Wednesday, March 26, 2014

Pastel Goreng Isi Komplet


Beberapa hari ini papinya Yodha lagi malas makan nasi untuk makan malam..akhirnya bikin cemilan2 yang mengenyangkan saja..salah satunya ya..pastel ini..cemilan favorit suami. Memang sich..kalau di pikir2..pastel ini mirip2 pie luar ya..tapi karena kulit luarnya sama renyah dan isinya udah komplet juga. Cuma..biasa..kalau snack2 ala Indonesia kan di goreng..jadi tentu saja lebih gurih, kalau pie kan di panggang kulitnya. Pastel ini udah mengenyangkan ya..lha isinya kan udah komplet..ada kentang, wortel, soun, ayam cincang..dll..jadi nggak makan nasi pun ya nggak masalah kalau makan pastel ini..^^

Biasanya bikin pastel aku paling isi ayam..kentang dan wortel..kali ini biar makin komplet aku tambah soun dan kacang polong..jadinya ya tetep enak..tapi tambah komplet aja isinya. Cuma minus telur rebus aja..karena kemaren pas udah mau membentuk pastelnya..lupa dech merebus telurnya. Ya udah..tanpa telur rebus dech pastelnya. Kulit pastel, masih sama dengan resep kulit yang sering aku pakai..yang tanpa telur..karena hasilnya lebih tahan lama renyahnya. Kalau kulit pastel pakai telur itu..kalau dingin suka kayak melempem gitu kulitnya. Untuk pastel..aku lebih suka juga memilin manual dari pada pakai cetakan..lebih cepet aja jadinya..daripada musti ngepasin besar kecil kulit pastel di cetakan..hihi.

Oke..suka pastel teman2..yukk bikin sendiri di rumah...enak dech..makanya nggak berani bikin sering2..soalnya aku juga suka banget sama pastel..takut nggak bisa berhenti makannya..hihi.
Pastel Goreng Isi Komplet

Bahan kulit :
100 gram tepung terigu protein sedang
Garam 1/4 sendok teh
Margarin 1 sendok makan
Air hangat 35 ml

Ayak terigu, garam, masukkan margarin, aduk sampai berbutir. Tuang air hangat sedikit demi sedikit, aduk sampai bergumpal. Gilas tipis..adonan kulit siap digunakan .

Bahan isi :
200 gram daging dada ayam, rebus, lalu potong dadu kecil2
3 buah wortel, rebus sebentar , lalu potong dadu kecil
2 buah kentang, rebus hingga empuk, potong dadu kecil
Kacang polong 25 gram ( optional )
Soun 1 bungkus kecil, seduh dengan air panas sampai lemas, tiriskan, potong2
Daun seledri secukupnya
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1 butir bawang putih, haluskan
2 butir bawang merah, haluskan
Gula pasir sesuai selera
Garam / bumbu kaldu sesuai selera
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Pala bubuk 1/8 sendok teh 

Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam, aduk rata. Masukkan wortel dan bahan2 lain, serta bumbu2. tambahkan sedikit air supaya bumbu bisa rata. Lalu masak dan aduk sampai kering. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan seledri yang sudah di rajang halus. Angkat. Biarkan dingin.

Penyelesaian :
Ambil kulit pastel secukupnya, bentuk bulat pipih tipis, beri adonan secukupnya, lalu goreng di minyak panas hingga matang dan keemasan. Sajikan dengan cabai rawit.

29 comments :

  1. Mbak Di... cobain deh bikin jalakotek atau pastel cireng.. kemarin aku lihat ulasannya di sosmed, ada temen dari Majalengka cerita jalakotek enakk banget, mirip pastel bentuknya tapi adonannya adonan cireng isisannya bisa macam2 katanya,tp dia gak bisa bisa bikinnya cuma makan aja hehhee. ntar kalau mbak di buat , aku mau contek resepnya:):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi penasaran sama si jacko ini..alias si jalakotek ini..langsung meluncur ke Majalengka Mba Intan..hihi..lewat google tapi..dan ternyata..itu cireng biasa yang di bentuk pastel ya..isi tumis tahu pedas atau bisa juga di tambah ayam..oke..nanti tak buat dulu ya Mba..versi ku sdr tapi..hihi..lha belum pernah makan aslinya..dan resep yang ada kok kurang jelas gitu bumbu2nya..:)

      Mksh infonya ya Mba..suka dech..niru2 bikin makanan yang nge top di suatu daerah..:)

      Delete
    2. Seepo... can't wait:) nyumm...nyumm:)

      Delete
    3. Di tgg ya Mba..hihi..si Jacko..:)

      Delete
  2. mbak diah,1 resep ini hasilnya brp buah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung ukurannya Mba Rima.mau gede2 atau kecil2..aku kemaren jadi 6 buah aja sich..soalnya agak gede2 pastelnya..:)

      Delete
    2. Tapi isinya masih nyisa banyak Mba..jadi bisa di dobel adonan kulitnya..kalau isian sesuai resep..:)

      Delete
  3. ooh gt ya mbak,,pantesan kmrin cb pake 1 resep buat cb2 dl,,jadinya 8 buah yg mini,,isinya sayuran,,maaf mbak br lapor ^^
    dah mirip2 sm pastel bikinn ma2,resepnya ekonomis g pake telor,makasih ya mbak buat resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..iya emang cuma jadi dikit jadinya.soalnya warga di rumahku kan dikit..jadi kalau bikin resep ukurannya juga dikit2..hihi

      Delete
  4. Mbak Diah..kl jalangkotek itu seta-u saya, cemilan gurih khas makassar. Krn kebetulan org tua saya dr Makassar. Itu sama dgn pastel tp isinya sedikit beda. Ayam, wortel dan tauge, kdg diksh sedikit suun. Dan makannya pake sambel khas makassar. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Deby...mirip namanya ya Mba..tapi kalau cemilan khas Majalengka Jawa Barat yang lagi happening ini..namanya memang juga..Jalangkotek Mba..hihi..terbuat dari aci atau kanji..di bentuk pastel isi tumis tahu & ayam pedas..besok tak buat dulu ya. biar tahu kayak apa..:)

      Delete
    2. Owalah..gitu tho. Baru tau kl ada jalangkotek yg lain. Haha...iya deh saya tunggu postingan selanjutnya ya. ^^

      Delete
    3. Iya Mba..ntar tak bikin dulu..biasalah..urang Jabar dan Bandung kan kreatif kalau soal bikin tren makanan baru..hihi..

      Delete
  5. mb diah cara memilin pastel bagaimana ya mbak supaya rapi seperti itu?
    apakah mbak diah punya foto step by stepnya?
    terima kasih mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Risa..belum ada fotonya mba..lha kan pake tangan dua pas milin..jadi ndak ada yang motoin..hihi. Mudah lho mba sebenernya. Pertama di bentuk bulat tipis dulu adonan kulit, di isi isian, terus di lipat jadi setengah lingkaran, mulai dech di pilin pakai tangan dari ujung ke ujung..:)

      Delete
  6. Sadaaaappp bener deh, saya penikmat pastel mba,,, sukaaa bangettt... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama tho Mba Tina..kita ini..penggemar goreng yang gurih..:)

      Delete
  7. Syudah dicoba ni reseepnya td sore buat buka puasa.meskipun bentuknya blm secanggih mba diah...(Ada yg keci,ada yg besaaar..heheee)tp seneng mbikinnya..dibantu anak lanang disela2 ngurus si kecil.alhamdllh jadi jugaaa.....harini aku bikin dua resep dr mb diah.satu lg mi telur..memanfaatkan penggilingan mi yg dibeli sjk berthn2 yl..makasiii ya Mak Diah resepnyaaa.Aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba...ayo di berdayakan itu gilingan mie sering2..kasihan kalau di anggurin..hihi. Bisa buat bikin cheese stick..kue bawang dll..:)

      Delete
  8. hai mbak dd...

    aku bikin ini hari ini.
    ini di depanku baru diangkat dari penggorengan.
    isik panas. hehe.

    suwun resepnya ya mbak..

    -ulya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Ulya..masih ada atau udah habis nich..hihi

      Delete
    2. hehe...
      masih sebiji kayanya...
      lha hari ini banyak bener kudapan di rumah.
      alhamdulillah..
      :)

      tadi pagi aku bikin soto betawi resep mbak dd.
      tapi menurutku ada yg kurang ki mbak. mbuh opo.
      soale dulu kantorku di gading serpong, dan sering banget outing lunch di soto betawi H. Mamat.
      tapi menowo yo akunya gak telaten sama resepnya.
      jadi hasilnya beda.
      hihihi

      trus aku juga sempet bikin lapis kanji resep dari mbak hesti kitchen.
      tadinya mau bikin lapis tepung beras yg pake labu a la mbak dd.
      lha tapian lupa pas di tukang sayur beli labunya.
      huehehe.
      hasilnya banyak.
      tak bagi2 ke tetangga deh.

      siang bikin karipap ini.

      sore bapaknya anak-anak dateng bawa rainbow cake.
      ceritanya Apis, anak pertama kami, ultah.
      hehe.

      dan sebelum tidur, aku masih sempat bikin pisang molen.
      kulitnya pake resep adonan kulit pastel ini.
      soale enak kulitnya. krenyes-krenyes.
      huehehe..

      sekian.
      ceritane panjang ya..
      suwun udah mau membaca..
      :)

      salam,

      -ulya

      Delete
    3. Wuaa...rajin banget Mba..dari pagi ampe malam masak terus...salut dech ampe malem juga masih sempat giling2 adonan...pdhl byk kue lain..:)..sippp dech...:)..Pakai susu kali Mba..soto Betawi nya kalau di Jakarta ya..memang aslinya pada pakai susu ya kalau di Jakarta..tapi daku kurang suka..jadi seringnya pakai santan...:)

      Delete
  9. Mbak di sama ih kayak mama aku sukanya milin2 sendiri hohoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba..baru keliatan..hihi..tak cari2 je..di Semarang ndak ini ?..Aku panen rambutan rafia ndak ada yang makan..klu mau besok biar di anterin Pak tukang kebun ku..email alamatnya ya..tapi kudu cepet kabarinya ya..keburu kering ntar..aku petiknya kmrn..:)

      Delete
  10. Mbak Didi, pastelnya cantik banget ya, jadi pengen nyoba bikin deh :-) Mau nanya dong, kalau goreng pastel biar hasilnya ngga terlalu berminyak banget, apakah ada tipsnya ? Terimakasih banyak ya sebelumnya.
    Leonora Lhuillier

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Leo..harusnya nggak berminyak lho Mba..kalau goreng pastel itu..mungkin adonannya kurang kalis kali ya..kalau berminyak Mba ?..Atau minyaknya kurang panas?..Aku kalau goreng pastel tuch cepet aja..kan isinya dah mateng..dan kulitnya itu..cepet lho matengnya..dan ketika di angkat itu biasanya malah udah nggak berminyak sama sekali..:)

      Delete
  11. Mba klo tepung terigu pro sedangnya diganti dengan yg pro rendah bs ndak ya? Krn lg tdk ada stok

    ReplyDelete
  12. Mb Di, skrg lg ngehits jajanan frozen, termasuk pastel ini.. ada saran kah mb bikin pastel frozen? Prosesnya sama kah dgn yg biasa? Thanks before..

    ReplyDelete