Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review
  • Contact Me

Monday, May 13, 2013

Pindang Kudus


Alhamdulillah..akhirnya masak juga.tadi..walau sore hari..mepet waktu makan malam ..cuma masak kilat  Pindang Kudus..sama ngerebus telur aja..praktis..udah lumayan jadi menu makan malam kami tadi . Untungnya kemaren udah sempat merebus daging..jadi masaknya bisa cepat..tinggal numis bumbu dan tambahin santan dll..mateng dech. Kasian juga tadi siang Yodha sebenernya libur..karena habis pentas tadi malem..jadi sekolah di liburkan. Eh pas di rumah malah nggak ku masakin..tadi kita malah delivery aja,.bakso Malang ke rumah..^_^..tapi Yodha malah suka..makan bakso..hihi..memang dasar anak2 ya..sukanya bakso , dll yang kurang sayur. Akhirnya sore tadi masak yang nggak pedas dan Yodha suka dech..Pindang Kudus ini.

Pindang Kudus adalah sejenis masakan berkuah yang bumbu utamanya kluwak..rasanya mirip2 brongkos atau rawon sich..cuma Pindang Kudus ini cenderung lebih gurih manis rasanya. Bahan utamanya cuma daging sapi bagian tetelan atau daging  plus daun melinjo / daun so. Rasanya enak..gurih..sedikit manis dan segar. Kalau aku yang pecinta pedas sich pasti ku tambahin cabe rawit  yang di ulek ..kalau Yodha malah suka di tambahin kecap lagi..^_^.

Kalau aslinya  di Kudus..Pindang pakai daging Kerbau..karena menurut sejarahnya dulu ..di jaman Wali..orang Kudus tidak boleh makan daging sapi..jadinya olahan daging semua di ganti sama kerbau..seperti pindang ini..juga ada sate kerbau yang terkenal di Kudus..dan berlaku sampai sekarang..banyak kuliner enak2 dari Kudus yang berbahan dasar daging kerbau..

Ok..jika mau mencoba masakan khas Kudus ini..silahkan teman2.ini dia resepnya

Pindang Kudus 
Bahan :
500 gram daging sapi / tetelan
Kelapa 1/2 butir ambil santannya sekitar 500 ml
Keluak 4 butir
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 3 siung
Ketumbar 1/2 sendok teh, sangrai
Merica butiran 1/4 sendok teh
Terasi 1/2 sendok teh
Kencur 1 ruas jari
Daun Melinjo 50 gram
Lengkuas 2 ruas jari
Daun Salam 1 lembar
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
Kecap manis sedikit jika suka
Bawang goreng untuk taburan

Cara Membuat :
Rebus daging tetelan dengan 1500 ml air sampai empuk, iris kecil2, sisa kaldunya sisihkan untuk kuah pindangnya.
Haluskan bumbu2 kecuali daun salam dan lengkuas.
Tumis Bumbu halus hingga harum, masukkan daging yang sudah di iris2, daun salam dan lengkuas.Aduk rata. Masukkkan ke dalam sisa air kaldu. Didihkan.
Tambahkan santan, dan bumbu lain , serta daun melinjo, aduk dan masak hingga bumbu meresap.
Sajikan dengan telur pindang..telur asin jika suka.



4 comments:

  1. enak nih tampaknya.. boleh lah nanti pas weekend saya coba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Armita..selamat mencoba..cocok juga buat menu anak2 kok..karena nggak pedes..:)

      Delete
  2. Enaakk.. mau mak.. dulu pernah ke Kudus nyobain soto Kudus yang daging kerbau, enak ternyata walau seratnya agak besar, tapi enak.. hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Riski..kalau ke Kudus emang banyak kuliner daging kerbau..betul..seratnya lebih besar dari daging sapi..udah pernah cobain sate kerbaunya belum..enak juga..udah di cincang dagingnya jadi halus..:)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...