Monday, March 17, 2014

Bothok Daun Singkong & Ikan Peda


Biasanya aku kalau bikin bothok aku paling suka pakai kelapa muda aja..sama teri atau udang dan petai mlanding..itu favoritku. Nah kemaren coba aku tambah daun singkong untuk campuran bothoknya..ternyata enak sekali. Apalagi pakai campuran peda..tambah enak dech..walau peda ini menyumbang rasa sedikit asin ya..karena memang ikan asin..tapi justru setelah di campur sama daun singkong jadi agak netral asinnya. Tapi karena takut asin sekali..ikan pedanya cuma aku tambahkan di atas bothoknya..kalau pakai ikan teri ya..langsung saja di campur di adonan.

Untuk membuat bothok daun singkong yang enak..daun singkongnya kalau bisa yang masih muda jadi lemes dan empuk ketika di rebus. Kelapa parutnya juga paling enak pakai kelapa parut yang muda..tapi sudah bisa di parut..istilahnya ya kelapa buat bothok gitu dech..bilang di tukang kelapa di pasar pasti udah tau. Jika tidak suka ikan peda..bisa di ganti teri juga sebagai campuran bothok daun singkong ini. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Bothok Daun Singkong & Peda 

Bahan :
150 gram daun singkong rebus, peras
100 gram kelapa muda parut panjang
2 ekor ikan peda, suwir kasar
1/2 papan petai, potong kecil2
10 buah cabai rawit merah
1 1/2 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
Garam sesuai selera ( dikit aja..karena peda udah asin )
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
3 cm kencur

Cara membuat :
Campur semua bahan dan bumbu halus kecuali ikan peda, aduk rata koreksi rasa udah pas belum gurih dan manisnya. Ambil selembar daun pisang, beri adonan bothok secukupnya, taburkan beberapa suwir ikan peda di atasnya. Bungkus bentuk tum, lalau kukus selama 30 menit hingga matang. Sajikan dengan nasi hangat..yummy..!


14 comments :

  1. Rasanya pas sekali, daun singkong untuk penambah selera tuuh, akdang kalau pake parutan klapa doang, ada yang kurang gituh ya. Sip Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak astin..jadi tambah enak..ada sayurannya..:)..met coba ya Mak..:)

      Delete
  2. Aduhhhh ngiler mbaa diah.... secara dsini g ada asin peda :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di ganti ikan teri juga enak Mba Nuniek..:)

      Delete
  3. Mbak dyah salam kenal ya , kebetulan sekali ada resep ini karena saya penggemar botok hehehe biasanya untuk sarapan ma nasi anget aja udah enak banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Dian..ayukk bikin ya.....dan salam kenal juga..:)

      Delete
  4. Langsung kepikiran besok ke pasar NIH mba.saking mupengnya..tq ya mba resep ya..

    ReplyDelete
  5. Wahhh...mantab banget mbak Diah..suka banget ama masakan mbak diah. Kreatif, inspiratif. Di sini susah banget nyari daun singkongnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Bintang..kalau nggak ada daun singkong bis adi tambah sayuran lain Mba..mungkin kacang panjang..daun so..gitu juga enak lho..:)

      Delete
  6. Mb Di, aku lg nyobain ni buat makan siang. Tp krn aku gak punya ikan peda, kuganti pake ikan kembung, peda versi freshnya. Trus tetep kelapanya kukasih teri biar ada asin2nya spt kalo pake peda. Hasilnya uenaaakkkk, tepat spt apa yg kubayangkan.
    Tks ide menu hariannya ya, mb Di.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Ida...wah..pasti enak juga tuch malah nggak terlalu asin kayak peda ya Mba..tapi betul..di kasih teri dikit biar seimbang gurihnya..tambah sedep ya Mba..:)

      Delete
  7. wah enak mb, kemarin ak jg bikinnya ak campur ama daun pepaya, di depan ada pohon pepaya, belum buah, ak ambil daunnya aja campur daun singkong, ternyata enak tenann apalagi kalau pedes bothoknya :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sipp Mba..sensasi rasanay pasti tambah enak ya ada pahit2 dikit dari daun pepayanya ya..:)

      Delete