Monday, May 6, 2013

Jangan Brongkos Pepaya Muda & Sate Usus..Menuku Hari Ini..^^



Hallo..sudah makan teman2..?..Kalau belum..mampir ke dapur ku ya..ada menu brongkos dan sate usus nich..enak lho..^^



*Jangan brongkos*..atau sayur brongkos..adalah salah satu masakan khas Yogya..favorit suami..yach..tentu saja sejak menikah denganku..hehe..dan sering ku masakin ini..soalnya..kalau di Semarang jarang ada menu brongkos gini ya. Kalau di Yogya..menu brongkos ini adalah menu yang sering di masak ibuku di rumah. Isiannya bisa macam2..ada brongkos daging aja..brongkos sayuran komplit seperti ini..juga tak kalah enak..sayurannya bisa labu siam..atau pepaya muda..dan yang wajib ada itu tuch..si imut2 kacang tholo..juga *tahu plempung* ( tahu goreng yang warna kuning kopong / tahu pong ) itu yang bikin brongkos enak dan asyik untuk di makan..soalnya bumbu2 nya akan menyerap ke dalam kacang tholo dan tahu plempung ini..dan rasanya jadi enak sekali..apalagi kalau udah nginap semalaman..dan paginya di panaskan lagi..wah tambah enak dech..tambah *mlekoh*..kalau istilahnya orang Jawa..sayurnya jadi lebih kental dan bumbu2 meresap sempurna ke dalam semua bahannya..yummy..!

Buat teman2 yang mau nyicip brongkos..bisa juga kok beli..ada banyak yang jual brongkos di Yogya..salah satu sentra warungnya adalah di Jl. Magelang Yogya..banyak tuch warung2 brongkos *Ijo*..pokoknya ngakunya semua yang asli dan pertama..hihi..dan jadi pioner brongkos di daerah tersebut..tapi nggak tau juga yang mana yang asli..aku pernah juga sich coba salah satu warung brongkos di sana..cuma menurutku lebih enak bikin sendiri..^^..kata suami ku juga begitu lho..hehehe..katanya enakan brongkos yang ku buat..hehehe..geer dah,…^^

Bumbu utama sayur brongkos ini adalah kluwak..itu tuch..yang di pake buat rawon..kluwak inilah yang membuat rasa brongkos jadi khas dan enak..serta cantik warna sayurnya. Brongkos ini tidak pedas..jadi paling enak di kasih ranjau cabe rawit merah di dalamnya..di cemplungi utuh2 gitu..kalau pas makan..baru dech si cabe ini di *ceplus* atau di haluskan di piring atau langsung aja di suap bareng sayur..kalau berani pedas..hihi..aku suka gitu..jadi satu suapan..1 cabe..huh..hah..tambah enak…Tapi kalau suamiku yang cabenya di pinggirin di tepi piring..hihi. Menu ini juga cocok buat anak2..karena enggak  pedas..Yodha juga suka  banget brongkos gini..kadang ku kasih telur utuh rebus atau telur puyuh buat Yodha..tadi kelupaan.
Nah..mau cobain brongkos khas Yogya..ayukk..masak sendiri di rumahya..selamat mencoba. Ini aku kasih resep brongkos ala ibuku ya..

Brongkos Pepaya  Muda

Bahan :
100 gram daging tetelan / sandung lamur
200 gram kacang tholo
100 gram tahu goreng / tahu plempung
200 gram pepaya muda , potong kotak

Bumbu2 :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 buah kluwak
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 ruas jari kencur
4 butir kemiri
1 sendok makan gula merah
2 buah cabe merah
Cabai rawit merah utuh secukupnya 
1/2 sendok teh terasi
Santan cair 1000 ml
santan kental 200 ml
Garam,bumbu kaldu bubuk rasa sapi secukupnya
2 ruas jari lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk

Cara Membuat :
Haluskan bumbu bumbu , kecuali lengkuas , serai dan daun jeruk. Tumis hingga harum, lalu masukkan daging, kacang tholo dan santan cair, masukkan bumbu2 dan pelengkap lain, lalu ungkep hingga daging dan kacang tholo empuk, pepaya muda  bisa di masukkan setelah daging dan kacang tholo setengah matang supaya tidak terlalu empuk . Cicipi rasanya, jika sudah pas masukkan santan kental. Aduk dan masak lagi sebentar.



Sate Usus

Nah..kalau ini lauknya brongkos tadi nich..sate usus. Aku suka banget bikin sate usus..karena aku suka..suami juga suka..Usus nich..bahan murah meriah..tapi kalau kita bisa mengolahnya..bisa jadi menu yang enak kok..kali ini..aku buat sate usus bumbu kuning..kalau kreasi menu usus ku yang lain..ada sate usus ala angkringan..liat di sini resepnya ya..atau sate usus pedas..ada di sini. Bedanya..di citarasanya aja kok..kalau sate usus ala angkringan cenderung manis gurih rasanya..kalau yang ini..ku buat bumbu kuning yang gurih..itu lho..seperti sate usus yang sering kita makan sebagai pelengkap bubur ayam. Nah..suamiku seneng banget sate usus di masak gitu. Ususnya di bumbu kuning dan di ungkep sampai air habis..bisa langsung di sajikan, yaitu versi yang basah..atau   di goreng sebentar jadi tambah gurih rasanya. Itu di foto ada dua versi ya..yang kiri masih basah setelah di ungkep..yang kanan udah di goreng..hemm..sama2 enak sich..ajdi silahkan pilih sesuai selera aja. Resepnya ini..masih mirip2 sich..sama sate usus manis..cuma ini pakai kunyit.

Sate Usus Bumbu Kuning Ala aku

Bahan :
500 gram usus ayam, cuci bersih dengan air dan sedikit jeruk nipis, lalu blansir dengan cara di rebus sebentar di air mendidih,lalu tiriskan ( biar nggak bau..hihi )
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri,sangrai
2 ruas jari kunyit
½ sendok the ketumbar
Gula merah 1/2  sendok makan ,garam dan bumbu kaldu rasa ayam secukupnya
Daun jeruk 2 lembar
Sereh  1 , geprek
Air  kelapa 500 – 800 ml

Cara Membuat :
Haluskan bumbu2 kec daun jeruk dan sereh. Campur dengan usus dan air kelapa. Ungkep dengan api kecil sampai usus empuk dan air habis. Tusuk2 dgn tusukan sate. Bisa langsung di sajikan atau di goreng sebentar. Sajikan.

Selamat makan siang teman2..Have a nice day..^^


13 comments :

  1. Mak, ijincontek resepnya ya, pengin nyobain masak brongkos nih. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Ety...silahkan..kalau nggak suka pepaya muda, bisa di ganti labu siam..^^

      Delete
  2. Wiih fotonya keren2 banget..kalo boleh tau pake kamera LDSR ya?? Suka resep n fotonya bikin lapeer mata, salam kenal mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Christanty..salm kenal juga mak..iya..pake DSLR..cuma masih pemula nich ^_^..makasih ya udah mampir..sini..^^

      Delete
  3. Kayaknya aq dah pernah deh ke sini hehe tapi belum ninggalin jejak apa ya

    Dari semarang juga kah Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak..Estii..aku tggl di Semarang ikut..suami..cuma..asal dari Yogya..makasih udah mapir ya..^^

      Delete
  4. seneng banget nyawang brongkos ini.... menu mingguan ibuku di jogja... #ratna w

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ini Mba Ratna ya..mksh udah mampir sini..berarti emang mirip bgt ya selera Ibu Mba..sama aku..^_^

      Delete
  5. lagi nyari resep brongkos buat misua yang kbtl wong yogya...cb lht lamannya mba diah...taraaa....alhamdulillah,ada...hehehe...ijin copy resepnya ya mba....#wiwiek#

    ReplyDelete
  6. mba diah aku udah coba....wah,muantab deh...cucok dah dgn lidah padangku..krn pake santan dan pedasss...sepuluh jempol buat mba diah...hehehe..makasih mbak....#wiwiek#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipppp Mba Wiwiek..syukurlah jika sesuai selera ya..:)

      Delete