Wednesday, May 8, 2013

Batagor Imut..Yummy...^^


Pagi teman2...sapa mau batagor pagi2..? hihi..tapi bikin dulu ya..karena punyaku ini udah habis..bikinnya kemaren..ngabisin stock ikan tenggiri..di frezeer..dan uji coba menyempurnakan resep batagor yang udah pernah ku posting dulu. Kali ini udah bisa dapat rasa yang pas..tekturenya juga pas..yummy dech pokoknya..^^..cuma kemaren dapat tahunya kecil2..dan di potong serong jadi dua..jadilah batagornya imut2..hihi.

Batagor..jajanan kaki lima khas Bandung ini mungkin udah nggak asing lagi ya buat kita..banyak di jual juga di luar daerah Bandung..kecuali di Semarang nich..susah banget cari jajanan luar yang enak dan terkenal..dari luar daerah...beda sama Yogya..banyak dijumpai jajanan yang enak2..dari daerah lain , bahkan dari luar Jawa...mungkin karenaYogya udah multi kultur ya ..banyak pendatang dan pelajar dari luar Jawa yang tinggal di sana. Kalau di Semarang nich..banyakan jajanan..penyet2 tan..hihi..jadi kalau pengen batagor yang enak yang musti bikin sendiri. 


Batagor ini jajanan kaki lima favoritku..di Yogya dulu..duch jadi ingat Yanti..sahabatku di kantorku terakhir aku kerja sebelum menikah..kita sering banget makan batagor gini kalau pulang kerja..di warung batagor..dan siomay pertigaan Sagan..deket UGM..karena tiap pulang kerja lewat situ kalau mau ke kost. Kalau di bandingin batagor yang ku buat sekarang..yang jelas enakan sekarang..cuma dulu ya tetep berasa enak aja..hihi. Ada juga batagor yang enak lain di Yogya..antara lain di selatan bunderan UGM..atau di Kentungan Jl. Kaliurang..di jalan Gejayan...tapi agak masuk ke dalam..ada juga  batagor enak...Nggak tau dech..tempat2 itu sekarang masih ada atau tidak. 

Nah..kalau sekarang sich..kalau cuma mau makan batagor..gampang..udah bisa bikin sendiri..lebih enak ..malah..karena bisa pakai ikan tenggiri beneran...dan rasa bisa sesuai selera. Batagor yang ku buat kali ini..this is the best ..dari beberapa uji coba bikin batagor yang ku lakukan. Kali ini aku udah bisa nemuin tehnik supaya batagornya nggak alot dan liat kalau kayak beli itu. Tekture batagor yang ku buat nich..masih kenyal..tapi empuk. enak dech pokoknya. Gini nich..rahasianya..daging ikan tenggirinya di mixer sama bumbu2 dan telur..jadi menghasilkan pasta ikan tenggiri yang halus dan semua bumbu udah nge blend dan tercampur rata..nah..setelah itu tinggal kita masukkan tepungnya..aduk aja..pakai tangan dengan santai sampai rata..nggak perlu di uleni. Kalau dulu aku bikin kan..semua bahan di uleni ..nah supaya tenggirinya bisa halus di adonan..suka ku uleni lama2..jadi walaupun enak..batagornya jadi alot. Nah..kalau ini..just perfect..pas banget tekture gigitannya. Yummy dech..sungguh...!..^^

Yukk cobain teman2..jika suka batagor..jika susah cari tenggiri..coba aja pakai ikan lele..enak juga kok..atau ikan gabus tuch..enak juga buat batagor gini. Ini ku kasih resep hasil utak atikku ya..semoga cocok ..^^ 
Aku bikin dua versi nich batagornya..versi yang di kukus dulu..karena adonannya di masukkan ke potongan tahu yang di lubangi..tujuannya supaya..adonan yang masuk ke dalam cekungan tahu..juga matang sempurna dulu..sebelum di goreng. Nah..sisa potongan tahu yang kecil2 tuch di campur dengan sisa adonan batagornya..terus di sendokin kecil2..langsung di goreng dech..dua2nya..sama2..yummy..selamat mencoba..^^

Batagor

Bahan:
200 - 250 gram ikan tenggiri, di cincang halus ( pas masih utuh di timbang 250 gram..setelah di bersihkan dan di ambil dagingnya kira2 jadi 200 gram )
3 siung bawang putih, dihaluskan
1/2 sendok teh penyedap rasa
1 1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh gula pasir
2 putih telur
100 ml air es
115 gram tepung sagu tani / tepung tapioka
20 gram tepung terigu protein sedang

Bahan Sambal Kacang:
200 gram kacang tanah kulit, digoreng
3 siung bawang putih, digoreng
8 buah cabai merah keriting, digoreng
3 sendok makan gula merah
2 sendok teh garam
650 ml air hangat 
1 sendok makan air asam jawa (dari 1/2  sendok makan asam jawa dan 2 sendok makan air)

Bahan Pelengkap:
75 ml kecap manis
5 buah jeruk limau

Cara Pengolahan :
  1. Campur ikan tenggiri, bawang putih, penyedap rasa,  garam, merica bubuk,  dan gula pasir. 
  2. Mixer hingga rata, masukkan telur dan air, mixer lagi hingga jadi pasta ikan yang halus.
  3. Tambahkan tepung sagu dan tepung terigu. Aduk sampai kalis. ( Jangan terlalu kuat ngaduknya..supaya tidak alot batagornya )
  4. Bagi 2 adonan. Satu bagian isi ke dalam tahu putih yang sudah di potong serong dan di lubangi dalamnya. 
  5. Sisa adonan batagor..di campur dengan sisa kerukan tahu .Sendokkan ke minyak panas..lalau goreng hingga matang.
  6. Kukus batagor yang di isikan ke tahu selama 30 menit dengan api sedang. Dinginkan, lalu goreng juga hingga matang.
  7. Sambal kacang: haluskan kacang tanah, bawang putih, cabai merah keriting, gula merah, dan garam. Tuang air hangat. Masak sampai kental. Tambahkan air asam jawa. Aduk rata. Sajikan dengan jeruk limau kecil2 dan kecap jika suka.


36 comments :

  1. tiap baca resepmu aq selalu nelen ludah je Mak, deuuh....

    ini juga slh 1 makanan kesukaanku, kebetulan mamaku asli bandung, beliau jualan batagor di Jogja. tapi kalo liat mama bikin adonan+bumbu..kok ya ribeet amat. mama pake food processor buat bikin adonanNya.

    kayaknya yg versi Mak Didi lbh praktis, kapan-kapan mo nyoba.
    oh iya, itu air es = air dingin biasa kan ya? atau gimana mak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...pasti Mamanya Mak Ovie jago bikin batagor..di mana Mak t4 nya..ntar klu aku mudik tak mampir..aku dr Yogya asli soalnya..^_^..

      Ayo cobain bikin pake resep ini...Iya..air dingin biasa..biar kenyal adonannya..
      Lha ini batagor ala aku je Mak..tapi kalau di bandingin beli batagor di semarang sini..enakan bikinan sdr..hihi..iya..aku praktis aja bikinnya..food processorku rusak..jadinya pakai mixer aja..praktis..^_^

      Delete
  2. Wahh yummi..semarangnya mn mba? Aku ungaran slm kenaal..kl ikan kakap bs mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga ya Mba..Selamat mencoba ya...aku di Semarang atas mba..^_^

      Delete
  3. jd ngiler nih mba...mf mba itu ko pth tlr'a aja yg d pk? klo kng'a d pk jg
    bs g? ngaruh k rasa'a g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ..ndak pa2 Mba.di pake kuningnya..cuma kalau mau batagornya garing..lebih baik pakai putihnya aja..:)

      Delete
  4. Mbaaaa Didiiiii..
    Kemarin aku coba resep ini.. enaaaaaaak banget..
    Batagor tipe ini yang sudah lama aku dan suami cari..
    Terima kasih beraaaaat ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..Singgare..sama2..syukurlah jika suka ya..:)

      Delete
  5. waah,,jdi ngiler bgt nih mba,pgn nyoba bikin. btw ini adonan ikannya agak padet kn mba?soalnya pernah bikin adoannya agak cair eh pas dikukus mlah tumpah2 dr tahunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak padet banget sich Mba..tapi nggak meleber kok..:)

      Delete
  6. kalo peke ayam atau udang kira2 enak gak mbak ? trus saus kacangnya gak dikasih santan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. krg gurih mba..klu ayam..klu udang oke. Saus ndak perlu santan..:)

      Delete
  7. makasih mbak diah

    ReplyDelete
  8. Terima kasih resepnya nih mba, saya izin mau nyontek...oiya, tahunya enak pakai tahu apa ya mba? Diana

    ReplyDelete
  9. Maria Dini KurniawatiNovember 19, 2014 at 10:14 AM

    mbak,kacang dll diblender biasa? yang buat jus itu? atau pake alat lain? kmrn dah bikin empek2..nyonto resep disini...laris manis...mertuaku bilang enak..ga alot, maklum oma2 hehehe cukonya juga pas banget...nah sekarang pengen bikin batagor ah...

    ReplyDelete
  10. Mba diah...kalo adonannya dibungkus pake kulit pangsit bisa gak ya...jadi gak dimasukin ke tahu gitu...punya sisa kulit pangsit banyak sisa bikin siomay...hehehe...

    ReplyDelete
  11. Mba diah, kl adonannya disimpan di kulkas bisa gak? Bisa tahan berwpa hari?

    ReplyDelete
  12. Mba klo ga ad food procesor atau mixer pakai blender bisa ga??

    ReplyDelete
  13. Salam kenak mb diah, makasih sangat resepnya.., izin contek ya mb..:)

    ReplyDelete
  14. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    ReplyDelete
  15. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    ReplyDelete
  16. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    ReplyDelete
  17. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    ReplyDelete
  18. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    ReplyDelete
  19. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif

    ReplyDelete
  20. Mba di..slm sungkem... Kl disini tahunya dicampurin gt mba ma bumbunya ... Tp g hls2 amat sih.itu gmn resepnya ya mba... *indah

    ReplyDelete
  21. enak bgt kyaknya tuhh.udh lama pngen mkan btagor atw somay yg teksturnya ky gni.mau beli dsni gk ada,adanya mah yg biasa2 aja..mau bkin tp gk tau rsepnya.stlah bca artikel ini jd dpt ilmunya deh..thanks so much..ins.allh kpn2 d coba ;)

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum mba di,izin pint ya mba,kedengaran dan kelihatannya yummy banget,pengen nyoba. Thank you

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum mba di,izin pint ya mba,kedengaran dan kelihatannya yummy banget,pengen nyoba. Thank you

    ReplyDelete
  24. mantap mbak....enak tuh kayaknya

    ReplyDelete
  25. kalo buat jualan,,resep yang paling enak gmna caranya...

    ReplyDelete
  26. Pengganti ikan tenggiri apa ya Mbak Diah?

    ReplyDelete