Saturday, March 1, 2014

Pangsit Udang Gulung



Happy weekend teman2 ya....! ^^
Yang mau di rumah aja..ayukk..bikin cemilan atau masakan yang spesial buat keluarga..pasti seru dech buat kumpul2 di rumah. Kalau aku sich udah ada rencana keluar..biasa..seminggu sekali Sabtu atau Minggu adalah waktu buat kami jalan2..sedikit hiburan buat Yodha..setelah sibuk belajar di sekolah. Jadi hari ini sebelum pergi aku posting satu resep baru dulu ya..semoga bisa jadi ide menu weekend ini. Menu simpel sich..cuma pangsit goreng gulung. Bahannya udang dan ayam..di bungkus kulit pangsit, kemudian di goreng dech. Enak buat cemilan..di cocol saus sambal atau di buat isian bakso kuah yang seger.

Oh ya..kalau mau bikin pangsit goreng..pastikan kulitnya pakai kulit pangsit yang khusus goreng ya teman2..kalau pakai kulit pangsit yang rebus..kurang renyah nanti hasilnya..dan suka liat gitu kalau di goreng. Kalau di supermarket biasanya ada dua macam kulit pangsit..yaitu yang khusus di goreng atau di rebus. Kalau di supermarket tempatku ada merk kulit pangsit yang bagus..yaitu merk jempol..itu kulit pangsit gorengnya enak banget..renyah sekali kalau di goreng. 

Oke..selamat mencoba ya teman.ini dia resepnya :
Pangsit Udang Gulung

Bahan :
15 buah kulit pangsit khusus goreng
1 putih telur untuk perekat

Bahan isi :
200 gram udang kupas, haluskan
50 gram ayam giling
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk & sedikit garam
1 butir putih telur
1 batang daun bawang, iris halus
4 sendok makan tepung sagu / tapioka

Cara membuat :
Campur daging udang halus dan ayam giling, uleni dengan semua bumbu dan putih telur sampai halus dan tercampur rata, masukkan tepung sagu, aduk rata. Koreksi rasa, dengan cara ambil sedikit adonan, lalu di goreng dan cicipi rasanya..udah gurih belum. Jika udah pas rasanya...lalu siap di isikan ke kulit pangsit.
Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan adonan udang secukupnya...lalu lipat sedikit kulit di kanan kiri, lalu gulung seperti menggulung lumpia. rekatkan ujung2nya dengan putih telur. Lakukan hingga adonan habis. Goreng hingga matang dan renyah luarnya di minyak panas sedang. Sajikan dengan saus sambal atau kuah bakso. Yummy..!

11 comments :

  1. Hadeuuh mbak DI ini gk prnah khabisan ide ada aja yg dimasak stiap hari, gk ada matinye.. ntar aku coba pratekin ah kayaknya enak dan simple, happy weekend ya mbak.. have a nice day

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Nadia.:)
      Iya mba..mudah..enak dan gurih..biar nggak bosan di balado terus kan udang..hihi.

      Delete
  2. Tepung sagu tu aci bukan ya? Kulit pangsit tu bertahan berapa lama ya Mak, dalam suhu ruang? Katanya kalo dimasukin kulkas, teksturnya rusak, bener gak Mak? Makasih Mak Didi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak Ovie ..tepung sagu..beda sama aci atau tapioka..tapi bisa saling menggantikan..kalau bikin siomay..empek2..dan pangsit gini.
      Kalau di freezer baru rusak Mak Ovie..tapi kalau di kulkas bagian bawah..nggak pa2 kok. Itu kalau di supermarket kan di jual di rak2 pendingin. Kalau di suhu ruang malah nggak awet ya..kan itu adonan basah..:)

      Delete
  3. Duuuh duuh duuh,,, enaaak banget deh mba Diah, apalagi dicocol saus gitu,,, *lapiler deh,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bikin Mba TIna..cemilan gurih dan mudah di buat..:)..bisa buat tambahan bakso kuah juga lho..:)

      Delete
  4. Mbak Diah, apa akan beda rasanya bila bawang putih juga digoreng? Jadi bawang putih dan bawang merah digoreng dihaluskan. Atau bawang putih dan bawang merah mentah dihaluskan? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawang putih goreng rasanya lebih soft Mba SIsca..jadi lebih gurih..dan juga bawang merah..menyumbang aroma gurih manis gitu di adonan..:)

      Delete
  5. numpang nanya mba, bedanya kulit lumpia sm kulit pangsit ap ya ? bs slg mggntikan ga ?

    uswah kalsel

    ReplyDelete
  6. numpang nanya mba, bedanya kulit lumpia sm kulit pangsit ap ya ? bs slg mggntikan ga ?

    uswah kalsel

    ReplyDelete
  7. Mba Diah..salam kenal..mau Tanya kulit pangsit Goremg merk jempol beli di supermarket mana ya ? Saya cari di bbrp supermarket Jakarta tidak ada, apakah hanya ada di Bandung, mba..Makasii

    ReplyDelete