Google Ad

Wednesday, May 29, 2013

Apa itu Susu Evaporated ?


Dalam pembuatan cake atau kue2 lain..kadang2 kita menemukan istilah bahan berupa Susu Evaporated. Apa itu Susu Evaporated..? Nah sebelum membahasnya..kita kenali dulu ya..istilah susu evaporasi. Susu Evaporasi adalah susu segar yang sebagian besar kandungan airnya telah di hilangkan / di uapkan sehingga kandungan airnya menjadi tinggal separuhnya. Dengan demikian susu evaporasi ini lebih awet daya simpannya,  tapi tergantung kemasannya juga. Ada yang bertahan 1 atau dua tahun dalam kemasan kaleng. Ada dua macam Susu Evaporasi...yaitu yang dengan tambahan gula di sebut Sweetened Condensed Milk atau yang kita kenal sehari2 dengan susu kental manis..sedangkan yang tanpa penambahan gula inilah yang di sebut Evaporated Milk / Unsweetenend Milk.

Susu Evaporated mempunyai kekentalan yang cukup tinggi , Sebagian kandungan lemaknya telah di kurangi, tapi kandungan proteinnya tetap sama. Berbeda dengan susu kental manis..yang kandungan proteinnya sudah berkurang. Jadi..susu evaporated lebih banyak kandungan proteinnya dari pada susu kental manis biasa. Kandungan protein pada susu kental manis minimal harus 6.5 % sesuai standart SNI, namun saat ini banyak beredar pula produk yang mirip susu kental manis yang kandungan proteinnya hanya sekitar 5 % saja, yaitu produk2 sejenis krimer kental manis yang harganya lebih murah harganya dari susu kental manis sebenarnya. Proses dengan pemanasan tinggi selama evaporasi membunuh semua mikroorganisme sehingga susu lebih awet, namun juga menyebabkan perubahan warna dan rasanya. Selama proses penyimpanan, warna susu evaporasi akan semakin tua, dan juga kekentalannya bertambah. Namun asalkan tidak ada rasa dan aroma yang menyimpang..seperti asam, pahit, busuk, berbusa dll, maka produk susu tersebut masih layak untuk di konsumsi. Susu Evaporated jika akan di gunakan sebagai susu cair, maka bisa kita larutkan dengan perbandingan 450 ml susu evaporasi untuk 1000 ml air.atau kalau mau yang lebih kental 500 ml susu evaporasi di campur dengan 500 - 550 air. Sedangkan untuk susu kental manis biasa..untuk 1 liter susu cair di perlukan sekitar 320 / 400 ml susu kental manisnya.atau untuk susu kental manis skim perbandingannya adalah 270/360 mlsusu skim kental manis di tambah dengan 730 ml air. 

Semoga sedikit info ini berguna buat teman2 yang belum tau apa itu susu evaporated..jadi intinya susu evaporated adalah susu kental..tapi tidak manis. Susu ini sering di gunakan untuk membuat cake atau kue2 misalnya untuk custard isian pie, dll. Jika ingin mencoba resep yang memakai susu evaporated ini..coba salah satu resep yang pernah ku posting sebelumnya..yaitu..Caramel Cake ....Selamat mencoba..^^

15 comments :

  1. Mbak, saya mau tanya yg OOT nih, gapapa yah.. Hihi..
    Saya masih bingung ttg krim. Misalnya saya mau buat fettucini carbonara dan disitu ada bahan krim kental, bisakah saya pakai whipping cream merek elle vire yg kemasan kecil? Atau malah pakai krim lain semisal sour cream? Hehe.. Saya agak bingung. Mohon pencerahannya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Kalau aku untuk saus2 masakan gurih ..lebih enak pakai sour cream itu Mba Ayu...jadi lebih gurih ya,...atau malah pakai susu evaporated ini juga bisa..kan dia kental tapi nggakmanis rasanya...kpn2 ku tulis macam2 krim dan fungsinyaya..biar komplet infonya..^^

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah, apakah dapat sharing resep apple pie. Bahannya diantaranya puff pastry. Apakah mbak Diah punya referensi puff pastry yg bersertifikat halal. Ditunggu jawabannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah yang pakai puff pastry aku mba..kalau bikin apple pie..pakai crust biasa aku. Kalau di tempatku adanya cuma merk Edo mba..puff pastry siap pakainya..^^

      Delete
    2. Mbak Diah, crust itu sejenis adonan. Atau apa ya mbak

      Delete
    3. Iya Mba..adona pai yang renyah dan mawur gt..:)

      Delete
  4. mbak sekalian contoh2nya yang ada di pasaran dong biar ga bingung. thank you mbak diah :)

    ReplyDelete
  5. Apakah evaporated milk bisa di pakai untuk membuat whipped cream?

    ReplyDelete
    Replies
    1. whip crem atau butter cream mba ?..Butter cream biasanya pakai susu kental manis ya..:)

      Delete
  6. Apakah susu Evaporasi & Sour cream aman untuk ibu hamil?

    ReplyDelete
  7. mba diah kl di resep ada susu epaporated bisa ga diganti skm
    thx b4 mba

    ReplyDelete
  8. Hallo mba diah, salam kenal,, mhn pencerahannya,😊 Kl bahan masakan yg menggunakan santan spt rendang, dan santannya di ganti ato di tambahi wipped cream ato sour cream ato susu evaporated itu gmn mba ?
    Apa sour cream, wipped cream, susu evaporated itu tahan panas ? Trmksh mba diah.🙏🏼

    ReplyDelete
  9. Mba kan saya baru beli susu evaporasi merk carnation,nah pas 2 hari kmudian saya lupa taro kulkas selama 2 jam,nah las aku cicip rasanya aga asem sedikit nah itu termasuk udah basi ato emng sperti itu ya rasanya ?

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel