Thursday, March 13, 2014

Risoles Ragout & Keju Mozzarella


Karena sudah nemu keju mozzarella yang mur mer..jadi pengen membuat aneka variasi makanan yang menggunakan keju ini selain pizza. Kemaren udah aku coba buat toping makaroni skotel enak juga..kali ini aku buat isian untuk risoles..di kombinasi dengan ragout ayam..wortel  dan sayur seperti isian risol biasa. Dengan tambahan keju mozzarella ini..rasa risolnya jadi makin istimewa..cobain dech teman2...enak dan gurih.

Tips untuk membuat risol yang cantik..lebih baik gunakan tepung panir kasar ya teman2..karena risolnya lebih bertekture dan nggak gundul..serta lebih kriuk kulit luarnya. Biar lebih irit dan lapisan luarnya bisa tebal..lebih baik juga kalau kita pakai tepung pencelup..bukan telur..tapi sisa adonan kulit risolesnya. Kalau pakai telur semua..akan lebih boros..apalagi kalau mau di jual ya risolnya..kebayang kan..berapa butir telur yang harus di gunakan untuk pencelupnya saja..kan risoles lumayan besar2 ukurannya. Oke..semoga bermanfaat ya teman2 sedikit tipsnya..yukk bikin dulu risolesnya ya..kalau mau nyicip..^^

Risoles Ragout & Keju Mozzarella

Bahan :
150 gram daging ayam bagian dada, rebus, cincang
2  buah wortel, rebus sebentar, potong dadu
200 gram kentang, rebus, potong dadu
2 batang daun sledri, cincang
2 sendok makan tepung terigu
Susu cair 150 ml
Bawang bombay 1/2 buah, cincang halus
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Pala bubuk 1/ 8 sendok teh
Gula pasir 2 sendok teh ( sesuai selera )
Kaldu bubuk jika suka, serta garam sesuai selera
Cara membuat :
Tumis bawang bombay dengan 1 sendok margarin hingga harum, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga berbutir2. Lalu masukkan susu cair, sambil terus di aduk ( belum rata di awal nggak pa2..nanti akan rata sendiri ). Masukan ayam dan wortel, kentang dan semua bumbu2 lain. Masak terus hingga mengental. Terakhir masukkan sledri cincangnya. Jangan lupa cicipin rasanya ya. Ragout yang enak..harus terasa balance..komposisi manis dan gurihnya..terasa. Jadi..sesuaikan selara saja ya..soal penambahan gula dan garam..^^
Jika sudah mengental..sisihkan dan dinginkan

Bahan Kulit :
150 gram terigu protein rendah atau sedang
1/4 sdk teh garam
2 butir telur
400 ml susu cair
2 sendok makan minyak goreng, aduk rata

Cara Membuat :
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk rata, masukkan minyak goreng, aduk rata lagi. Bila ada tepung yang masih menggerindil di adonan, saring pakai saringan adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm. Sisakan sedikit adonan untuk pencelup. Kulit siap  di isi ragout.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit risoles, isi dengan ragout secukupnya, beri potongan keju mozzarella sesuai selera. Lipat seperti risol biasa. celup ke sisa tepung adonan kulit, lalu gulingkan ke tepung panir kasar. Goreng hingga matang dan kecoklatan.

19 comments :

  1. Replies
    1. Wah..sipp itu Mak..kalau Yodha belum suka gorengan..:)

      Delete
  2. Lapeeeeeeeeeeeerrrrr mba.... duuuh.. enak banget risolnya, lipatannya sangat rapi dan cantik sekali... benar-benar ngileeer mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak kirim 2 biji ya Mba Zulfa..tangkap..hihi

      Delete
  3. wah...kita sehati mbak..tadi pagi sy jg buat risol sebelum berangkat k bandara...tak siapin snack buat adik trus sy simpan d frezer kalau mau cemilan tinggal goreng.... tp belum coba yg dikasi mozarella..ntar dicoba pst tambah top markotop :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..:)
      Mau ke mana Mba Andryany..jalan2 ya..take care ya..hihi..* mau tau aja ya Mba..:D

      Delete
  4. Duuuh mba,,, Ini rasanya pasti makin mantab ya mba,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina....kriuk2 luar..lembut dalamnya..:D

      Delete
  5. dari mks mbak..mengunjungi ibu satu minggu nah skrg sdh balik lg k palu lg.. tempat tugas suami :)

    ReplyDelete
  6. Mbak bikin kulit risolnya bisa pake wajan kwalik kan? hihi...maklum mbak baru punya wajan kwalik jd lagi seneng2 nya pakai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt Mba Diah..yukk di coba..:)

      Delete
  7. Bahan kulitnya itu susu cair atau air biasa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu cair Mba..tapi bisa di ganti air biasa juga..:)

      Delete
  8. Mbak Diah, Santi di smg jg nih, beli kejunya dmn ? ngences.com sama mau beli snack maker kok kayanya blognya sdh ga aktiv, pdhl sdh mupeng berat nih, mantengin postingan mbak Diah

    ReplyDelete
  9. glekk..*nelen ludah* duuh...menggoda risolnya, favorit suami sm anakku ini mba DD, kalo kejunya diganti yg Qui** Melt bisa tetep seenak ini gak ya mb? :D mozarella mahal euy hehe..
    -ayu-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..kalau suka keju kan enak semua..hihi

      Delete