Friday, March 14, 2014

Lontong Sayur


Menu mur mer dan simple..lontong sayur..cocok buat sarapan teman2. Sebenernya sich lebih enak lagi kalau ada empal daging atau ayam opornya ya..tapi karena belum masak lauknya..pakai sayurannya aja udah enak kok..cukup di tambah telur rebus dan kerupuk..udah jadi hidangan sarapan yang enak dech.

Selain pakai lontong..sayur ini juga cocok di makan sama ketupat..sambal goreng ati..dan lauk pauk lain. Tapi jika mau hemat ya cukup begini saja udah enak kok..hihi...atau pakai lauk mur mer lain..misal tahu..tempe bacem..juga enak..karena sayurnya aja udah gurih banget..karena pakai ebi. Jika tidak suka ebi..bisa juga kok pakai udang segar teman2. Tapi kalau pakai udang untuk campuran sayur berkuah gini..pilihlah udang yang masih segar ya teman2..supaya menyumbang kaldu dan aroma kuah yang gurih dan nggak amis. Kalau udang udah nggak segar..kalau di buat masakan berkuah..aromanya kan sangat amis...dan merusak rasa masakannya.

Oh iya..labu siam..bisa di ganti pepaya muda juga lho..dan rasanya tak kalah enak..aku sering masak lontong sayur pakai pepaya mudah juga..tapi sekarang jarang..pohon pepaya sayur di depan rumah yang kemaren sangat lebat buahnya..ambruk..hihi..karena kena angin dan kebayakan buahnya. Jika pakai labu siam..masaknya jangan kelamaan ya teman2..supaya tetep ada tekture labunya. Kalu terlalu lembek jadi kurang enak dech ..nggak kerasa lagi sayur labunya.

Oke..mau sarapan lontong sayur teman..yukk..bikin dulu ya..^^
Lontong Sayur

Bahan :
Lontong siap pakai secukupnya
Bawang merah goreng secukupnya
Bahan-bahan:
2 buah labu siam, kupas, iris tipis bentuk korek api, lemaskan dengan sedikit garam, lalu cuci bersih
1 ikat (10 batang) kacang panjang, iris panjang 1 cm
1 papan petai , iris serong
2 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
8 buah bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
1,2  liter santan dari ½ butir kelapa
Garam / bumbu kaldu dan gula merah / pasir secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
10 cabai merah
30  gram ebi, direndam air panas sampai lunak

Cara Memasak :
• Tumis bawang merah dan bawang putih iris sampai harum
• Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, tumis sampai bumbu matang
• Masukkan labu siam dan kacang panjang, tumis sampai sayuran layu
• Tuang santan, beri garam / bumbu kaldu dan gula secukupnya. Masak sampai mendidih.
• Angkat, hidangkan dengan ketupat atau lontong

14 comments :

  1. Ehmm lezat jd inget lebaran, pingin bnget bisa bikin sayur kayak bgini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..nggak usah nunggu lebaran Mba Nadia..yuk bikin..mudah dan murah meriah ini..:)

      Delete
  2. seandainya kita tetanggaan mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mom Nisa..ayukk tetanggaan..:D

      Delete
  3. jadi pengen nih mbak...tp blom bisa bikin lontong nya:( ragu2 nih mau bikin lontong..gmn cara bungkus nya dll. tempo hari tanya mbak Didi ttg lontong slow cooker tp blom punya slow cooker nya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Indo..ada cetekan lontong Mba Dyah..dari alumunium gt..jadi walaupun nggak bisa mbungkusnya..tetep bisa bagus hasilnya..kalau di masukin ke cetakan itu..:)

      Delete
    2. ohh gtu ya mba Didi baru tau ada cetakan lontong...mulai mikir nih cara nya datengin itu cetakan lontong ke NZ gmana hehehe

      Delete
    3. Ada Mba..beli online banyak..satu bjinya 7 ribu aku beli dulu..:)

      Delete
  4. mb.Diah...bantu aku dong please hehehehe, caranya masukin adonan buat lontong itu gimana ya, apakah plastik/dau pisang dimasukin ke cetakan terlebih dahulu atau gimana ya caranya...kemarin aku masak roll egg + daun singkong hancur..ga bisa utuh, karena ga bisa cara bungkusnya, waktu itu saya pakai plastik...please pencerahannya...TQ mb.Diah....

    Salam == Ara ==

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misal mau buat lontong beras aronnya taruh di daun pisang Mba ara..di gulung..di kira2 seukuran cetakan lontongnya..baru abis itu di masukkan ke cetakan lontong alumunium jika pakai..jika tdk ya di semat kiri kanan..:) Kalu pakai plastik..di ikat yang rapat mba..kiri kanannya..biar adonan padat & rapat dan nggak bisa mengembang gt..:)

      Delete
  5. sama mba diah... sy jg sdh lama pake cetax lontong dr aluminium .. jd g repot kalau mau bikin lntong... tp kalau sy cukup buat nasi aron kemudian siapx daun lalu masukkan daun k dlm cetax lontong semat bgn bawahx tu2p lalu masux nasi aron kedalm cetax dg sendok sampai penuh.. goyang2x cetakan agar nasi rata dlm cetax semat ujung daun pisang lalu rebus lontong selama 1 jam.. jd deh tp mau lebih cpt pake presto.. cukup 1/2jam atau 15 menit... sy biasa bikin lontong ini kalau ada arisan d rmh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Andryany,..sangat membantu ya..biar lontongnya nggak peyok2 jg..hihi. Bisa buat ngukus galantin juga lho mba..biar cantik lonjong2 bulat hasilnya..:)

      Delete
  6. Mbak Diah Didi, mau tanya... santannya santan cair atau kental? apa boleh ditambah dengan air buat tambah banyak kuahnya. terima kasih :) -Malina-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba..tambahin aja santan encer dari sisa perasan santan kental..:)
      Tapi ya jgn terlalu byk juga ya pengaruh ke bumbu soalnya jmlh kuah..:)

      Delete