Wednesday, March 12, 2014

Urap Mentah


Ini menu maksi ku hari ini..urap mentah..tempe goreng dan ikan asin layur goreng tepung. Menu ndeso yang sederhana..tapi uenakk, menurutku. Urap mentahnya seger banget..karena semua bahan2nya mentah..jadi masih kres2 renyah..di  padu bumbu urap yang pedas, gurih dan seger..enak sekali. Urap mentah ini..sayurannya bebas..apa saja boleh..yang kita sukai. Kalau ibuku di Yogya dulu biasanya kalau bikin urap mentah gini..pakai aja daun2 yang ada di pekarangan..yaitu..daun pepaya muda, daun kunyit muda..daun mangga muda..dll..pokoknya daun2 an apa aja yang ada di pekarangan rumah..jadinya fresh banget. Kalau di Yogya..di sebut daun2 *ramban*...jadi saingan dech sama si embek..makan daun2 mudah ya teman2..hihi.

Tapi kalau mau makan raw food gini memang lebih sehat ya teman2..semua bahan fresh..dan nggak di masak..jadi jelas2 masih segar dan bergizi. Apalagi jika daun2nya dari pekarangan rumah sendiri..wah ya tambah sehat lagi..kan di jamin bebas pestisida..dll. Tapi kalau di rumahku di Semarang ..yang ada di pekarangan rumah..cuma daun pepaya..hihi..jadi yang lain yang tetep beli. Supaya lebih aman..cuci sayuran dengan air panas kalau aku sich jika makan sayur mentah..agar pestisida dll larut jika ada..selain itu juga nggak langu2 amat jika di makan mentah..misal kacang panjang dan taogenya. Oh ya..kalau bikin urap mentah ini..kan semua bumbu dan kelapa juga mentah..jadi harus pakai kelapa yang fresh juga ya teman2..yang baru marut atau jika beli di pasar kelapa parut ya segera di gunakan..agar lebih enak dan segar...dan tidak asam kelapanya.

Oke..mau makan sehat tapi enak..yukk..masak urap mentahan ini teman2..enak dan seger..^^
Urap Mentah

Bahan :
3 lembar daun pepaya muda, iris halus
1 genggam taoge pendek
3 batang kacag panjang, iris halus.
1 buah ketimun, iris kecil2
Sayuran lain juga bisa, sesuai selera, misal..kol, wortel, kemangi, selada, dll

Bumbu urap :
3 buah cabai rawait merah
2 buah cabe merah keriting
Kencur 2 cm
Daun jeruk 1 lembar
Terasi bakar 1 sendok teh 
2 siung bawang putih
150 gram kelapa parut panjang
1 sendok makan gula merah
Garam secukupnya

Cara membuat :
Haluskan cabai, bawang putih, terasi dan daun jeruk serta garam, tambahkan gula dan kelapa parut, aduk rata. Koreksi rasa. Jika sudah pas..manis gurih pedasnya sesuai selera, aduk dengan aneka sayuran iris. Sajikan dengan nasi hangat dan lauk sesuai selera.


5 comments :

  1. Ibuku suka bikin nih....namanya trancam (hihi lucu ya namanya)... cucok emang pake tempe goreng n ikan asin.... nyusss
    mbak dah pernah bikin nasi bebek madura yg bumbunya hitam n pedesse puooolll blm? Klo blm bikin dong aku mau nyontek resepnya :)

    ~ dwi @jkt ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dwi..nama lain urap mentah ini terancam..:)
      Wah..belum pernah ke Madura Mba..coba nanti kalau nemu resep aku coba ya..:)

      Delete
  2. Mba Diah, daun pepaya mentah gak pahit kah, maksudnya lebih pahit yg direbus apa mentahan? Baru tahu kalo daun kunyit muda dan mangga muda bisa buat urap mentah, nambah ilmu lagi neh. Dulu embah tetanggaku kebetulan juga pernah masak daun mengkudu muda di oseng sama teri nasi, rasanya lazizzz dan waktu itu aku gumuunn banget (halah bosone)*maaf komenya kepanjangan*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sedikit pait Mba..tapi kalau di padu bumbu urap yang berani..enak kok..:) Iya..daun2 nan di sekitar kita bisa di makan kok Mba..asal kit aterbiasa ya..hihi.

      Delete
  3. gambar gambarnya bening bangetbu,pake kamera apa ?

    ReplyDelete