Wednesday, March 27, 2013

Sentiling


Hemm..sebenernya jadi sedih juga mau posting resep sentiling ini..karena ini adalah kenangan terakhir..aku masak2..waktu Dedek Paramitha masih bersamaku..tapi nggak pa2 dech....semoga resep jajanan murah meriah ini berguna ya buat teman2. 

Ini adalah salah satu jajan pasar khas Semarang favorit suami,..jadi lumayan sering bikin. Mungkin di daerah lain juga ada ya..jajanan seperti ini..cuma beda nama. Kalau aku kenal jajanan ini ya sejak tinggal di Semarang. Di pasar jajanan ini di kemas dengan potongan kotak kecil2, lalu di taruh di plastik mika kecil...kalau di bakery bakery terkenal di Semarang..yang juga menjual aneka jajan pasar..sentiling ini biasanya di potong kotak kotak kecil..kemudian di tusuk dengan tusukan sate..lalu di bungkus dengan plastik..jadi kesannya lebih modern dan rapi..serta menarik ya..dengan cara penyajian di tusuk sate. Warnanya yang meriah juga menjadi salah satu ciri khas dan daya tarik si sentiling ini.Tapi selalu gunakan pewarna makanan yang bagus dan aman ya..untuk tubuh. Selain bahannya murah..sentiling ini membuatnya juga mudah..dan rasanya enak sekali....manis..gurih ..sedikit kenyal tapi lembut karena memakai campuran agar2..lumayan Bunda..buat cemilan si kecil pasti suka..karena tampilannya warna warni dan di tusuk di tusukan sate...kecuali Yodhaku..kalau di kasih cemilan dari singkong..dia bilang..aku alergi singkong Mi..^_^..ada aja alasannya kalau di suruh ngemil...kalau buat snack arisan..lebih bagus sich di kemas di plastik mika kecil2...Selamat mencoba ya...

Sentiling

Bahan :

500 gram singkong parut
110 gram gula pasir
1/2 bungkus agar agar bubuk warna putih.
1 bungkus kecil / 1/2 sendok teh vanili bubuk
175 ml air / air kelapa
1/2 sendok teh garam
1/4 butir kelapa setengah tua untuk taburan, kupas bersih kulit arinya dan parut panjang, campur dengan 1/4 sendok teh garam, lalu kukus selama 15 menit.

Cara Membuat :
Campur semua bahan, kecuali kelapa parut..aduk rata. Lalu blender sampai halus, agar adonan lebih lembut, bening ketika matang  dan tidak ada serat2 singkongnya. Tapi jika menyukai sentiling yang masih terasa serat2 singkongnya..ya tidak usah di blender. Bagi adonan menjadi tiga bagian, timbang sama berat,  masing2 beri pewarna merah,  kuning dan hijau. Lalu letakkan bersebelahan di loyang yang sudah di alasi dengan plastik, atau di loyang kecil2 secara terpisah. Ratakan.Kukus selama 30 menit. Lalu potong2 kecil kotak dengan pisau yang di lapisi plastik supaya rapi potongannya dan gulingkan ke kelapa parut. Sajikan . Dinginkan sebentar di kulkas akan lebih enak.

Tips : 
Resep Sentiling di atas hasilnya manisnya pas..cukup menurutku..tapi jika ada yang suka lebih manis, tambahkan jumlah gula  sesuai selera. Atau bisa juga setelah matang di taburi gula pasir  sedikit bersama dengan taburan kelapa parutnya..rasanya juga  tambah enak dan unik.
Untuk membuat jajan pasar dari singkong..pilihlah singkong yang kesat dan tidak pahit. Ciri singkong yang bagus adalah..kulit bagian dalamnya berwarna pink..dan ketika di kupas gampang , kita tinggal kerat sekali kulitnya, lalu kita tarik  kulitnya.


11 comments :

  1. hihi..Yodha lucu, masa alergi singkong^^
    semangat posting resep mbak..!!kami pembaca setiamu selalu menunggu resep2 dari mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nisrina..lucu Yodha..kalau nggak suka sesuatu..bilangnya alergi..^_^..kalau di tegur atau di marahi..dia pura2 batuk..trus bilang..alergi di marahin..my lovely son..akalnya ada2 aja..^_^...

      Delete
  2. mba... sentiling ini sama gak dgn ongol-ongol singkong? soalnya dari segi bahan dan penampilannya ko hampir mirip ya... saya belum prnh nyicipin dua2nya...
    fotonya cantik dan bikin ngiler.. makasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Zulfa..mungkin sama ya Mba..cuma beda nama..di daerah mana nama ongol2 singkong itu ya?..aku juga belum pernah coba..kalau di Semarang sentiling..ada juga di daerah lain yang di bentuk lapis gitu di sebut lapis singkong..ayo cobain Mba..enak kok..^_^..

      Delete
  3. Nahhhh, gitu dong mba Diah, harus semangat... Tadinya uda mau nanya kegiatan mba Diah, lebih baik sibuk ngerjain sesuatu biar ga kepikiran, tapi tentu setelah badan mba Diah kembali Fit... mba Diah, selalu semangat ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Hannie..makasih banyak Mba..iya Mba...sibuk di dapur..lumayan mengurangi beban pikiran..karena mau sibuk aktif ketemu orang lagi..di komunitas..di organisasi ibu2 sekolah Yodha..sampai arisan masih trauma..ketemu teman2 dekat yang tau dari awal perjuanganku buat dapet adiknya Yodha..takut di tanya2..kenapa..dan harus mengulang2 cerita sedih itu..hiks..hiks..cuma di blog ini aku baru berani muncul..makasih banyak atas dukungannya ya Mba..dan teman2 semua di sini..^_^..

      Delete
  4. Mbak Diah, saya ada rencana bikin sentiling nih minggu ini tapi ada beberapa hal yg mau saya tanyakan, hehe.. maklum amatir :3
    1. 500 gram singkong parut itu maksudnya singkong bersih seberat 500 gram diparut atau singkong yang telah diparut ditimbang 500 gram?
    2. Setelah itu, apakah singkong yang telah diparut perlu diperas airnya atau dibiarkan saja?
    3. 1/2 sachet agar-agar itu kira2 berapa gram ya mbak? karena ada yang berbeda isinya tiap sachet, mbak pake sachet yg 7 gram atau yg lainnya?
    maaf ya mbak banyak tanya, hehe... semoga berkenan menjawab. ntar kalo jadi saya kabari deh, hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mba Ayu..no worry..aku jawab satu2 ya :
      1.singkongnya udah di parut mba..terus di timbang 500 gram
      2. Tergantung jenis singkongnya Mba..kalau singkong jinten yang kulit dalamnya berwarna pink..udah kesat itu..jadi nggak perlu..kalau singkongnya terlalu berair misal jenis lain..boleh di peras.
      3.Aku pakai merk Swallow glove mba..agar2 nya..7 gram ya kayaknya itu..:)

      Delete
  5. waahh... makasi banyak ya mbak diah :D insyaAllaah resepnya dipraktikkan

    ReplyDelete
  6. pengen nyoba resep"nya mbak diah ni..
    tapi sebelumnya mau tanya dulu..hehe
    mbak diah loyang yang buat bikin sentiling ini loyang yang bahannya dari apa ya yang buat ngukusnya?
    makasih mbak.. :}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loyang buat kue yang dari alumunium aja Mba Dziah...yang biasa buat bread atau loyang loaf itu aku biasanya...atau bisa juga loyang lain sesuai seelra.

      Delete