Tuesday, May 14, 2013

Tumis Putren & Daging Saus Lada Hitam..Yummy


Siang teman2..sudah makan siang..udah pastinya ya..menu hari ini yang simple simple aja ya..tumis / oseng putren dan daging saus lada hitam. Biarpun simple..tapi dijamin yummy. Cocok buat teman2 yang sibuk ..yang bekerja di luar...dan pulang ke rumah..masih harus nyiapin menu makan malam buat keluarga..masak tumis ini..nggak butuh waktu lama dan nggak ribet...^_^ . Masaknya sambil tersenyum ya teman2..dengan penuh cinta..walaupun capek pulang kerja..harus semangat..masak buat keluarga tercinta..pasti keluarga akan sangat menghargainya..karena masakan paling enak..adalah masakan Bunda yang di buat dengan penuh cinta..* lebay ya..hihi..tapi..beneran kok *....

Pilih putren yang masih muda dan segar ya..agak citarasanya manis..kres2 dan segar..dagingnya..kalau bisa pakai daging yang khusus tumis tuch..yang bentuknya tipis2 banget ..bisa di beli di supermarket. Aku sebenernya jarang beli daging di supermarket..biasanya beli langsung di Bucther deket rumah..karena lebih fresh dagingnya..dan untuk tumis biasa pakai daging giling yang lebih cepat empuk. Tapi tadi malam pas ke supermarket..tergoda juga liat daging iris tipis2 yang di pajang di rak pendingin..keliatannya masih merah ..fresh gitu baru datang..langsung comot dech..dan tadi tak coba buat tumisan..walah..ternyata enak banget..dagingnya empuk jadinya..nggak alot..karena memang sudah di iris tipis2 ..duch kemana aja Mak..selama ini ya..hihi..sampai kadang ku bela2 in rebus daging atau tetelan dulu kalau mau buat campuran oseng buncis..dll..ternyata ada yang lebih praktis dan empuk..walaupun langsung di tumis. Ilmu baru teman2..buatku..^_^..jadi next time bakalan sering beli daging segar slice gini buat tumisan.

Oh ya..oseng ku kali ini..spesial..resep..biasa..ngarang sendiri..aku dan suamiku suka daging lada hitam...jadi..emang niat mau bikin itu. Cuma karena beli dagingnya cuma 1 pack..kurang dech kalau buat tumis daging aja..akhirnya ku kasih putren aja..coba2..ternyata..enakkk..putren di sausin lada hitam..plus daging..rasanya sipp..pass banget. Kalau yang nggak suka pedas..cabai bisa di ganti paprika aja..pasti juga lebih cantik penampilannya.

Ok...cobain ya teman2..jika butuh menu cepat..dan simple..ini dia resepnya , hati2 pas masukin garam ya..karena saus tiram kan udah sedikit asin..jadi garamnya dikit aja dulu..cicipin..kalau kurang baru tambah lagi...biar nggak keasinan..^_^...

Oseng putren & Daging Saus Lada Hitam

Bahan :
1 pack daging slice khusus buat tumisan ( ada di supermarket )
200 gram putren, potong serong
5 buah cabai merah, iris serong
5 buah cabai hijau, iris serong
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih,  iris tipis
Saus tiram 1 sachet kecil
Kecap manis 1/2 sendok makan
Garam secukupnya
Merica hitam butiran 1/2 sendok makan, ulek kasar
Air 400 ml

Cara membuat :
Tumis bawang merah, bawang putih sampai harum
Masukkan cabe iris, tumis sebentar.
Masukkan daging iris, tumis sampai daging berubah warna, lalu aduk rata dan tuangi air.
Masukkan semua bumbu2 lain. Cicipin rasanya. masak sampai matang dan kuah menyusut.
Sajikan hangat.



6 comments :

  1. aih daku paling suka ini, apalagi kalo pake cabe banyak2 sedepppp

    ReplyDelete
  2. Betulll Mba Lina Ss..aku juga suka pedess..cuma tadi lagi nggak punya cabe rawit merah..jadi nggak pake..^_^...mksh ya udah mampir..

    ReplyDelete
  3. saya dan keluarga kan, kurang suka sama putren. Gantinya putren kira2 apa ya? keknya enak, apalagi suami saya suka banget sama daging sapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa aja enak Mba Santi..kalau tumis tuch fleksibel kok...bisa di ganti buncis..tahu juga enak..sayur..pok coy itu juga enak di masak daging sapi lada hitam gini...

      Delete
  4. Mbak Diah, kalo bikin masakan ini, biasanya saya pakai brokoli. Lain kali saya akan coba putren krn saya suka. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  5. Kalau pakai lada putih bisa ngk ya?

    ReplyDelete