Wednesday, May 8, 2013

Oseng Kikil Mercon..Pedasnya Cetar Membahana..^_^



 
Pedass..pedass..sapa yang mau oseng kikil pedas..? Pedasnya nggak cuma judes..tapi kayak mercon..hihi.
Sudah pernah makan oseng2 mercon teman ?..Itu lho..salah satu kuliner unik dari Yogya..yang terkenal dengan oseng2 daging tetelan super pedasss yang di sebut oseng2 mercon. Pedasnya..mantabb, karena perbandingan daging dan cabenya 1: 1..dagingnya sekilo..cabenya juga sekilo..keren kan..^^..bener2 bikin keringatan dan bibir tebal dech..kalau makan oseng2 mercon ala Yogya itu. Nah..aku kalau kangen sama2 oseng mercon..suka bikin sendiri dech di rumah..gampang kok..dan dapet resepnya dulu dari salah satu tabloid yang mengulas tetntang oseng2 mercon Yogya ini..jadi resepnya lumayan otentik dech..dan setelah ku coba..juga..ku modifikasi sedikit..sama enak..lebih enak malah..kalau masak sendiri..bisa di banyakin daging sesuai selera..cabe juga sesuai selera..nggak musti 1:1..kasian perut kan..hihi…tapi sesekali mencoba sensasi dasyat rasa aslinya oseng2 mercon di Yogya..oke juga lho teman2.

Nah…kali ini..aku bikin oseng2 mercon..tapi bukan pakai daging sandung lamur / tetelan..tapi pakai kikil. Pertama kikilnya di rebus dulu sama sedikit garam dan rempah..supaya nggak amis tuch..baru dech di tumis pedas..rasanya..mak yoss..pedasnya..cetar membahana badai dah..haha…*kumat lebaynya* Aku cuma pakai cabai 100 gram aja udah huh hah..pedasnya..karena pakai cabe rawit merah semua..nah..terserah teman2 ..kalau mau coba..level berapa pedasnya..mau level 10..cobalah..perbandingan cabe dan daging 1:1..hihi…berani ?..


Nah..teman2 suka yang pedas2..cobalah oseng2 mercon ini..kalau nggak suka kikil , bisa diganti daging tetelan sapi..atau koyor..atau daging aja juga boleh..yang nggak ada lemaknya..di rebus dulu sampai empuk ya..baru di tumis  pakai bumbu pedasnya. Jangan lupa siapkan minum yang banyak..ketika makan..dan kerupuk..karena kerupuk adalah salah satu cara ampuh untuk menangkal pedas di lidah..caranya..ya tinggal di makan aja..hihi..kan lemak / minyak di kerupuk melunturkan rasa pedas di lidah tuch..beneran lho ini..serius..bukan becanda..^^. Atau cara lain meghilangkan pedas di mulut….emut aja susu bubuk..teorinya juga sama..lemak susu..melunturkan capcaisin..di lidah..itu lho..kandungan zat yang menyebabkan rasa pedas pada cabai. Jadi..gampang kan..tetap menikmati pedas tanpa rasa terbakar di mulut..^^.
Salam pedass teman2..^^


Oseng Oseng Mercon

Bahan:
250 gram kikil ( atau bisa pakai tetelan daging sapi/daging yang  berlemak )
2 lbr daun salam,satu ruas jari laos, geprek
Sedikit garam

Bumbu :
100 - 150 gr cabai rawit merah ( Kalau oseng2 mercon di warung di Yogya sebenarnya perbandingan cabai dan daging jumlahnya sama..berani?? )
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm jahe, geprek
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi bubuk / garam secukupnya

Cara Membuat :
Rebus kikil / daging dengan salam dan laos dan sedikit garam hingga empuk. Tiriskan. Iris kecil-kecil. Sisihkan.
Goreng cabai merah ,bawang putih,bawang merah utuh sampai matang.
Haluskan / tumbuk kasar aja..
Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan jahe geprek , aduk.
Masukkan tetelan  daging sapi, bumbu kaldu / garam dan gula merah, tambahkan 100 ml air / secukupnya , masak hingga bumbu meresap dan kering..jika suka sdkt kuah ..masaknya jgn terlalu kering..








24 comments :

  1. Haduh mak,, sayang disini susah dapet kikil hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai daging juga enak kok Mak Hana..^_^..sama di rebus dulu biar empuk..baru di oseng pakai bumbu pedas..selmata mencoba ya Mak..

      Delete
  2. Aih, bikin kemlecer nih oseng-osengnya. Saya juga suka pedas, boleh nih resepnya saya coba. terimaaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met coba Mba Ety..semoga sesuai selera ya..kalau nggak suka kikil..bisa di ganti daging tetelan..babat..dll..enak juga..^_^

      Delete
  3. Replies
    1. Hihi..*sodorin tissue*..ayo bikin Mak Riski..^_^

      Delete
  4. Mba..thanks bgt resepnya..suami mesti sambil nangis2 makannya tetep nambah 2x xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipppp Mba Nina...syukurlah jika sesuai selera..dan suami suka...wah..seru sekali ya..sampai nangis2 makannya suaminya..hihihi..abis makan suruh makan kerupuk saja Mba..nanti ilang pedesnya kok..^^

      Delete
  5. Mba diah, kira-kira ngrebus kikilnya berapa menit? Terus pake api sedang/kecil? Aku belum pernah masak kikil mba sebelumnya, hehe :))
    -amel-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kikilnya Mba Amel...kalau beli kikil di pasar yang masih segar itu ya lama..bisa 1 jam an ya..di tes tusuk pakai garpu aja..udah empuk belum, kalau udah ya udah di angkat. tapi kalau kikil yang sudah di bakar ( warnanya agak kuning ) itu biasaya udah empuk..jadi di rebus sebentar aja nggak pa2..kira2 1/2 jam an ndak pa2..^^

      Delete
  6. Aduh mbae,jadi ngiler,sayang kalo bikin ini suamiku ndak ikut makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt ya Mba..:)...sayang ya..Kalau nggak suka kikil bisa di ganti daging kok Mba..:)

      Delete
  7. ahai .. kebetulan neh dpat daging kurban .. dic0ba ah .. thank mbak diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Prista..pakai daging juga enak kok..:)..met coba ya..:D

      Delete
  8. makasih atas resepnya. membuat saya makan 2 piring. hehe. http://dapurmasak.com/resep/5820-resep-oseng-kikil-mercon-1#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Yupi...wah..sipp..sampai 2 piring ya,,.hihi

      Delete
  9. ngiler nih mba,aq mo coba ah kebetulan punya kikil d klkas tapi walau doyan pedes g berani nyoba 1:1,makasih y mba resep2nya mudah dan bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2 met coba..cabai sesuai selera aja ya..:)

      Delete
  10. asli ni makanan yg gk blh ketinggalan kl plg kampung ,biasa bl di daerah kota baru ygkrta.makanan favorit,makasih ya mba ,dah bagi2 resepnya wajib dicoba nich he.....he

    ReplyDelete
  11. Thnks resepnya mbk...suamiku suka..krna tkt kepedesan cabe rawit merahnya aq utuhin...yg dihaluskan cabe keriting..tpi tetep enk kok...dicepluss rawitnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..wah kreatif..iya ya..jk yg suka pedes tetep bs nyeplus rawit..hihi

      Delete
  12. Apa sih beda kikil sama koyor neng? Tolong dijelasin. Menurut penjual koyor bisa jadi dari kaki sapi, bisa jadi urat kemaluan sapi.

    ReplyDelete
  13. Makasi ya mba resepnya...
    Siang ini berhasil masak kikil mercon enak resep mba diah didi 😊

    ReplyDelete
  14. Makasi ya mba resepnya...
    Siang ini berhasil masak kikil mercon enak resep mba diah didi 😊

    ReplyDelete