Saturday, March 22, 2014

Tips Menggunakan Gilingan Mie




Selama ini banyak resep2 yang aku posting menggunakan gadget dapur yang namanya mesin gilingan mie..seperti..di resep cheese stick, mie homemade..kue bawang, molen pisang dll. Nah..selama ini aku biasanya kurang detail ya njelasin cara menggunakan gilingan mie yang benar itu gimana. Aku pikir..udah pada bisa semua makenya, tapi ternyata banyak juga di antara teman2 yang bingung cara make gilingan mie yang benar ya..sampai2 cuma di anggurin di rumah gilingan mienya..kan sayang banget tuch teman2. Kalau aku udah lumayan akrab denga ngilingan mie ini sejak menikah. Bahkan si ganteng Yodha pun dari umur 2 tahun udah bisa lho pakai gilingan mie. Dia suka bantu2 kalau bikin cheese stick..paling suka dech nggiling2 adonan..tuch liat gayanya ..gembira banget kan nggiling adonan..itu pas dia masih umur dua tahunan lho teman2..hihi..lucu ya..^^

Oke dech aku kasih sedikit tips ya buat teman2 yang bingung cara make gilingan mie :

Untuk menggiling adonan memakai gilingan mie..adonan tidak harus di uleni sampai kalis..cukup di aduk sampai bergumpal ya teman. Abis itu..ambil sedikit adonan, pipihkan dengan tangan atau rolling pin sampai bentuk pipih dan muat ke lubang gilingan mie paling besar. Giling dua tiga kali sampai permukaan halus ya. Setelah itu bisa di turunkan no nya..giling lagi beberapa kali sampai halus. Baru dech setelah adonan benar2 halus dan pipih, baru kita tipiskan sesuai selera kita tingkat ketipisannya..mau di buat apa. 

Jika adonan sedikit lengket..nggak perlu panik, taburi saja dengan tepung terigu selama proses menggiling ya teman2..pasti dech nggak lengket lagi. Setelah adonan di giling tipis2 dan di potong2..biar nggak lengket satu sama lain, taburi tepung juga ya.

Cara membersihkan gilingan mie..cukup di bersihkan dengan kuas atau serbet setelah di pakai, jika masih ada sisa2 tepung atau adonan di gilingannya bisa di bersihkan dengan serbet tipis yang di masukkan ke gilingan di no paling besar, lalu di putar seperti menggiling adonan. Tarik perlahan serbet sambil di putar agar serbet keluar sambil membersihkan sisa sisa adonan atau tepungnya.

Jangan di cuci pakai air ya gilingan mie jika nggak mau karatan.

Oke semoga bermanfaat ya teman..sedikit tipsnya..^^


11 comments :

  1. tipsnya membantu mbak,,apalgi didaerah yg lembb mbk,,c gilingan yg nganggur suka berkarat..ohya mbk,,boleh tahu g toko OL yg jual snackmaker yg suka mbak pake,,mupeng pengen banget beli buat bikin martabak mini..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku beli di peralatan baking murah di Fb mba RIma..coba di search aja ya..di fb..:)

      Delete
  2. Ini posting-an yang aku mauuuu... asyikkk... kalo abis dipake gak boleh di cuci yah? Soalnya aku makainya mah blm tentu sebulan sekali. Makanya abis pake ku cuci. Salah yah... hiksss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terbuat dari besi putih itu..bisa karatan Mba Mira..dulu aku punya..merk atlas,..nggak aku cuci awet..begitu sering di pinjam teman..terus di cuci habis make..karatan dech..:)

      Delete
  3. Merk Atlas..lumayan bagus mba..pemotong mie nya ada besar dan kecil..aku suka yang besar pas banget kalau buat cheese stick.:)

    ReplyDelete
  4. Mbak ... Sy pengen coba bikin cheese stick keju edam nih... Merk atlas kan macam2 versi yaa.. Yg mana yg punya mbak diah.. Hehrhe.. Mua nyamain.. Trims mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lupa mba jenis apa..pokoke merk Altas aku punya..merk Krish dari Ace aku juga punya..:D

      Delete
  5. Mbak aku jg punya merk atlas...tp dicoba utk penggilingnya selalu nyangkut,pdhal adonan uda cukup keras, apa karna ada besi bagian bawah rollernya yg bikin nyangkut...?

    ReplyDelete
  6. Punya aku merek atlas, tapi pas mau bikin kwetiau, penggilingannya nyangkut terus padahal adonan sudah cukup keras, gimana perbaikinya mbak?

    ReplyDelete
  7. Punya aku merek atlas, tapi pas mau bikin kwetiau, penggilingannya nyangkut terus padahal adonan sudah cukup keras, gimana perbaikinya mbak?

    ReplyDelete