Monday, March 3, 2014

Resep Cuanki ( Siomay Kuah Khas Bandung )



Sudah pernah denger atau makan Cuanki teman2 ?..Buat yang tinggal di Bandung..pasti sudah nggak asing ya..sama cuanki..karena di sana ada warung cuanki yang terkenal..yaitu Cuanki Serayu. Aku juga cuma baca liputannya sich..di majalah..hihi..belum pernah coba aslinya. Tapi setelah baca reviewnya..cuanki ini tidak jauh beda dengan siomay kuah yang sering aku makan di salah satu outlet bakso dan siomay di food court Paragon mall Semarang..jadi..kayaknya aku bisa dech bikin sendiri di rumah. 

Kebetulan kemaren kan punya tenggiri..jadi pas bikin siomay goreng..adonannya sekalian aku buat siomay kukus dan isian tahu..jadi..satu adonan bisa jadi macam2..siomay komplet buat Yodha..siomay kukus buat papinya..siomay goreng buat aku..hihi..soalnya sukanya sendiri2 sich kalau makan siomay. Nah..sisanya masih banyak aku simpan di freezer buat stock. Tadi pagi...mau sarapan ingat masih punya stock aneka siomay..aku jadi kepikiran pengen bikin cuanki ini. Kan..pas banget..dari beberapa review yang aku baca juga di internet..cuanki isinya adalah semacam bakso kuah bening yang isinya siomay dari ikan tenggiri..yang di bentuk bulat, siomay goreng, dan di isikan ke tahu putih. Pas..kan..aku punya semua itu bahannya..hihi. Nah..tinggal kuahnya..katanya adalah kuah bening yang bumbunya minimalis tapi seger..bayanganku sich langsung    kebayang kayak kuah bakso / siomay Sriboga di food court Paragon mall Semarang itu..emang kuah bening dan seger..oke..mudah..udah sering bikin kalau kuah kayak gitu. 

Akhirnya..tadi pagi sarapan cuanki yang seger dech. Memang enak banget kok..kuahnya seger dan ringan..di padu gurihnya aneka siomay..di tambah sambal rawit dan kecap..wah benar2 enak..nggak kalah dech sama siomay kuahnya bakso Sriboga. Cuma memang belum bisa membandingkannya dengan cuanki Serayu..karena aku belum pernah coba aslinya di Bandung sana..hihi. Jadi anggap aja ini cuanki ala aku ya teman2. Adonan siomay masih sama dengan adonan siomay goreng kemaren..jadi siomaynya enak..lembut dan terasa banget ikan tenggirinya.
Resep Cuanki

Bahan :
250 gram daging ikan tenggiri yang sudah di haluskan
125 gram tepung sagu / tapioka
150 gram labu siam, parut halus
2 putih telur
2 siung bawang putih
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh penyedap..( jika suka / optional )
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali tepung tapioka, uleni rata dan di banting2 hingga adonan lembut ( atau pakai food processor lebih mudah. Tambahkan tepung tapioka, aduk rata, jangan di uleni lagi. Bagi adonan jadi 3 bagian, satu bagian di bentuk bulat2, satu bagian di isikan ke tahu puitih serong, lalu kukus keduanya selema 30 menit. Sisanya di goreng langung dengan kulit pangsit..kayak bikin siomay goreng kemaren.
Siapkan 10 buah kulit pangsit khusus goreng. Ambil kulit pangsit, isi dengan siomay secukupnya, bentuk sesuai selera. Lakukan hingga adonan habis. Goreng di minyak panas dan terendam hingga matang dan kulit luarnya renyah, lalu potong2. Sajikan 3 macam siomay tersebut dengan kuah dan taburan bawang merah goreng serta seledri cincang. Kalau aku aku tambah juga selada juga..kayak di siomay kuah Sriboga..enak..dan tambah seger.

Kuah :
1000 ml kaldu ayam
3 siung bawang putih goreng, memarkan
2 batang daun sledri , ikat utuh
Garam / kaldu ayam bubuk, merica dan gula pasir secukupnya.
Bawang goreng seckupnya
Daun bawang dan sledri iris secukupnya untuk taburan
Daun selada secukupnya

Cara membuat :
Masak kaldu ayam dan bumbu2 sampai mendidih. Sajikan dengan aneka siomay, daun bawang dan sledri, serta irisan daun selada. Sajikan hangat dengan kecap dan sambal rawit..seger...! ^^

23 comments :

  1. mbak diah kalau beli kulit pangsit yang khusus kukus dan goreng biasanay dimana?
    trus merk apa yang recomended menurut mbak diah?
    terima kasih mbak

    risa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku beli biasanya di supoerindo Mba..ada merk jempol..itu biasanya ada dua macam kulit pangsitnya..ada yang khusus kuah dan khusus goreng..:)

      Delete
  2. pangsit gorengnya aku lebih suka di simpan ditemapt terpisah dengan kuah mbak jadi kriuk2

    ReplyDelete
  3. Ngacay... kabitaaaa..mbak Diah duh...jajajan waktu kuliah dulu ini di Bandung sering beli siang-siang seger:) kita sebut cuanki itu singkatan dari Cari Uang Jalan Kaki (CuAnKi) hihihii:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayuk bikin Mba Intan..memang seger ya cuanki ini,..:)
      Wah..memang dech nama2 makanan di Bandung unik2 banget ya mba..:)

      Delete
    2. Pengen bikin, tadi malam pulang kantor ke pasar tapi gak nemu ikan tenggiri .. yaud deh ntar kalau dapet tenggiri seger mau cobain ah.. hihihi iya mbak unik2 namanya ya.. kalau di kampusku dulu, abang2 yang jualan cuanki itu, jualannya dipanggul sambil jalan kaki, jadi mungkin krn itu di sebutnya CuAnKi (Cari Uang Jalan Kaki) hehehe aya aya wae:)

      Delete
    3. Iya mba..harus seger teggirinya.biar nggak amis..:)

      Delete
  4. mbak minta resep kulit pangsit goreng n rebusx dong.. disini susah cari kulit siap pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..nanti ya..tak coba2 dulu..:)

      Delete
  5. Cuanki isinya, bakso sapi kecil2 minim daging, tahu isi, pangsit goreng isi, aslinya semua minim daging baik di bakso sapinya juga di bahan tahu dan pangsit, karena harganya murah meriah, makanan saya waktu masih kerja di Majalaya, kuahnya gurih karena penjualnya memakai maggi blok yg dibubukkan, serta taburannya bukan bawang goreng melainkan tongcai. Terkadang ada yg menambahkan indomie juga biar tambah kenyang. makan siang kepepet kalau pas jam sibuk Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku ikut aliran Cuanki Serayu yang terkenal di Bandung..dari liputan di majalah kuliner yang aku baca..penjualnya nerangin bahan2 dan cara buatnya..dari ikan tenggiri itu Mba..jadi kayak siomay gitu adonannya..kemudian di isikan ke tahu..di bentuk bulat dan ada yang langsung di goreng pakai kulit pangsit..nggak tau juga ya..kalau ada yang versi lain seperti yang mba jelasin di atas..:)

      Delete
  6. nambahin ya mba, cuanki itu artinya Cari Uang jalan kaKI, para pedagangnya membawa jualannya pake pikulan khas dari aluminium atau seng bentuknya kotak, dengan tulisan CUANKInya warna merah, bakso melarat dulunya(jajanan pinggir jalan), naik pangkat sekarang, mba. semangkuk harganya 7.000 komplit, kalau pakai indomie 10.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Makasih infonya ya Mba..moga bermanfaat buat teman2 lain juga..:)

      Delete
  7. Mbak Diaaah, laporan..aku dah cobain resepnya mba. Penasaran (baca:ngeces) liat fotonya. Dan beneran hasilnya enak & segerr..ga ada setengah hari udah ludes ma anak-anak, tinggal sisa-sisa kuahnya hihihi :D
    Makasih resepnya yaa mbak Di.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba...seger memang ya..dan bisa buat variasi kalau bosan siomay kuah kacang ya..:)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. mbak cuankie tulisan nya seperti ini kalau tidak salah TJHOEN KIE dulu di pikulan nya di tulis seperti itu , dan merupakan nama orang china yang pertama kali menjual nya di era tahun 90 dan isi nya cuman ada 3 : tahu , siomay sama baso . orang bandung kalau beli suka pake mie instant .

    ReplyDelete
  10. Mba kalo labunya diblender boleh kan? males parutinnya hehe

    ReplyDelete
  11. bedanya pangsit khusus goreng sama rebus dimananya ya mbak? :(
    kadang bingung sendiri karena gaada tulisannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau merk tertentu misal Jempol gt ada tulisannya..pangsit kuah atau goreng..di supermarket ya belinya..:)

      Delete
  12. mba didi.. kalau ndak ada labu.. bisa di skip kah? pengaruh labu ke tekstur dan rasa apa ya mba? ...

    ReplyDelete