Wednesday, May 22, 2013

Pia Isi Coklat..Kali Ini Versi Pia Renyah..^^


Pia lagi..hihi..iya teman2..aku suka aneka ragam pia..mau pia basah.. bakpia ala Pathuk..bakpia telo, pia mrupul dan renyah..dll. Segala  macam resep pia udah ku coba, dan semuanya suka. Ini adalah proyek iseng tadi malam..sambil nunggu suami yang lembur dan pulang malam karena ada Raker kantornya di Bandungan..itu tuch daerah pegunungan yang berhawa sejuk di Semarang..jika teman2nya memilih menginap di Villa Boss di sana..suami ku lebih memilih pulang..dan kembali lagi ke sana pagi tadi..karena Rakernya 3 hari...*suami yang baik..*..hihi. Jadi setelah Yodha tidur, daripada aku tidur dan ntar terbangun lagi mbukain pintu..biasanya aku susah tidur lagi..ya udah..iseng aja buat pia ini..kebetulan lagi ada semua bahan2nya. Sebenarnya pengen bikin bakpia sich tadi malam..tapi kan udah sering bikin..jadi tidak ada tantangan baru lagi dalam prosesnya..jadi ku putuskan berubah haluan bikin pia renyah aja..yang versi nge prul kulitnya dan beremah..jadi bisa lebih awet juga..di simpan di toples. Kalau bakpia ala pathuk atau bakpia basah kan kurang awet. Sebenarnya udah sering juga bikin pia renyah gini..tapi selalu isi kumbu kacang hijau..jadi kali ini aku bikin isi coklat aja..biar beda dan dapat ilmu baru kan..jadi tau gimana rasanya.dan tarraaa...jadilah pia renyah isi coklat..rasanya ternyata..enakk..jadi sukses dech uji cobanya.

Bikin adonan kulit bakpia atau pia gini keliatannya ribet ya teman2..perlu dua kali kerja..apalagi yang bakpia ala pathuk tuch perlu di rendam2 segala di minyak..kalau yang pia renyah ini tidak perlu..karena memang nanti hasil akhirnya renyah. Tetapi sebenarnya kalau sudah di kerjakan ya mudah saja kok..cuma perlu telaten..asalkan di nikmati..bikin apapun terasa menyenangkan..ya nggak ?..Cooking... baking is fun..!

Oke..kalau teman2 suka pia renyah..silahkan di coba ya  resep berikut, jika tidak suka yang renyah..tapi suka pia isi coklat..ya pakai aja resep kulitnya ala bakpia pathuk atau bakpia basah..tinggal pilih sesuai selera, tetapi isiannya pake resep ini. Jadi..mudah kan..menyajikan aneka pia hangat dan fresh dari oven di rumah kita..nggak perlu beli lagi. Keluarga pasti suka..^^


Resep Pia Renyah Isi Coklat

Bahan Kulit 1:
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Minyak goreng 125 ml
Air 75 ml
Gula halus 50 gram
Garam 1/2 sendok teh

Bahan kulit 2 :
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Minyak goreng 50 ml

Bahan isi coklat :
Aduk rata semua bahan2 ini :
100 gram tepung terigu protein sedang, disangrai 5 menit, ditimbang 90 gram, dinginkan
30 gram cokelat bubuk
25 gram susu bubuk
1 sendok makan air es
125 gram gula tepung
50 gram margarin
Hasil adonan bahan isi coklat nantinya  lembab dan basah seperti foto berikut :


Cara Membuat :
Adonan 1, campur semua bahan kulit 1 hingga rata, uleni hingga rata, sisihkan ( adonan jadinya kalis dan lembab )
Adonan 2, campur semua bahan hingga rata, sisihkan ( adonan jadinya agak mawur, tapi lembab juga )
Bagi adonan 1 & 2 jadi 20 bagian.
Pipihkan adonan 1, beri adonan 2 di atasnya, bentuk amplop, lalu gilas , bentuk amplop lagi dan gilas lagi, lakukan hingga 3 kali ..^^..keliatannya ribet ya..tapi kalau sudah di lakukan..tidak kok..^^
Pipihkan adonan kulit pia, isi dengan bahan isi, lalu bentuk bulat pipih.
Oven 15 - 20 menit di suhu 180 C, sampai matang, bolak balik jika perlu.
Simpan pia dalam toples ketika sudah dingin.Pia ini renyah dan kering..jadi lebih awet dari pia model bakpia pathuk yang lembut kulitnya, tapi kulitnya mrupul dan beremah..jadi..jika suka kulit pia yang lembut dan empuk..pakai saja resep kulit bakpia Pathuk ini.
Selamat Mencoba..!


89 comments :

  1. Mba nguleninya perlu lama atau asal rata aja? jadi pengen ... keliatan enak bgt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai rata saja Mba Anna..nanti kan melewati proses gilas lipat sampai 3 kali..nanti adonannya jadi halus sendiri dan berlapis2..kulit pianya..:)..tapi ini versi yang pia renyah kayak pia Semarang ya Mba..klu yang mau lembut kulitnya kayak bakpia Yogya..di rendam dulu adonan kulitnya di minyak..resepnya di link di atas ada klu yang bakpia pathuk..met coba ya Mba..^^

      Delete
    2. Hi Mba...
      Mba Diah katanya asli jogja ya? klo gitu tau bakpia mino g? yang didaerah minomartani. Ada bakpia juga tp lebih kering dr bakpia pathuk. Nah...resep ini sama kayak bakpia mino g ya?
      Aku suka bakpia mino tp kalo mo titip temen yg ke jogja pd g ngerti, taunya ya bakpia pathuk itu. Rencana pengen nyobain resep ini kalo rasanya sama kayak bakpia mino :)

      Delete
    3. Ya Mba..asli Yogya..tapi lama tggl di Semarang..jadi trend2 makanan di Yogya skrg ya nggak terlalu ngikutin..setauku pia mino itu malah asli Banyumas sich ya Mba..isinya mirip..kalau resep di atas..tapi kulitnya beda..:)

      Delete
  2. mbak diah, kalau buat adonan pia ada kemungkinan gagal ga? seperti adonan bolu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak Mba Novia..aku bikin beberapa kali kok nggak pernah gagal..^^..cuma harus telaten melipat dan menggilas ya..biar adonan halus dan berlapis2..kulit pianya..:)

      Delete
  3. Waduhhh udah lama pengen bikin pia sendiri. Bolak balik lupa melulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketimbun resep lain yang antri musti di praktekin ya Mba Evia..hihi

      Delete
  4. Pia itu kulitnya seperti bikin adonan pastry ya... saya suka makan pia, kata suami seperti makan kacang tanpa mikir tau-tau abis 30 aja...tapi syaratnya harus kumbu kacang hijo...yang lain nggak bisa masuk rasanya. Maklum saya selera jadul eh, klasik

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Sari Jeruk..iya..paling enak emang pakai isian kumbu kacang hijau ya Mba..yang klasik..tapi kalau Sy suka semua..hihi..*dasar tukang ngemil ya..*..adonannya lebih simple dari adonan pastry kok Mba..nggak perlu pakai mentega atau shortening..cuma pakai minyak goreng sajah..irit..hihi..

      Delete
  5. maaaak makan waktu berapa jam yahhh???

    ReplyDelete
  6. Hihi...paling2 cuma 2 jam Mak fitri..eh..nggak nyampe ding..asal di nikmati..baking itu..gak kerasa kok Mba..tau2 udah mateng aja tuch pia..hangat tersaji..fresh from the oven..^^

    ReplyDelete
  7. mba keren bakpianya, tapi aku bikin kalo digilas sampe 3xpecah-pecah kulitnya knp ya mba ? terus manggangnya di oven biasa bisa ga ? koq lama banget matengnya sampe aq panggang di teflon aja krn ga sabar hi.hi. thanks resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Filemia..iya Mba.musti telaten ya nggilasnya supaya halus kulitnya..kalau kurang kuat memang kadang pecah2..kalau yang bisa cepat di panggang di teflon ..pakai adonan yang bakpia pathuk Mba..yang di rendam di minyak di resep ku satunya..kalau ini khusus pia oven ya...tapi jika telaten yang di panggang di teflon nggak apa2 juga sich..^^

      Delete
  8. Sis, dibentuk amplop maksudnya apa y.
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di lipat ke empat ujung2nya ke tengah gitu Mba Vera...sampai tertutup..kpn2 Sy buatin step by stepnya dech..ada emailnya kah Mba..nanti Sy kabari jika udah ada foto2 steb by stepnya..jika masih belum jelas..atau like aja Page ku di fb..aku pasti update di situ nanti..^^

      Delete
    2. Ngerti dah. Maklum br ptma kali liat resep bapia. Thx ya sis. Mau cb skrg.

      Delete
    3. Oke Mba Vera..kalau ini versi yang renyah kulitnya ya Mba..kalau mau yang lembut kayak bakpia pathuk..klik aja link di atasnya..^^

      Delete
  9. Mbak Diah...

    Many thanks for the receipt ya....

    Aku tertarik nyoba niy...karena bakpia merupakan salah satu kesukaanku...

    Oya...boleh dunk di share adonan isinya yang dari keju

    Terima kasih banyak sebelumnya ya mbak... :)

    ReplyDelete
  10. Ya Mba..yang ini..ia renyah ya Mba..kalau bakpia lembut kayak Yogya..di klik aja resep satunya..yang bakpia pathuk..beda resep dan tehnik kulitnya. Mau resep isi keju sama kacang hijau atau isi keju aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua duanya juga boleh hehehehe....

      Pokoknya bakpia nggak bikin pernah bikin bosen...

      Thanks a bunch before ya mbak....

      Delete
    2. Ya mba..ntar aku buatin dulu ya..biar pas rasanya..^^

      Delete
  11. kebetulan banget aku mau bikin usaha kue pia ini.
    terima kasih banyak atas resepnya, apakah tidak perlu diberi olesan telur diatasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau lebih kuning bagus..ya boleh di kasih olesan telur Mas Eko..kalau aku suka yang begitu saja..pucat2 dan kuning gosong alami atasnya..^^ Tapi..bukankah kalau di jual..berarti nambah cost yang lumayan ya..kalau di beri olesan kuning telur? Secara harga telur kan sekarang lumayan mahal..dan permukaan pianya kan lebar..^^

      Semoga sukses ya..usahanya..^^

      Delete
    2. Okay..makasih banyak atas sarannya.
      amiin...

      Delete
  12. Mbak, thanks ya resepnya aku dah coba buat dan hasilnya enak krn aku suka bakpia yg spt ini. Memang agak repot gilesnya satu-satu, aku buat malam2 krn tumben lg ada mood. Makannya agak disayang2 krn inget bikinnya :)
    Iya mbak minta resep yg isiannya keju dong krn aku lbh suka keju drpd coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya Mba Verena..memang ribet ya bikinnya..syukurlah jika suka.Lha..kalau habis..tinggal buat lagi kan Mba ya..^^
      Oh ya..lupa terus ya..aku mau posting isian keju..bentar ya Mba..nanti aku lengkapi di postingan.

      Delete
  13. halo mba.. saya udah coba pia ini.. ya semi2 berhasil lah..wkwkwwk.. isian nya enak deh^^
    cuman kok kulitnya agak keras ya? apa aku panggang kelamaan? atau uleni adonannya yang kurang ya? uleni adonan itu kira2 brp menit ya?
    makasih resepnya..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..klu yang jenis pia ini..memang pia renyah Mba..tapi nggak keraslho..hihi..
      Kalau suka yang lembut..kulitnya pakai aja kulit bakpia pathuk..yang adonan kulitnay di rendam dulu di minyak..jadi lebih lembut...di postinganku satunya..terus isinya pakai ini. Nguleni adonan itu malah secukupnya saja mba..sampai kalis..soalnya kan nanti masih di giling2..:)

      Delete
  14. Ada resep gak buat isian keju doang? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isi keju ..tinggal pakai keju parut aja ..klu mau mudah..:)

      Delete
  15. Mbak mau nanya.. itu nyampur bahan bahan isinya pake mixer ato cmn d aduk biasa .trus d masukin sekaligus ato satu persatu,, dan fungsi air es yg 1 sdok makan itu utk apa yah.. Thx b4 mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia aduk biasa Mas..pakai sendok aja bisa..fungsi air es..supaya adonan lembab :)

      Delete
  16. Maksih ya mbak,, td udah aku coba tp isinya pada jebret keluar gt alias jebol-jebol .. Itu kenapa ya mbak ya? Oya d share jg dunk yg isi keju nya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho..pecah atau gimana kulitnya Mas..?..Kurang kenceng mungkin ya ..membungkusnya..atau kurang rapi?..Bagian bawah di pilin dan di buang sisa kulitnya Mas..supaya kenceng lapisannya..:)

      Delete
  17. udah coba dan enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak banget, makasih banyaaaak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..seneng jika denger berhasil coba resepnya..:)

      Delete
  18. Salam kenal mb, aku udah coba rerepnya dan hasilnya memang uenaaakkk.....
    cuma kenapa ya mb, pada bagian pertemuan ujung2 adonan( bagian bawah/penutup adoan...aduh apa ya namanya) pokoke gtlah...kulitnya terasa agak alot? apa karena kulit adonan terlalu tebal?
    Bagaimana jk bakpia di isi nanas, tolong share resepnya donk mb, terima kasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Hasana..salam kenal jug aya Mba..memang Mba..biasanya bagian ujungnya kan bagian pertemuan buat nutup kulit pianya ya..agak tebal. untuk mengurangi ketebalan..sisa adonan bagian bawah..di puntir aja Mba..terus di potong..semoga jelas ya maksudku..hihi.

      Isi nanas..mungkin bisa pakai selai nanas yang keset..kayak selai nanas buat nastar itu Mba..kayaknya enak juga ya..:)

      Delete
  19. Mbak salam kenal di blog nya.. Saya mau tanya.. Saya inggin membuat pia yg waktu sudah selesai kulit nya berlapis2 dan renyah..
    Saya dah coba tpi kulit nya lembek.
    Mohon petunjuk dan sarn nya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kurang lama ngovennya ya Mas?..Kalau ikutin resep ini seharusnya bisa renyah lho..:)

      Delete
  20. kalo udah mateng kirimi aku ya....

    ReplyDelete
  21. mbak diah Alhamdulillah aku berhasil 100 persen bikin pia resepnya mbak,jadinya enak yah mbak kulitnya berlapis2 and renyah......fillingnya aku ijin modifikasi rasa keju yah mbak jd tadi aku skip coklatnya kuganti100gr keju parut,gulanya cumanpake 50-60gr gitu mbak ternyata eksperimen berhasil...rasa kejunya enak mbak....makasih banyak yah mbak resepnya....Lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lina...sippp Mba..wah kreatif nich..semoga bisa bermanfaat juga nich buat teman2..jika suka isian keju ya Mba..mksh telah kasih masukan hasil uji coba isi kejunya..:)

      Delete
  22. Mbak Diah salam kenal,
    aku juga buat kok ikutin resep mbak, wkt giles adonan 1 & 2, itu jebrol terus mbak, pecah gitu...,akhirnya adonan 2 di skip msh jadi sih, tp ga berlapis, trus adonan bsknya krg crispi, kl krg lama manggangnya hrsnya brp lama ya mbak ?
    mau coba lagi ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..salam kenal juga..
      Harus sabar ya Mba..nggilasnya..adonannya kurang nyatu atau kalis mungkin....aku baik2 aja kok kalau bikin..dan banyak juga kok yang berhasil ngikutin resep di atas..:)..Kalau manggang lamanya tergantung oven masing2 ya mba..panas oven kan beda2 ya....di panggang aja sampai kering sambil seskali di balik.

      Delete
  23. mbk aq barusan bikin bakpia,jadinya enak kog...tp...aq g bisa cara bentuknya biar bulat halus gitu,bakpia buatanku....agak kotak gitu bentuknya....,gimana cara buat bentuknya biar jadi bulat gitu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba adonan isinya di bentuk bulat pipih dulu Mba Lelly..nah..nanti kulitnya tggl di balutkan saja..ngikutin bentuk isinya..jadi bisa bulat juga..:)

      Delete
  24. Dari dulu pingin banget cara bikin bakpia,nemunya di sini...seneng hehe..thnks ya mbak udah di share resep yg sangat bermanfaat ini...

    ReplyDelete
  25. Trim sharing resepnya mb.Nanya mb,kalo isi diganti edamame basah yg dihaluskan kira kira bisa nggak y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah coba mba Pepita..di coba aja ya..:)

      Delete
  26. Mau coba ahh resepnya.. dah lama pengen makan kue pia..!!! makasih buat resepnya...

    ReplyDelete
  27. sy sdh coba bikin piah renyah dan hasilx enaaaak tp yg agak menguras tenaga pada saat menggilas krn pia sy rada kurang halus :) ada jg yg mulus spt pia mbak.. skrg lg coba bikin wingko dan tinggal masuk oven..dimakn buat sarapan pagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Andriany..di gilasnya dikit2 per biji Mba.biar nggak capek..hihi.

      Udah mateng nich pasti wingkonya ya mba..kecium nich harumnya..:D

      Delete
  28. mbak diah aku dah bikin tapi setengah jadi mbak :D ...soalnya mungkin krn aku agak ngawur :D ...prosesnya seperti aku bikin bakpiaku kemarin jadi gulungnya jadi satu terus lipat2...tapi dalam proses pelipatan ini kayaknya adonan luar dan dalam jadi satu...jd hasilnya kempel ndak bisa berlapis2...:(...ini akibat kesalahanku pas nglipat ya mbak? oiya mbak kalo aku share resepnya mbak diah ndak pa2 ya mbak...makasih mbak diah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lupna..kan adonannya beda Mba..kalau ini cenderung kayak adonan pie..sedang yang bakpia kan adonannya halus dan lembut, karena di rendam minyak..jadi ya nggak bisa di samakan perlakuannya..:)

      Delete
  29. mba makasih ya resep nya aku udah coba enak lho,kmrn abis panen pisang kepok matenh pohon jd aku coba2 aja bikin bakpia pisang ternyata enak lho mba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya..wah sippp..pisangnya di apain Mba Ana..buat isiannya ?..Di haluskan kah ?

      Delete
    2. iya di.kukus trus di haluskan, mba boleh minta email nya ?

      Delete
    3. bundadidi@gmail.com Mba..:)

      Delete
  30. Mbak Diah, Thank you yah buat resep bakpia nya. Saya sudah coba dan rasanya sangat memuaskan. Tapi ada yang saya mau tanya nih: Gimana caranya supaya isinya bisa muat banyak tapi gak pada keluar gitu. Apa harus digilas sampe tipis spy adonan jadi lebar, terus bisa diisi coklat banyak2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau mau lebih banyak isinya ya di tipiskan lagi Mba..kulitnya..:)

      Delete
  31. Mbak diah, makasih resepnya ini. Ak bhasil buatnya walau bentuk yg aku bt blm bgs bgt tp ud bulet pipih. Cm kl dr resep di atas ak bagi jd 20 kok gede bgt ya. Next time ak bt lg mgkn dibg lbh dr sgitu. Hasilnya ini krispi bgt.
    Kl dgn isian keju gmn mbak resepnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sama2 mba..:)
      Isian keju sama kayak isian coklat mba..di hilangkan saja coklatnya ganti keju secukupnya.

      Delete
  32. Hai Mbak Didi, terimakasih banyak atas resep bakpianya, saya sudah coba hari ini. Rasanya enak sekali, cuman saya mau nanya kenapa kulit bakpia saya pecah semua ya dan isi dalamnya pada keluar semua. Apakah karena saya menggilingnya kurang kuat ? Atau mungkin saya kebanyakan minyak gorengnya ? Sekali lagi terimakasih banyak ya dan semoga sukses terus ya, mbak :-) Leonora Lhuillier

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba leonora...kurang kenceng saja mungkin membungkus pianya Mba..jadi bagian bawah agak di bundel gitu lho Mba adonannya..biar tertutup rapat..:)

      Delete
    2. terimakasih atas sarannya, mbak... Rasanya sih sudah enak banget, mirip ama bakpia yg dulu saya makan di Indonesia, Renyahnya juga sudah cocok, walaupun entah mengapa saya kok ngga bisa berlapis2 banget ya, apakah harus gilingnya tipis2 atau malah ngga boleh ditekan ? Adonan bahan kulit 1 punya saya itu ngga bisa kalis banget, masih lengket2 aja, jadi susah pas digilingnya, mungkin kebanyakan minyak ya, atau harus saya tambahin tepung sedikit supaya kalis sekali ? Sekali lagi, terimakasih banyak atas resepnya ya, mbak Didi :-)
      Leonora Lhuillier

      Delete
    3. Hai Mba..mba pakai resep yang di atas atau yang bakpia pathuk Mba..kalau yang resep pia di atas kan di giling..lipat..giling..lipat..jadi bisa berlapis2..kalau yang resep bakpia pathuk..sebelum di rendam minyak..di bentuk kayak amplop..terus di bulatkan..nah itu juga bikin kulit berlipat2..:)
      Iya..minyaknya secukupnay saja sampaia donan kalis..jika terlanjur..tambahin tepung dikit ndak pa2 mba..di coba lagi ya..:)

      Delete
  33. Mbk bkin pia itu ap g ad tambahan lain misal telur atau soda kue, kok aku bikin keras bgt. Apa yg slh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kenapa musti di tambah2 bahan lain Mba..hihi..kalau resepku ya begitulah adanya..dan banyak yang udah coba ya pada bilang enak itu..baca aja komen2 di atas. Kalau keras itu banyak faktor..mungkin penanganannya ya kurang sesuai..misal pengadukan yag terlalu kuat..jadi adonan liat..atau pengovenan yang terlalu lama..atau terlalu tebal nggiling adonannya..dll.

      Delete
  34. Trimksh mb diah atas resepnya, setelah mencoba berkali-kali gagal akhrnya skrg aq bs bkin bakpia yang mprul dan ujung2nya bisa aq buat bakulan hehe.. Awalnya aq bkin kok rasanya bagian tengah kerasa kurang matang, keras trus bener2 aq ikutin instruksinya dan tara.. Skrg bnyk yg suka sama pia buatanku dan pada psen buat lebaran nanti. Mksh lg mbk, atas resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba...syukurlah..ikut seneng dech jika bisa jadi tambahan rejeki ya..:)

      Delete
  35. hlo mbak piye kbre?saya nyoba bkn resep ini 2x. Yg 1 ok renyah/mrupul meski nggak se bgs mbak punya. Yg ke 2 malah krg apik....btk permukaannya itu jd brindil alias bergelombang n kering kaya cookies hehe.....
    kira-2 menurut pengalaman mbak Diah, saya salah dimana ya?
    Trims banget seblomnya
    kira-2 menurut pengalaman mbak, salahnya dimana ya.....

    ReplyDelete
  36. bos.... saya bikin pia kok kulitnya agak keras ya? apa guna minyak dalam adonan itu? apa semakin banyak minyak bisa melembutkan kulitnya? thanks

    ReplyDelete
  37. Mbak, resep bakpia coklat dan keju sudah dicoba dua-duanya enak dan berhasil.
    Saya bikin isi keju cuma kr saya tinggal di UK semua jenis kejunya melted, jd bener dikasih tepung dan susu biar meresep . Makasih ya Mbak. Mengobati kekangenan saya makan bakpia jogja.

    ReplyDelete
  38. Mb aku kok pia nya yg atas kurang matang ya padahal sdh di oven ..salah dmn ya?

    ReplyDelete
  39. Hai Mba, makasi resep nya. Mau tanya mba pernah coba Pia Legong yang dari Bali? Mirip gini gak yaa atau lebih mirip bakpia pathuk?

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Hai bu, saya buat pia pakai resep ibu.. percobaan pertama hasilnya sempurna, tapi saya buat lagi kok kulitnya pecah waktu d lipat 3x. Trus jadinya kerass banget.. apa yg salah ya?

    ReplyDelete
  42. loh asli semarang to ? sama donk.. bisa sharing nih . hhehehehehe

    ReplyDelete
  43. Nama fb nya apa mb diah? Sy suka ngikutin blog nya mb diah. Dn suka praktekin resep2ny

    ReplyDelete
  44. mba diah.... makasih resepnya. saya udah coba kemarin....enaaaak
    trus aku mau tanya mba. kalau isian cokelat dan keju ala pia Legong atau pia gorontalo tau gak mba? dia agak basah isiannya. kalau boleh share disini ya mba..

    makasih banyak ya mba :)

    ReplyDelete
  45. mbak,makasi resepnya ya,,,,untuk isian coklatnya itu cukup di aduk aja ato dipanasin d wajan mbak??

    ReplyDelete