Google Ad

Monday, May 20, 2013

Skotel Makaroni Daging Asap


Selamat pagi teman2..jumpa lagi di hari Senin yang indah..kali ini aku mau posting resep yang ku masak weekend kemaren. Biasa..kalau weekend..kalau nggak jajan di luar kulineran..aku suka masak yang praktis saja..biasanya hidangan sepinggan yang sudah komplit gizinya..seperti skotel makaroni ini. Dalam skotel makaroni ini udah komplet ada karbohidrat dan proteinnya..cuma kurang sayur sich..kemaren lagi nggak punya stock kacang polong atau jagung atau wortel..enak padahal di campur di adonan makaroninya..ya walau nyalahin aturan kali ya, makaroni ala aku gitu yang komplet pakai sayuran juga biasanya. Kemaren buat makaroni ini juga pakai bahan yang ada aja..adanya daging asap..jadilah makaroni daging asap..enak..!

Buat yang suka makaroni..pasti udah tau donk cara masaknya. Sebenarnya ada dua jenis tehnik masak makaroni skotel ini..yaitu pakai sistem rough dan sistem custard. Kalau sistem rough itu..adalah sistem masak makaroni skotel yang bumbu di tumis terus di  masukin terigu sedikit demi sedikit sambil di tuangi susu, lalu di aduk sehinggan adonan cair halus dan licin, baru bahan2 lain di masukkan dan di panggang, jadi  adonannya sebenernya sudah di masak duluan, jadi memanggangnya nggak perlu waktu lama. Sedangkan sistem custard..semua bahan masuk dan di campur jadi satu, lalu di panggang. Perbedaan cara sistem custard atau rough adalah..kalau sistem rough..makaroni yang di hasilkan lebih padat dan mudah untuk di iris, kalau sitem custard, makaroni skotelnya jadi lembut . Aku sendiri lebih juga yang sistem rough..kayak yang ku buat kemaren, hasilnya lebih padat dan gampang di potong2 ketika menyajikannya. Tapi..sebenarnya yang paling suka makaroni skotel gini suami dan anakku..kalau aku sich..sesekali aja suka..kalau terus2san ya bosan..hihi..*lidah ndeso*..aku kok lebih suka makaroni skotel goreng...hihi..nanti kapan2 ku posting resep makaroni goreng kreasiku ya..lebih enak aja di makannya gitu, sambil nyeplus cabe rawit...hihi..

Ok..buat yang suka makaroni skotel..mau coba variasi lain..pakai daging asap..ala aku..ayo..di coba ya resepnya. Kalau nggak ada daging asap..bisa di ganti daging giling biasa..atau sosis..yang selalu ada di freezer kita pasti ya..jadi tetep praktis..nggak usah ribet dech..kalau mau masak enak..manfaatkan saja bahan2 yang sudah ada di dapur. Oh iya...kemaren aku masaknya langsung pakai pinggan keramik tahan panas..jika tidak ada teman2 bisa pakai loyang cake biasa atau loyang makaroni sekali pakai dari alumunium foil sekarang banyak tersedia di supermarket. Selamat mencoba..^^

Makaroni Skotel Daging Asap

Bahan:
2 sendok makan margarin
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sendok makan  tepung terigu
300 ml susu cair
100 gram makaroni pipa, rebus matang
6 lembar smoked beef, iris kotak kecil
50 gram keju cheddar parut
1 1/4 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
2 butir telur, kocok lepas

Bahan Taburan:
100 gram keju cheddar, parut panjang

Cara membuat:
  1. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal.
  2. Masukkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Masukkan makaroni dan smoked beef. Aduk rata. Angkat.
  3. Masukkan keju cheddar parut, garam / bumbu kaldu, gula, merica bubuk, dan telur kocok. Aduk rata.
  4. Tuang di pinggan tahan panas .
  5. Oven 20 menit dengan api bawah suhu 170 derajat Celcius sampai 3/4 matang .
  6. Tabur keju. Oven lagi  20 menit sampai matang.

23 comments :

  1. Oke Mak, I'm ur new big fan now.. selalu update trus bikin saya ngiler.. tp sedihnya saya ga bisa bikin, soalnya saya belum punya dapur.. cuma punya magic com saja.. ada resep yg bisa sy praktekin di magic com Mak? plz.. :)

    ReplyDelete
  2. Hihi..Makasih Mak Riski..oke..nanti tak ngutak atik resep pakai magic com dulu ya..Mak...^_^.....

    ReplyDelete
  3. Hhhmm ... mau coba bikin ini ah. Makasih sharenya :)

    ReplyDelete
  4. Wah..., jd lapar. hehe...
    Salam kenal mbak, ditunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok..ya salam kenal juga..mksh udah mampir..^_^

      Delete
  5. udeh lama banget pengen nyari resep makaroni skotel *nyari resep lho bukan masak, hohohoo*

    Mbak Diah kreasinya mantebsssss,,, aku tiap kali kunjungan pasti ngiler plus ngeces *jorok*...

    Semoga aku bisa secepatnya nyoba bikin sendiri didapur...
    Yeay....

    ReplyDelete
  6. Hihi..akhirnya bisa ngintip resepnya di sini ya Mba Novia...lha ayo..sgr bikin..ini versi yang paling simple aja kok Mba..ndak perlu ribet2 buatnya..yang penting enakkk..^_^

    ReplyDelete
  7. bikin ngiler nih..
    klo saya paling suka bikin pake sistem custard (bumbunya dtumis dulu trus campurin smuanya), alesannya krn males hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama enaknya kok Mak Nathalia..cuma manggangnya agak lama dikit ya kalau sistem custard..dan harus pakai air di bawah loyangnya biasanya ya..^_^

      Delete
  8. Halo mba diah,, mau nanya klo bahan makaroni gitu mba diah biasanya pake merk apa? Klo liat diblog lain banyak yg pke pasta.. Agak sulit cari nya dikotaku.. Makasih atas jawabannya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Enny..aku biasa beli di TBK t4 ku..udah re pack mba..kalau di supermarket itu kadang ya beli merk elbo..dll..bukan yang kemasan gede2 dari pabrik lho..biasa di kemas kecil2 di C4 dll..

      Delete
  9. Alhamdulillah q dah bikin yang ini..yuhuu

    ReplyDelete
  10. waww...,akhirnya kutemukan juga resep macaroni schotel ala mbk Diah nih. hmm...,patut dicoba ini. thx yo mbk...:)

    ReplyDelete
  11. Saya bikin nih...buat buka puasa. Terimakasih ilmunya mbak

    ReplyDelete
  12. untuk dagingnya merk apa mba? tq

    ReplyDelete
  13. Salam kenal mbq didi... resepnya enak2 dah praktek sayur tewel gori..sayur tempe lombok ijo...skrg mo coba makaroni lasagna klapertaart

    ReplyDelete
  14. Uenaaaaknyaaaa....

    ReplyDelete
  15. Ini resep bisa jadi berapa macroni bunda didi

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel