Thursday, May 2, 2013

Kremesan Lagi..Udang Goreng Kremes...^_^


Kremesan lagi..hihi..jangan bosan ya teman2..aku posting menu kremesan lagi..sekalian melengkapi menu aneka resep kremes yang udah ku share  kemaren2. Kebetulan ada stock udang segar di freezerku..jadi menu hari ini..udang goreng kremes saja ya. Nah kali ini aku kasih resep kremes paling mudah dan simple..buat teman2 yang ragu dan takut bikin kremesan adonan cair..this is the best...the best way..maksudnya..cara yang paling mudah..dan insyaallah anti gagal..jika teman2 ngikutin step by stepnya dengan baik ya. karena membuat kremesan itu sebenernya mudah saja kok..asal sabar dan telaten menggorengnya..jika memakai adonan yang cair..nah ..kalau adonan kremes yang ini..nggak bikin stress dech..adonannya kental sekali dan mudah sekali menggorengnya. Hasilnya juga oke..enak dan renyah.

Kremesan yang satu ini sangat unik cara buatnya..karena terbuat dari tepung tapioka semua dan adonannya nanti jadi kental sekali kayak bikin lem..hihi..tapi lem berbumbu..setelah itu adonan ini matang, lalu di haluskan pakai blender dan di tambah kuning telur. Nah..adonan kremes siap di gunakan..dan bisa di variasikan untuk membuat kremes apa aja..ayam..udang..lele..ikan lain..bahkan tahu tempe pun ok..jadi..nggak susah kok bikin kremes. Banyak cara dan resepnya..tinggal teman2 cobain aja satu2 ya..nanti kan bisa tahu..mana yang paling mudah dan yang di sukai tekture kremesannya. Kalau yang pakai sistem ini..hasil kremesannya renyah banget dan warnnya juga cantik..nggak gampang gosong..juga nggorengnya pun relatif cepat di banding metode kremesan yang cair. Nah yang pas seru adalah ketika menggoreng kremes pake cara ini..sangat unik..adonan kental yang kayak lem tadi..kalau di masukin ke minyak panas..akan menyebar dan pecah jadi kremesan..sama kayak kremes adonan cair gitu..seru dech..kayak main sulap..hihi.

Nah..sudah siap mencoba teman2..sedikit tips ya..adonan lem kremesnya di blender pada saat masih panas ya, jadi bisa lembut. Minyak untuk menggoreng kremes tehnik ini harus banyak ya..dan api sedang saja..tapi masukkan adonan ketika sudah benar2 panas. Ketika adonan sudah setengah kering..kumpulkan agar menyatu menyelimuti bahan yang di kremes. Simpan kremesan di wadah tertutup setelah matang dan dingin..supaya awet kriuknya. Nah..kalau mau di aplikasikan buat kremesan ayam goreng..pas merebus ayam..sisain airnya untuk membuat adonan kremes ini..jadi nanti rasa kremesnya tambah enak, rasa ayam..hihi..tapi kurangi atau hilangkan bumbu halusnya ya..nah ..kalau buat kremesan yang lain kayak udang..tahu tempe dll..ya pakai air biasa dan di kasih bumbu..seperti resep berikut ini..selamat mencoba teman2..semoga sukses..sekian dulu pelajaran kremesan ya ..nanti kalau aku nemu tehnik baru ku share lagi..hihi..

Udang Kremes

Bahan :
250 gram udang segar yang agak gede, belah punggung dan keluarkan kotorannya ya, lalu aduk dengan bumbu perendam ini :
merica bubuk 1/4 sendok teh
garam 1/4 sendok teh
sedikit air

Bahan Kremesan praktis :
100 gram tepung tapioka
300 ml air
3 siung bawang putih
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa ayam
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
1 buah kuning telur

Cara Membuat : 
Haluskan bawang putih, campur dengan air dan bumbu2 lain.Masukkan tepung tapioka. Lalu aduk dan masak sampai adonan kental sekali dan bening. Lalu blender sampai adonan halus pas masih panas2. Masukkan kuning telur , blender lagi sampai halus dan tercampur rata. Adonan kremes siap untuk di gunakan.

Tiriskan udang, lalu celup satu persatu di adonan kremes. Goreng sampai kremesan renyah dan kuning keemasan. Sajikan. Bila bahan kremesan sisa..bisa di buat krems tempe..tahu..sosis dll.


Bye..bye..jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar ya..
              jika ada kritik , saran, hal yang kurang jelas atau ingin yang ingin di tanyakan.Atau just  say..hai...
              silahkan..bebas kok..^^
  

             

14 comments :

  1. duh, kremesannya itu loooh...bikin ngiler aja deeehh...hehehe...

    ReplyDelete
  2. Hihi...makasih Mba Sinta..baru bisa bikin foto yang bikin drooling aja Mba..belum bisa sebagus dan seartistik Mba Sinta..^^..di Yogya enak ya Mba..ada t4 yang buat belajar fotography...^^

    ReplyDelete
  3. wah cocok banget nih,, lagi pengen kremes..

    ReplyDelete
  4. wah boleh di coba juga nich .... pasti hmmm enak ...
    Mbak ada resep sayuran ga ya ? minta share dunk yang sayurannya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. byk mba..di search aja di pojok kanan atas..:)

      Delete
  5. Mbak Diah, udangnya tdk perlu dikupas kulitnya? Anak2 suka protes kalau ada kulitnya. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba jk mau di kupas..lbh enak..:)

      Delete
  6. wah makasih ya resepnya mba..kebetulan saya mau buka RM dan pengen menyajikan menu kremesan..

    ReplyDelete
  7. Kalau untuk ayam kremes itu gimana ya mba biar ayamnya matang tapi kremesnya nggak gosong?

    ReplyDelete
  8. kalo pake tepung kentang bisa ga tuh mba??

    ReplyDelete