Saturday, May 11, 2013

Happy Weekend..Mari Masak Galantin Komplet aja..Yummy..^_^


Happy Weekend teman2...mau posting pagi2 aja ahh...biasa weekend ...pagi2 mau kabur jalan2..mau cari nasi liwet..hihi. ini menu kami kemaren sich buat makan malam...siapa tahu bisa jadi ide teman2..buat bikin menu spesial di weekend ini..Galantin komplet..itu lho..kayak menu2 favorit kateringan..dan acara2 jamuan pernikahan..sering ada kan menu galantin komplet gini. Satu porsi galantin jadi udah mengenyangkan kok..udah ada galantin  sebagai sumber protein..kentang karbo nya..ada buncis dan wortel dan saus tomat sebagi sumber vitaminnya..jadi udah full gizi kan dalam satu menu...hihi...nggak perlu nasi..kecuali emang nasi mania ya..belum berasa makan..kalau beum ketemu nasi..ya udah..buat lauk...boleh2 aja..hihi. Soalnya emang ada lho..yang makan apa2 harus pakai nasi..ada temen..yang makan bakso aja musti pakai nasi..makan nasi goreng buat lauk nasi putih..hihi..aneh kan...tapi nggak pa2 lah..selera orang kan beda2. 

Percaya ndak..galantin yang ku buat ini cuma bermodalkan 100 gram daging sapi giling....hihi..jadi resep ekonomis nich..jadi nggak perlu kuatir harga daging yang mahal..dengan sedikit usaha..100 gram daging tuch bisa di sulap jadi menu istimewa..cuma ku tambahin sedikit daging ayam sich..jadinya rasanya tambah enak malah..nggak terlalu eneg kalau cuma daging sapi aja galantinnya. Di dekat rumahku  ada semacam bucther gitu kecil..tapi komplet..yang jual aneka daging segar dan olahannya..ada sosis..nugget..bakso dll..nah aku sering banget ke situ, kemaren cuma mau beli sosis dan bakso aja..tapi nich liat daging cincang segar yang merah2 gitu tergoda juga buat beli..cuma belum punya ide mau bikin apa..akhirnya iseng aja beli 100 gram..buat bikin oseng buncis aja pikirku...lha..nggak suka juga nyimpen daging cincang lama2 di freezer klau mau beli banyak..wong deket toko dagingnya...jadi nggak suka nyetok daging aku di freezer. Eh sampai rumah kemaren malah kepikiran pengen buat galantin..waduh,.nanggung banget..cuma punya 100 gram daging..mau ke toko dagingnya lagi kok males..wis akhirnya nekad aja..dulu pernah baca di tabloid ada galantin pakai campuran   daging ayam soalnya..jadi masih ada stock daging ayam..ku campur aja dikit..dan hasilnya..enak teman2...pas dech gurihnya, beda sama galantin yang sering ku bikin yang pakai full daging sapi bahannya. Sipp..bakal jadi resep andalan nich buat galantin..dengan 100 gram daging dan 50 gram ayam cincang..jadilah dua lonjor galantin..cukup lah buat kami bertiga..pas malah..nggak berlebih..kalau keluarga besar silahkan di dobel aja ya adonannya kalau mau bikin teman2. Kalau nggak ada daging giling..yang pakai daging bisa aja yang bagus..terus di cincang halus..beres..tapi jangan di blender ya..nanti terlalu halus..plus ketambahan air kan..jadi nya..kurang oke..kalau punya food processor boleh..semua bahan galantin masuk situ..^_^


Galantin ini versi galantin yang ala steak Jawa..dari Solo tuch..yang biasa buat menu hajatan. Di Solo..khasnya kan kalau ada acara..pestanya piringan gitu...nah menu utamanya galantin ini..nggak tau sekarang dech.masih gitu nggak..galantinnya selain di bentuk lonjong gini..bisa juga di cetak pakai cetakan plastik bentuk sakura...dll..dan di hidangkan dengan saus steak ala jawa juga..jadi lebih cantik kan penampilannya. Kalau aku sich..ku buat model  kayak lontong aja..pakai daun pisang..praktis..dan bentuknya bisa tetep  rapi lonjong bulat. Kalau pakai plastik..kadang malah mleyot mleyot bentuknya..nggak bagus..karena menggembung pas di kukus..^_^. Kemaren pas mau bikin sausnya..eh lha kok saus tomatnya juga habis..wis..nggak kurang akal..bikin saus tomat sendiri aja..dari 2 buah tomat yang ku blender sausnya..eh malah enak..seger alami sausnya. Woke..mau menu yang beda dan spesial di weekend ini teman2..yukk bikin steak galantin ini..enyakk..enyakk..galantinnya gurih...sausnya seger..selamat mencoba ya..ini resepnya..galantin komplet versi aku..^_^...

Galantin Komplet

Bahan :
100 gram daging sapi giling
50 gram ayam giling
50 gram tepung panir putih halus
50 ml susu cair
1/2 buah bawang bombay, di cincang halus
2 butir telur
1/4 sednok teh merica bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh bumbu kaldu isntan rasa sapi / garam secukupnya

Bahan Saus :
1/2 buah bawang bombay, di ris panjang
2 buah bawang putih, cincang
2 sednok makan sauas tomat ( kemaren habis..jadi ku pakai 2 buah tomat segar aja yang di rebus , terus di blender..malah seger )
1 sendok teh kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa sapi / garam sedikit
1 buah wortel , potong sesaui selera, rebus bentar
25 gram buncis, potong sesuai selera , rebus bentar
2 buah kentang, potong sesuai selera..goreng
1 1/2 sendok maizena yang di larutkan sedikit air untuk pengental.
200 ml air
2 sendok margarin untuk menumis 

Cara Membuat :
Aduk semua bahan galantin.
Cicipin dulu rasanya..dengan cara ambil sedikit adonan galantin.lalu goreng. 
Jika sudah pas..baru di bungkus dan di kukus, jika belum tambahkan bumbu seperti garam / gula sesuai selera. 
Bungkus dengan daun pisang berbentuk seperti lontong. atau taruh di cetakan plastik yang dioles minyak..misal cetakan sakura..dll. 
Kukus 30 menit, lalu goreng sampai luarnya kecoklatan.

Saus :
Panaskan margarin 
Tumis bawang bombay dan bawang putih, Masukkan saus tomat, kecap manis, aduk rata. 
Tuangi air, masukkan bumbu2 lain.Masak sampai mendidih. 
Kentalkan dengan larutan maizena.
Jika suka saus yang agak encer..air bisa di tambah..tapi bumbu2 lain juga di tambah.sesuai selera aja..^_^
Sajikan galantin lengkap dengan saus dan pelengkap lain, buncis, wortel dan kentang goreng...yummy..



12 comments :

  1. Udah kucoba resep galatinenya... memang yummy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Mira..wah..seneng mendengar Mba suka galantinnya..:)

      Delete
  2. besok kan idul adha. biasanya kebagian daging kambing daripada daging sapi. kalo misalnya dagingnya diganti daging kambing masih cocok nggak ya mbak. kok jd pengen masak galatin ini.

    ReplyDelete
  3. Aromanya nanti kuat bingits ya mba..klu kambing..tp jk suka ya enak juga kali yach..:)

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mbk izin catet resepnya ya, trmksh :-)

    ReplyDelete
  6. mba diah didi, kalo tepung panir di ganti roti tawar, kira2 berapa lembar ya ..?

    ReplyDelete
  7. Mbak Diah, kemarin saya praktek resep ini. Wuenak, seger! Saya tdk punya tepung panir, jadi saya ganti dg roti tawar yg saya rendam dg susu cair. Saya juga tambahkan 2 tomat segar yg direbus dan dihaluskan, spt cara mbak Diah. Sebenarnya saya sdh sering bikin galantin tapi resepnya asal aja. Kali ini saya ikuti resep mbak Diah, dan memang lebih mantap hasilnya. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  8. Mbak..kalau g punya kukusan, direbus bisa?

    ReplyDelete
  9. Mbak..kalau g punya kukusan, direbus bisa?

    ReplyDelete