di cubit2". Caranya bagaimana ya mba? Aku udh sering bikin ayam,udang/cumi tp ngga bisa kriting2 gitu mba...
    Mksih. Retno

    ReplyDelete
  9. makasih mbak diah buat resepnya, mamah tdnya ngga bisa buat udang yang tepungnya bener" keriting. terus aku coba kasih saran pake resep mba diah, eehhh, jadi tuh kremesnya. rasanya juga joss BGT. makasih mbak buat resepnya, sukses trus buat mba diah :)

    ReplyDelete
  10. Mba,baking soda dgn baking powder sm ndak?

    ReplyDelete