Friday, May 24, 2013

Pecel Tumpang…Sarapan Ndeso Yang Sedep & Nyamleng..^^



Alhamdulillah..bisa menikmati pagi yang cerah lagi ya teman2..bisa menikmati sarapan pagi lagi..sebelum beraktifitas..seperti pagi ku hari ini..terasa indah..walau cuma sarapan menu ndeso..Pecel Tumpang, di temani dengan telur ceplok dan kerupuk gendar. Rasanya kok ya..nikmat luar biasa..hihi..* lebay *....

Tadi ceritanya lagi bosan dengan menu nasi goreng buat sarapan..jadinya pagi2..udah minta tolong suami buat ambil bahan2 sambel tumpang di tukang sayur langganan yang biasa mangkal pagi2 di ujung jalan raya dekat rumah. Kebetulan memang kemaren udah nitip bahan2 buat sambel tumpang..rencana mau di masak siang nanti..tapi wis..buat sarapan aja. Suami dan anak udah sarapan nasi goreng..jadi buat aku sendiri aja..soalnya suami emang kurang suka menu ndeso gini..hihi. Ada yang suka sambel tumpang..atau malah belum pernah makan?

Mungkin buat teman2 yang di luar Jawa masih asing ya dengan sambel tumpang. Yapp..karena sambel tumpang ini adalah sambal rebus khas Jawa..yang terbuat dari tempe semangit..hemm..bahasa indonesianya semangit apa ya..? Begini kira2..tempe itu sudah kadaluwarsa sebenernya buat di goreng..tempe yang over fermentasi..aka setengah..bu***..hihi..di sensor ya tulisannya..biar nggak bikin ilfeel teman2..hihi…tapi justru paling enak di buat masakan lain..seperti sambel tumpang ini. Tenang..aman kok..tidak berbahaya..belum pernah denger..ada yang keracunan makan tempe semangit..dan aku sampai umur dah tua gini..dari kecil terbiasa makan sambal tumpang dari tempe semangit..ya tidak masalah..hihi..lha memang..kalau di Jawa..tempe semangit dengan aroma khas kalau masih mentah ini..kalau udah di masak aromanya jadi sedapp..! 

Selain buat sambal tumpang tempe semangit enak juga buat campuran oseng2 atau sayur lodeh. Buat teman2 yang tidak suka tempe semangit..bisa bikin sambel tumpang ini dengan tempe yang masih segar kok..enak juga..cuma aroma khas tempe semangitnya nggak ada. Atau jika ragu2..mau coba rasa asli sambel tumpang kayak gimana..bikin sendiri tempe yang rada2 semangit gitu..hihi..jadi masih otentik..tapi nggak nyengat bau semangit tempenya. Kayak yang ku buat sekarang ini..tempenya belum semangit banget sich..jadi warna sambelnya masih fresh seperti tempe segar..tapi ini udah ada aroma semangitnya. Tenang..nggak perlu repot bikin tempe dulu kok..cukup beli tempe yang udah jadi tuch..sepapan..terus diamkan aja di suhu ruang beberapa hari..biasanya dalam hari ke empat atau lima udah berubah jadi kecoklatan kan tempenya..nah..itu dia..sudah bisa di olah menjadi sambel tumpang ini. 

Di Jawa sendiri sambel tumpang ada bermacam2 cara makannya..kalau di Solo biasa buat lauk bubur nasi..yang warna putih..jadilah bubur tumpang..atau di buat lauk nasi biasa. Ada juga yang dibuat untuk bumbu siram sayuran seperti yang ku buat pagi ini..jadi dech pecel tumpang..rasanya..tentu saja enak..sedeeppp dan nyamleng..teman2..pedes..gurih..sedikit manis dan ada aroma khas tempe semangit itu yang tambah bikin lahap makannya..hihi..untung tadi pakai nasi merah makannya..jadi nggak kalap pengen nambah lagi..kayak kalau pakai nasi putih..soalnya..kalau nasi merah..dikit aja udah beras kenyang..hihi. Oh ya..sambel  tumpang ini juga sehat lho..karena semua bahan direbus saja masaknya..nggak perlu repot numis2..dan rasanya justru otentik ndeso..asli..enakkk..^^..asli Jowo tenan..hihi

Oke..penasaran dengan rasa pecel tumpang ini..ayo siapkan bahan2nya. Kalau nggak nemu tempe semangit di pasar..bikin dulu ya..sendiri. Selamat mencoba teman2..Have a good day..^^


Pecel Tumpang
Bahan : sayur rebus sesuai selera aja..aku tadi pakai komplet, bayam, kecipir, wortel, taoge , kacang panjang.
Bumbu sambel tumpang :
1 papan tempe semangit ( kira2 300 gram )
5 buah cabai  merah
5 buah cabai rawit
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kencur
1 sendok makan gula merah
Santan sedang 600 ml
1 sendok teh bumbu kaldu instan sapi
Garam secukupnya
1 lembar daun salam dan 2 cm lengkuas, memarkan.
Cara Membuat :
Rebus semua bahan sambel tumpang samapi empuk, kecuali santan dan gula, salam , dan lengkuas.
Haluskan bumbu rebus dan tempe , tapi tidak perlu sampai halus banget.
Masukkan kembali ke panci, tuangi santan dan bumbu2 lain. Masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut hampir kering. Sajikan sebagai siraman sayur rebus.
Paling enak di nikmati bersama keruuk gendar atau kerupuk puli..^^




12 comments :

  1. Baru bukaaaa....lola niiieh kompi...

    di Tangerang susah nyari kecipir

    Sepertinya enak, belum pernah makan Mba

    ReplyDelete
  2. Enakk Mak Astin....nggak usah akai kecipir ..sayur apa aja...cocok..^^..cobain dah..unik rasanya ..^^

    ReplyDelete
  3. ini sarapan yg ndeso tapi maknyus minta ampun hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..bener banget Mba Keke..suka sambel tumpang juga ya..toss dech..^^

      Delete
  4. Replies
    1. Hihi..Ayukk..makan dulu Mba Niken..dah siang nich,waktunya makan siang..^^

      Delete
  5. udah nyoba kemaren bikin sambel tumpang resepnya mbak Diah, semua pada suka dan ludesss, pertamanya si pada jaim-jaim gitu iihh masa tempe kaya gitu bisa enak di buat lauk, aku bilang cobain dulu baru ngomong hahahaha makasih yaa resepnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Sama2 ya Mba...iya Mba..emang kalau belum pernah makan..di kiranya nggak enak kali ya..tempe semangit..padahal..kalau sudah di buat sambel tumpang..jadinya enak banget..

      Delete
  6. Mba, itu tempe nya ikut direbus dulu juga ga mba? Terus kalo tempe biasa bukan semangit bakal enak jg g mba? Hhe..
    Makasih y mba,, ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rebus mba..hingga matang dan empuk.
      Enak juga sich..cuma kurang sedep dan khas aroma tempe semangitnya ya Mba..hihi

      Delete
  7. Ya ampun Mba Diah....maaf lahir batin yo. Iki pecel bikin kangen ajah. Saya pernah makan sambel tumpang tapi belum pernah bikin sendiri. Ada kecipir pula, enak mba....hehehe (Shiny)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Shiny..sama2..enak ini mba..buat makan bubur juga enak lho..:)

      Delete