Monday, March 24, 2014

Tahu Isi Sayuran Pedas


Tahu isi..atau tahu berontak kalau di Jawa..salah satu gorengan favoritku. Nah..kali ini aku lagi pengen bikin yang beda..yang pedas gitu..jadi aku tambahin cabe rawit ulek dech di isinya. enak ternyata. Terinspirasi dari hasil buka2 majalah kuliner..ada liputan tentang gehu pedas khas Bandung yang katanya nge top ya gitu di sana. Gehu..ini katanya artinya taoge di dalam tahu..( kalau nggak salah lho ya..hihi..colek Mba Intan..yang biasa hafal istilah2 makanan di Bandung..)

Nah..tapi kalau Gehu..ini isinya katanya cuma taoge dan ayam ya..kalau tahu isi pedas ala aku sayurannya komplet..kayak tahu isi biasa..cuma aku tambah udang..jadi makin gurih dech. Tahu..memang enak di olah apa aja..di kombinasikan apa aja ya teman2..harganya pun murah..meriah..jadi ayukk..rajin2 masak tahu ya..salah satu sumber protein yang bagus juga.

Ya udah..yukk mari di cicip..tahu isi pedasnya ya teman2..enak dech..gurih isian sayuran dan seger semriwing tumisan sayuran pedas rasanya..karana di tambah ulekan cabe rawit..plus gurihnya tahu dan kriuk2nya kulit luar..wah..nggak mau berhenti dech makan..hihi. Udah nggak perlu nyeplus cabe rawit lagi..karena isinya udah pedas..huh..hah..siapin aja teh manis yang banyak..buat nyemil tahu isi pedas ini ya..^^
Tahu Isi Sayuran Pedas

Bahan : 
10 buah tahu pong kotak agak besar, siap pakai 

Bahan pencelup :
100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung beras
1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam sesuai selera
1/2 cm kunyit, haluskan
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
Air kira2 150 ml ( secukupnya hingga kental sedang adonannya )

Bahan isi :
2 buah wortel, potong korek api
25 gram tauge panjang
5 lembar kol, iris halus
50 udang segar, kupas, cincang halus
1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk / garam secukupnya
Gula pasir 1 / 2 sendok teh
50 ml air
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus untuk tumis sayuran :
2 siung bawang putih , 3 siung bawang merah
5 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya )
1/2 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Isi : Panaskan 1 sendok minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel, tambahkan air, aduk hingga wortel layu, lalu masukkan sayuran dan bumbu lain. Masak hingga sayuran layu.
Belah tahu pong jadi dua bentuk segitiga, keruk bagian dalamnya, isi dengan tumisan sayuran secukupnya.
Celup ke dalam bahan pencelup, lalu goreng hingga matang dan kecoklatan.

12 comments :

  1. ih jadi ngiler. Udah lama nggak bikin tahu isi. Makannya ggak usah pake rawit udah pedes mantep ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..enak..semriwing pedes isiannya..hihi

      Delete
  2. bak diah,,ini mah tahu jeletot tea ya..shhhh,,dah kebayang pedesnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...namanya lucu dan seru ya Mba Rima...tapi enak memang..:)

      Delete
  3. Aaawwww mbak,,, saya sukaaa bangettt ini mbak, suka beli kalau pas beli sayur didepan,,, duuuh jadi ngileer deh, pengen juga coba bikin sendiri,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuukk bikin Mba Tina..mur mer dan mudah..:)

      Delete
  4. disini banyak yang jual mbak tapi dengan nama macam-macam salah satunya tahu hot jeletot

    ReplyDelete
  5. Mbak Diahhh... ngilerrr :) tul banget Gehu means Toge dina tahu (toge dalam tahu) hehhee:) atau bisa disebut hot jeletot, tapi setahuku kalau hot jeletot selain cabenya di ulek dicampur ke adonan sayuran isinya, juga ada satu buah cabe rawit utuh jadi pas di gigit tahunya kegigit juga rawitnya, ini yang dinamakan jeletot artinya ketetrok atau kegigit (rawitnya) qiqiqiqi aya aya wae ya istilah nya lucu2 orang sunda teh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...seru tuch ya mba Intan..ada ranjau cabenya utuh ya..hihi..cocok itu buatku yang suka pedes..:)

      Delete