Thursday, May 23, 2013

Lauk favorit Yodha..( Anak2 )..Sosis Krispi dan Bakso Bakar..^^



Pagi teman2..ada yang punya anak yang picky eater nggak..itu tuch..yang suka pilih2 makanan..wah Yodha banget tuch..susahnya makan makanan yang baru yang belum pernah dia makan. Tapi..jika udah mau coba dan tau rasanya enak..wah..bakalan minta terus dech. Tapi ..nggak separah dulu sich sifat picky eater nya si Yodha..paling parah pas TK dulu..cuma mau makan makanan yang bener2 dia suka..kalau sekarang sich udah lumayan ..mau mencoba menu2 baru. Sekarang nich dia lagi suka banget sama kulit ayam..baik di goreng krispi atau di bacem..terus suka juga sama sosis dan bakso bakar. Hemm..kalau sosis dan bakso..pasti semua anak2 juga suka ya. Memang sich..sosis..bakso..gurih dan enak ya..orang tua aja suka. apalagi kalau di buat sosis krispi atau bakso bakar kayak dua menu favorit Yodha ini..wah..lahap dech makannya. Eh..aku dan papinya juga suka lho..bakso bakarnya..hihi.

Cuma yang perlu kita pikirkan adalah memilih sosis dan bakso yang berkualitas ya..agar tetep aman buat di konsumsi anak2. Kalau beli kemasan di supermarket..kadang2 pake pengawet ya..dan juga kita harus perhatikan tanggal kadaluwarsanya..kalau itu buatan pabrik. Juga kadang2 aroma dan rasa bakso dari pabrik tuch suka rada aneh..kurang alami rasa daging gitu...nggak tau aroma gimana ya..yang jelas ada aroma pabrik gitu dech..hihi. Makanya aku lebih suka beli sosis dan bakso di bucther kecil2 an..toko daging langgananku. Tokonya kecil sich..nggak kayak supermarket gitu..tapi cukup komplet..karena toko daging ini..selain menjual daging2 segar..juga menjual berbagai olahan daging seperti sosis..bakso dll..tentu saja dengan bahan2 yang segar dan mutu terjamin..karena dagingnya motong sendiri..jadi bakso dan sosisnya selalu fresh...nggak tahan sampai berbulan2 kayak bakso kemasan gitu . Dah..rasanya..mantabb..alami daging gurihnya..kayak homemade gitu bakso dan sosisnya..bener2 gurih. Jadi..nggak was2 lagi dech sering2 kasih menu sosis dan bakso  ke Yodha..karena benar2 yakin produknya oke kalau beli di toko daging tersebut. Buat yang tinggal di Semarang..tau kan..toko daging Nandisari..enak2 dech olahan produk dagingnya..

Oke..kali ini aku mau kasih menu praktis olahan sosis dan bakso favorit Yodha..sosis krispi dan bakso bakar. Cara  masaknya praktis banget..nggak pake ribet...dan hasilnya yummy dech..kalau aku suka bakso bakar sich..enak di cemal cemil..gitu..hihi..*duch..kapan mau kurus yach..nyemilnya aja bakso bakar..*

Oke..ini dia resepnya...selamat mencoba ..^^

Sosis krispi

Bahan :
250 sosis sapi atau ayam
Putih telur 1 butir

Bahan lapisan : 
Tepung bumbu isntan atau tepung bumbu racikan sendiri ( tepung biasa yang ditambah bumbu kaldu, merica . bawang putih bubuk..dll )
( Tepung bumbu instan yang ku rekomendasikan buat  sosis krispi  ini : Tepung bumbu Sasa KFC..enak..nggak terlalu asin dan hasilnya renyah )

Cara Membuat :
Iris sosis serong setebal kira2 1 cm, celup ke putih telur, dan gulingkan ke tepung pelapis sambil di cubit2 supaya tepungnya menempel sempurna dan tebal. Goreng hingga renyah. Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat sesuai selera..^^


Bakso Bakar 

Bahan:
10 buah bakso sapi ukuran besar
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan margarin

Cara membuat :
Rebus bakso sebentar di air mendidih..biar steril dan empuk lagi kalau sudah masuk freezer..hihi
Lumuri bakso dengan merica bubuk, mergarin dan kecap manis..lalu bakar dengan pan anti lengket atau happy cal..dll panggangan yang praktis aja..nggak perlu repot2 pakai arang..hihi..sampai kecoklatan dan ada aroma2 bakaran dikit.

Sajikan hangat ..yummy..!




8 comments :

  1. Mb gmna caranya biar sosisnya krispi gtu , biasanya klo aq goreng eh tepungnya luntur dminyak pas goreng.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Mba..kayak yang ku tulis di resep..di celup putih telur dulu buat pengikatnya..pasti dech nempel dan nggak luntur di minyak..^^..met coba ya..

      Delete
  2. wah weekend kemarin aku nyoba resep ini lho mb diah,karena dikulkas pas ada persedian sosis.tapi aku pke tepung nya sasa original, karena aku cari yg tepung KFC nya gak. tapi hasilnya tetep crispy n yummy.apalagi makannya dicocol pake saos cabe...nyuuusss... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Iin..Sipp...di buat cemilan juga enak ya..anak2 juga suka baisanya..:)

      Delete
  3. mbk tepung kfc nya bisa d ganti tepung kremes nya ga?

    ReplyDelete
  4. Mba didi itu yg resep bakso bakar, merica margarin sm kecapnya d campur dulu sebelum d lumurin ke bakso ato gimana?

    ReplyDelete
  5. Mba didi itu yg resep bakso bakar, merica margarin sm kecapnya d campur dulu sebelum d lumurin ke bakso ato gimana?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete