Friday, March 28, 2014

Donat Labu Kuning


Memanfaatkan sisa labu kuning di kulkas..akhirnya aku buat donat labu kuning saja. Sudah lama pengen bikin donat labu kuning..baru kesampaian sekarang. Dan memang labu kuning ini ajaib..bisa mengubah warna aneka kue2 dan roti serta donat jadi kuning cantik..alami walau pemakaiannya cuma sedikit. Suka dech...donatnya juga jadi kuning cantik.

Walau aku buat sore2 dan mendung ..alhamdulillah ngembang bagus juga karena nguleninya juga samai benar2 kalis dan elastis. Rasanya enak juga..cuma kurang sedikit manis..padahal udah ku tambahin dari resep aslinya yang gulanya cuma dikit. Cuma kalau mau coba jangan di tambah2 lagi ya teman2..gulanya maksimal 50 gram aja..ntar cepat gosong donatnya..kalau kebanyakan gula. Menggoreng donat juga harus dengan minyak dan terendam serta dengan api kecil tapi minyaknya sudah di panaskan dahulu..supaya matang sempurna sampai ke bagian dalam2nya.

Oke..aku share resepnya ya teman2..kalau mau coba..aku adaptasi dari tabloid saji..cantik ya bagian dalamnya kuning menyala. tapi kalau di suruh milih donat labu atau kentang..aku lebih suka donat kentang..karena lebih gurih ya..tapi donat labu ini juga enak..^^

Donat Labu Kuning

Bahan-bahan  :
300 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram labu kuning kukus, haluskan
30 gram gula pasir ( aku 50 gram )
1 1/2 sendok teh ragi instan
1 kuning telur
50 gram santan kental instan
85 ml air es
30 gram margarin
1 sendok teh garam
Minyak  untuk menggoreng

Cara membuat :
Campur tepung terigu, labu kuning, gula pasir, dan ragi instan. aduk rata. tambahkan kuning telur, santan, dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.M
Masukkan margarin dan garam. uleni sampai elastis. diamkan 15 menit.
Kempiskan adonan. timbang masing-masing 25 gram. bulatkan dan pipihkan adonan. letakkan diloyangkan dan ditabur tepung terigu. Diamkan 45 menit sampai mengembang.Goreng dalam minyak banyak dan terendam yang sudah dipanaskan sampai matang.Sajikan dengan taburkan gula donat.


9 comments :

  1. mbak kok aku kurang bisa membedakan ya donat dr tepung, labu atau kentang apa sih mbak bedanya kalau dilihat dari luar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari tekture dan rasanya Mak Lydia..beda lho rasanya..donat kentang..terigu atau labu..:)

      Delete
  2. salam kenal mbk diah,,aku seneng bgt gabung diblognya mbk ini,sudah beberapa resep yg aku coba hasilnya enyak bgt,,jdi tambah pede masak buat suami dan anak, maklum baru pemulablajar masak serius setelah menikah dan jd IRT,(jadi curhat niii,,, hari ini aku cobain resep donat yg lembut tanpa diulen itu mbk,hasilnnya yummy anakku suka pas bgt coz gusinya lg pd bengkak mau tumbuh geraham bawah,,pas lihat resep donat labu ini jdi senyum2 sendiri kapan2 pgn coba lagii coz anakku suka juga dgn labu kuning di buburnya dulu sering aku tambah labu kuning soalnya...makasi ya mbk resep2 nya oke bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..salam kenal juga..mba siapa ya ini..?
      Sipp mba..ayukk semangat..nggak ada istilah terlambat untuk belajar hal2 yang bermanfaat..apalagi buat suami dan anak tercinta. Kalau mau mencoba pasti bisa. Ayukk di coba donat yang pakai di uleni ini..biar tambah pinter..:)

      Delete
  3. Mba ngulen pk tangan smp kalis berapa menit ya?

    *maklum belom punya BM....
    Hihihi...

    ReplyDelete
  4. Hihi...sama Mba..daku yo nggak punya BM kok..tapi kita nich udah punya BM yang hebat juga lho sebenernya..kedu atangan kita ini..:D
    Sekitar 10 - 15 menit ya Mba..tergantung tenaga yang nguleninya ..hihi..pokoknya sampai benar2 kalis dan elastis..:)

    ReplyDelete
  5. Mba Diah... Kemarin aku nyoba resepnya... Enaakkkk... Empuk bgt, semua orang di rumah suka. Keep posting resep ya mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Mira..syukurlah jika berhasil ya..cobanya..:)

      Delete
  6. mbak diah,, aq dah bikin kmarin,,,,
    lebih empuk ya ketimbang yang donat kentang,,, suamiku jga suka lgsung hbis 3 sekali mkan....... padal klo aq bikin yg donat kentang paling2 cuma mkan 1 biji........
    intinya lbih klop donat labu mbak,,,,, mkasih resepnya

    ReplyDelete