Tuesday, March 25, 2014

Mie Goreng Tek Tek Ala Abang Abang


Di tempatku di Semarang..pedagang keliling yang paling sering lewat depan dan samping rumahku ( rumahku di pojokan..jadi di kelilingi jalan ^^ )..kalau malam hari adalah abang2  penjual nasi goreng atau mie goreng. Biasanya mereka berjualan di gerobak gitu dan langsung di masak ketika ada yang pesan. Jadi..abang2 ini lumayan membantu lho..jika dalam keadaan darurat..misal..nggak punya bahan makanan..atau kelaparan malam malam tapi males masak..atau ketika ada tamu mendadak dan nggak ada persiapan untuk memasak..cukup panggil di abang mie atau nasi goreng ini aja..beres dech. Mereka jualannya juga bersih kok..dan karena di masak langsung..jadinya ya hangat dan enak..ketika di makan.

Ada dua versi pedagang mie dan nasi goreng di tempatku , yaitu mie atau nasi goreng tek tek atau mie dan nasi goreng dok dok. Keduanya bisa di bedakan..ketika lewat ya dengan suaranya. Kalau mie tek tek lewat..suaranya ya..tek..tek..tek..hihi. Sedang kalau yang lewat abang abang penjual mie dok dok..suaranya ya..berbunyi..dok..dok..dok..gitu..nggak tau dech apa yang di pukul sama abang2nya..yang jelas..suaranya begitu..dok..dok..dok..hihi. Nah..kalau resep nasi goreng dok dok ala abang2..udah pernah aku share dulu ya teman2..di sini..sekarang giliran mau share resep mie goreng tek tek ala abang2 ya...tapi ini ala2 yag lewat depan dan samping rumahku lho ya..hihi..sapa tau yang lewat depan rumah teman2..beda ya jenisnya..^^

Kalau yang lewat rumahku..mie tek tek dan mie dok dok itu berbeda..kalau mie dok dok itu pakai kekian ndeso atau di sebut juga gandum, sedang mie tek tek..ndak pake. Citarasanya mirip2..tapi ya tetep beda rasanya. Aku suka semua sich..hihi. Mie goreng atau nasi goreng tek tek atau dok dok ala abang2 ini sebenernya banyak jug yang enak rasanya..nggak kalah sama yang di jual di warung2 permanen. 

Mie atau nasi goreng tek tek ini, sayurannya di rajang halus kecil2..jadi lebih empuk dan lembut karena bercampur dengan mienya. Biasa di sajikan dnegan sate usus, kulit atau daging ayam, cuma resep satenya aku belum tanya sich ke abang2nya..hihi..nanti kalau beli tak ngulik dulu ya mba Wiwit atau siapa kemaren ya..yang minta resep sate mie tek tek. Kayaknya sich di rebus dulu biasa..pakai bumbu2..tapi agak tawar gitu, terus di bakar pake sedikit kecap. Oke dech sekarang resep mie gorengnya dulu aja ya..tapi ini aku juga mie nya yang aku pake ya kurang otentik abang2..harusnya pakai mie kering keriting..kalau ala abang2..tapi karena aku punyanya mie basah..jadi pakai mie basah aja...tetep enak kok..^^
Mie Goreng Tek Tek Ala Abang Abang

Bahan :
250 gram mie telur keriting yang sudah di seduh, atau pakai mie basah ya nggak pa2
2 lembar daun kol, iris halus.
5 tangkai sawi hijau, iris halus
2 batang daun bawang, iris serong
1 buah paha ayam goreng, suwir suwir
Kecap manis 1 - 2 sendok makan ( sesuai selera )
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam sesuai selera
Bawang goreng secukupnya untuk taburan
Cabai rawit hijau secukupnya
Acar timun, jika suka
Kerupuk kanji kecil2 untuk pelengkap
Telur 2 butir

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sendok teh ebi
1/4 sendok teh merica butiran
Cabai merah 1 - 2 buah, jika mau pedas

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, sisihkan di pinggir wajan, tuang telur, buat orak arik. Kalau di abang2 mie tek tek sich di balik..telur dulu masuk di buat orak arik, baru bumbu, tapi bumbu mereka kayaknya udah di tumis dulu sampai matang.. Masukkan ayam dan sayuran, dan sedikit air, aduk sampai layu, masukkan mie, kecap dan semua bumbu lain. Aduk rata dan masak hingga meresap. Koreksi rasa. Sajikan dengan bawang goreng, cabai rawit, acara dan kerupuk, serta sate usus atau ayam.

Tips :
Agar citarasanya mirip abang2 mie nya..gunakan wok dari besi , dan masaklah dengan api besar mienya.



13 comments :

  1. Sedaaappppp.... gmn kbrnya mba didi ? Sehat kan ? ^^ aku tunggu ya mba resep satenya... setia menanti ini judulnya hihihi.... jd pengen pulang ke semarang : -( pengen makan mie jowo, garang asem, mie ayam jayasari, mie ayam pak lorek, tahu pong, nasi goreng babat pak warso, gorengan lestari, pecel mbok sador, es cunglik, dan semuanya.. hahaha,,. Udah kaya ngidam ya mba xixixi,,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Wiwit, iya Mba..sehat...iya nich belum dapet bocoran resep dari abang2 mie tek tek Mba..hihi..daku baru mengira2 aja dari rasanya..ntar aku ulik dulu ya resepnya. Wah..enak2 semua itu yang di sebutin makanannya Mba..hihi
      Jangan lupa kalau pulang ke Semarang main ke rumahku ya Mba..:)

      Delete
  2. Mba Diah,,, disetiap acara arisan saya sama ibu2 selalu ada mie goreng lho mba,,, mie gorengnya juga dimacem2in,,, tapi emang g ada matinya deh, mie goreng emang selalu jadi menu favorit semua orang ya mba,,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba Tina..mie goreng..nas gor..hihi..nggak pernah bosan,..:)

      Delete
  3. Replies
    1. Iya Mba Lydia..mie Jowo versi Semarang..^^

      Delete
  4. Apa kabar mbak Diah ...ini menu favoritku dan memang bener banget jadi menu darurat kalau kelaparan malem-malem ya hehehe. Next time mau bikin sendiri aja aah... Thanks for sharing mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nina..baik Mba..:)
      Iya..ayukk bikin sdr..jadi nggak perlu nunggu si abang2 mie tek tek lewat ya Mba..:)

      Delete
  5. Wok itu wajan kah? pengaruh ya Mak Diah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Ety..ngaruh ..kan..abang2 jualan itu pasti pakai wok atau wajan yang dari besi..dia kan kalau di panaskan suhu tinggi tahan dan jadi panas banget, tapi nggak bikin masakan gosong..jadi ada aroma khas gitu lho Mak..nasi goreng atau mie goreng ala abang yang pakai wok gini..^^

      Delete
  6. waaooww.. Ini makanan favorite aku nih..!! By: agest bengawan

    ReplyDelete