Wednesday, May 1, 2013

Menu Ala Bento




Menu ala Bento adalah menu ala2 restoran Jepang tuch..Hok Ben..anak2 pasti suka ya..karena banyak menu gurih yang di goreng2. Dulu jaman masih kerja dan belum nikah..sering banget makan di Hok Ben..sama teman2..lha biasalah..masih muda..*sekarang udah tua ya..hihi..*..sukanya makan yang fast food gitu dech sama teman2..seru aja. Sekarang udah married malah bosan menu2 fast food gitu..apalagi udah bisa bikin sendiri..jadi jarang dech makan2 fast food gitu. Terakhir makan di Hok Ben sebulan lalu..itupun karena Yodha suka terprovokasi sama iklan di TV yang makan di Hok Ben..terus dapat hadiah mainan Moodi Foodi tuch..jadi ya udah..kita makan di sana dech. Ternyata memang beda ya..kalau dulu pas  masih muda..berasa makan di Hok Ben gitu..enak banget..sekarang ya biasa aja..soalnya ya..itu..udah bisa buat sendiri..dan sering masak gitu sebenernya di rumah..buat Yodha...hihi..tapi dasar anak2..ya semangat aja makan di situ..apalagi dapat hadiah..^^. Sama dech...kalau ke KFC..dll..yang di minati anak2 ya hadiahnya itu ya..soalnya kan nggak di jual bebas...ya nggak pa2 dech..yang penting anak seneng..^^

 

Sebenernya bikin menu2 bento gitu gampang banget lho teman2...simple bumbunya..dan cara masaknya juga. Jadi..kalau anak2 suka..lebih baik ya di masakin sendiri..selain lebih murah..juga bisa lebih enak lho..bumbu sesuai selera. Menu Hok Ben yang di sukai anak2 biasanya yang di goreng2 ya. Nah..kali ini aku mau kasih resep menu2 ala bento yang di goreng ya...semoga bisa jadi alternatif lauk buat anak2 atau buat menu bekal sekolahnya..pasti mereka suka. Aku kasih menu saladnya jugaya..cuma ndak ada fotonya..soalnya aku nggak suka salad ala2 bento gitu..yang pakai mayones..daku bukan penggemar mayones..hihi. Lagian saladnya kan terbuat dari  kol dan wortel tuch kebanyakan..nah menurutku..kol dan wortel..lebih enak di buat orak arik telur saja..daripada di buat salad yang pakai mayones..hihi..*lidah ndeso..*

Ada juga sich menu2 Bento yang masakan seperti daging teriyaki..dll..nanti di edisi bento berikutnya ku kasih ya..karena dokumentasi foto2 yang ku buat kebanyakan yang goreng2 nich. Ok..udah siap nyatet resepnya..ini dia ya..3 menu bento yang biasanya di sukai anak2..Ebi Furai / Ebi Katsu, Chicken Katsu dan Rollade Ayam Udang. Selamat mencoba ya teman2..Oh ya..yang Rollade ayam udang resepnya sama dengan rollade yang belum lama ku posting..cuma pembungkusnya nggak pakai telur dadar..tapi pakai kulit kembang tahu..tapi jika tidak ada ya..pakai telur dadar juga bisa..sama enaknya kok..^^...resepnya di sini ya yang Rollade .....

Ebi Katsu / Ebi Furai

Bahan-bahan :
150 gram udang, disisakan ekornya, belah bagian punggung dan keluarkan kotorannya.
1/4 sendok teh merica bubuk
minyak untuk menggoreng

Bahan Pencelup (aduk Rata):
50 gram tepung terigu protein sedang
100 ml air es
1/4 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
Bahan Pelapis :
50 gram tepung panir kasar untuk pelapis
Cara Pengolahan :
  1. Lumuri udang dengan kecap ikan, merica bubuk, dan air jeruk lemon.
  2. Celup ke bahan pencelup. Gulingkan di tepung panir kasar.
  3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.
  4. Sajikan dengan pelengkap.
Chicken Katsu
Bahan:
1 buah dada ayam fillet
1/2 sendok teh garam /bumbu kaldu bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
4 1/2 sendok makan tepung bumbu siap pakai
1 butir telur, dikocok lepas
100 gram tepung panir kasar
minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
  1. Belah dada ayam dan potong 4 bagian tipis2. Memarkan sedikit.
  2. Lumuri ayam dengan garam, dan merica bubuk. Diamkan 15 menit. Gulingkan di tepung bumbu siap pakai.
  3. Celup ke dalam telur kocok. Gulingkan di tepung panir.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
Salad 

Bahan :
100 gram wortel, di iris halus
4 buah kol,di buang tengahnya, di iris halus
4 sendok makan mayones
1 1/2 sendok teh saus tomat
1 sendok teh susu kental manis
1/8 sendok teh air jeruk lemon

Cara Membuat :

Aduk rata mayones , saus tomat, dan bahan2 lain. Sajikan sebagai pelengkap menu bento.

No comments :

Post a Comment