Sunday, May 12, 2013

Semar Mendem…Jajan Pasar yang Mengenyangkan dan Enakk..^_^



Pagi teman2..maaf ya..belum bisa update resep  masakan hari ini..kemaren sibuk banget persiapan Yodha mau perform tradidtional dance di Crowne Plaza Hotel sore nanti..dalam rangka kegiatan tutup tahun sekolahnya…kemaren nganterin dan nyiapin gladi bersih..jadi nggak sempat masak2..wis..cuma sempat bikin cemilan aja..yang bisa cepat2 di makan tapi mengenyangkan..sambil lalu dan ngerjain hal lain…kayak si *Semar Mendem* ini..namanya lucu ya..Semar Mendem..artinya *Semar Mabuk*..dalam bahasa Jawa..Semar adalah salah satu tokoh Punakawan di pewayangan..apakah saking enaknya jajanan ini….sampai membuat Semar jadi mabuk..makanya di sebut semar mendem??..hihi..nggak tahu juga..ya jelas enakkk..suamiku suka banget.

Semar Mendem ini sebenernya mirip2 lemper..Cuma lemper kan di bungkus daun pisang..nah kalau Semar Mendem  ini di bungkus pakai dadar telur..jadi bungkusnya enak juga sekalian di makan. Isinya bisa ayam suwir berbumbu atau daging..terserah sesuai selera. Tapi aku lebih suka ayam suwir kalau Semar mendem..kalau yang isi daging cincang berbumbu..beda lagi versinya menurutku..yaitu Jadah Manten..kulit luarnya sama..dadar telur..Cuma Jadah Manten ini..di bentuknya agak gepeng pipih..terus di jepit pakai batang serai..di olesi areh santan kental, terus di bakar. Jadah Manten pun tak kalah enaknya sama si Semar Mendem ini.

Membuat Semar Mendem gini kalau di bayangkan ribet ya..banyak tahapan yang harus di kerjakan..dari mulai bikin isi..ngukus ketan..bikin dadar..mbentuk dan nge lipat2..tapi kalau sudah di lakukan..enjoy aja kok..seru..dan gampang banget…aku sering banget bikin aneka lemper gini..karena suami suka..dan praktis aja buat cemilan yang mengenyangkan kalau lagi nggak sempat masak berat..dan di makan di jalan..kalau lagi sibuk banyak kegiatan…bikin pagi..sampai sore juga masih enak buat di cemal cemil. Oh ya..buat snack acara2 atau arisan juga ok..lebih cantik kan penampilan di Semar Mendem ini daripada lemper bungkus daun pisang. Lapisi dengan plastik satuan..hias dengan cabe di atasnya..makin cantik dech penampilan si *Semar Mabuk* ini..hihi..

Yang mau coba..ayokk silahkan..nggak butuh biaya banyak kok..bikinnya..ini dia resepnya...

Semar Mendem


Bahan-bahan :

Bahan Dadar:
3 butir telur kocok lepas
25 ml air
1 sendok teh tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh garam

Bahan Ketan:
200 gram beras ketan rendam 1 jam
150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3/4 sendok teh garam
3 lembar daun salam

Bahan Isi:
2 buah paha ayam atas bawah
2 lembar daun salam
1 batang serai ambil putihnya, memarkan
3/4 sendok teh garam / bumbu kaldu rasa ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan gula pasir
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri sangrai
1/2 sendok teh ketumbar
Cara Pengolahan :
  1. Isi: rebus ayam sampai matang. Angkat. Suwir-suwir.
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, serai sampai harum. Masukkan ayam suwir, garam, merica bubuk, gula , dan santan. Masak sampai matang dan meresap.
  3. Ketan: kukus beras ketan 10 menit.
  4. Rebus santan, garam, dan daun pandan sampai mendidih. Masukkan beras ketan. Aduk sampai terserap. Kukus 30 menit sampai matang.
  5. Ambil 30 gram ketan. Pipihkan. Beri isi. Bentuk lonjong.
  6. Dadar: aduk rata bahan dadar. Buat dadar di wajan datar.
  7. Ambil selembar dadar. Beri ketan. Lipat sisa kanan dan kirinya. Gulung. Sajikan.


2 comments :

  1. Enaaakk.. saya suka semar mendem, satu aja sudah bisa bikin kenyang. Boleh ngopi cara bikinnya kan Mak? :)

    ReplyDelete
  2. Boleh banget donk Mak Riski..ayo silahkan di coba..:)..salam kenal ya..mksh udah mampir..:)

    ReplyDelete