Tuesday, May 28, 2013

Uji Coba Sendiri Resep *Ayam Rambut Setan* Ala Mbah Jingkrak...Hasilnya 99 %..Mirip Rasanya..^_^



Siapa yang suka makan di restoran Mba Jingkrak ?..Kalau suka..sama kayak aku teman2..aku sering banget makan di sana..kalau weekend dan juga kalau ada tamu atau teman dari luar daerah yang datang ke Semarang..pasti dech ku ajak mencicipi masakan rumahan ala Semarangan di Restoran Mbah Jingkrak. Restoran ini menyajikan berbagai menu rumahan ala Jawa gitu ..dengan cita rasa *ndeso*..pas banget sama seleraku..^^ 

Biasa aja sebenernya menu2nya..mudah kita buat di rumah..tetapi suasana restorannya yag klasik dan nyaman ala2 Jawa itulah yang menjadikan resto ini salah satu resto favorit keluargaku. Masakannya juga enak2..di sajikan dengan cara siap saji , kita bisa tinggal pilih menu yang di sukai dan yang pasti pedas...karena aku suka sekali masakan pedas..jadi ya cocok dech. Nah dari berbagai menu yang di tawarkan..ada salah satu menu andalan di restoran ini..yatitu ayam rambut setan..rasanya pedas luar biasa..top dech.
Setelah beberapa kali mencoba menu ayam rambut setan di Mbah Jingkrak ini..mulailah aku tergelitik untuk mencari tahu apa ya kira2 resepnya dan cara memasaknya gimana. Aku coba browsing di internet..hasilnya belum ada sich resepnya..yang ada cuma foto2 dan ulasannya..hemm ternyata banyak orang yang suka menu ayam rambut setan ini juga..kalau makan di Mbah Jingkrak dan sudah terkenal pula..karena memang resto Mbah Jingkrak selain pusatnya di Semarang..memang sudah buka cabang di kota2 lain..seperti Jakarta, Yogya..dan kota2 lain. Oke..akhirnya ku putuskan untuk uji coba sendiri aja resep yang kira2 mirip dengan masakan ayam rambut setan ini.
Pas terakhir makan di Mbah Jingkrak kemaren akhirnya mecoba..meresapi rasanya..kira2..apa aja bumbu2 dan bahan2nya..dan dikit2 nanya2 ke pegawai restonya ^_^, tapi cuma dapet info..kalau ayamnya...ayam pejantan..yang sudah di ungkep dan di goreng..baru di masak lagi dengan bumbu2 pedas. Nggak pa2 dech..yang penting sudah ada gambaran bahan utamanya..yaitu ayam goreng ungkep biasa. Nach..setelah itu aku berusaha memecahkan sendiri..kira2 apa ya bumbu2 lainnya..yang pasti..cabenya cabe rawit..super banyak ..juga ada rasa dan aroma bawang putih..bawang merah terasi , jadi kayak2 sambel pedas gitu dech..cuma ini di tambahin kemangi dan daun bawang. Perkiraanku sich begitu saja. Akhirnya daripada penasaran..kemaren aku coba saja buat ayam ala rambut setan ini..hehe..dan hasilnya..woke..99,99999 persen ( kayak hasil tes DNA aja ya..hehe )  beneran lho..rasanya udah mirip rasanya sama ayam rambut setannya Mbah Jingkrak...soalnya kalau sama persis kan nggak mungkin yach..secara..sama resep aja kalau beda tangan beda hasil masakannya. Yang penting..udah mirip dech..hehe..dan nggak penasaran lagi . Jika ingin makan ayam rambut setan ala mbah Jingkrak..tinggal masak aja ke rumah..nggak perlu nunggu makan ke restonya. Tapi tetep...akan sering makan ke sana kok..karena resto Mbah Jingkrak nich rekomended banget buat makan rame2 bersama keluarga dan teman2..masakannya enak2..dan suasananya nyaman dan asyik.

Ayam Rambut Setan
Bahan :
1 ekor ayam pejantan, potong jadi 4 bagian, ungkep dengan bumbu ayam goreng biasa, goreng jangan terlalu kering ya.
150 gram cabai rawit merah
10 siung bawang merah , iris tipis
6 siung bawang putih, 3 iris tipis, dan 3 haluskan
1 sendok teh terasi bakar
50 gram kemangi, petiki daunnya
2 batang daun bawang, iris sserong
Garam / bumbu kaldu instan secukupnya
1 sendok teh gula pasir
Air 50 ml
Cara Membuat :
Tumbuk kasar cabai rawit merah, sisihkan.
Haluskan 3 siung bawang putih dan terasi.
Tumis bawang merah dan bawang putih iris, hingga harum, lalau masukkan cabai rawit merah. Setalah harum dan matang, masukkan air, kemangi, daun bawang dan bumbu2 lain. Aduk rata. Masukkan ayam goreng, aduk sampai bumbu terserap dan kering.
Sajikan hangat...yummy..tapi super pedas..^_^





19 comments :

  1. yang pedas selalu menggoda seleraku, makasih sharingnya Mba Didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak Ety..wah..cucok nich sama Sy penggemar pedas juga..toss dech..^^

      Delete
  2. Menu yang pedes-pedes cocok banget buat cuaca mendung dan flu begini,

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
  3. Ya bener Mba Astin..enak dan hangat di badan..kalau makan yang pedes2..cuma ini memnag rada pedes kebangetan..hihi..jadi kalau mau coba..disesuaikan selera ya pedesnya..^^

    ReplyDelete
  4. waduuuw liat cabenya aku dah takut mbk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya beneran Mba Tri..bisa kaget kalau makan ini..saking pedesnya..^^

      Delete
  5. nama resepnya mbak diah unik2 namun rasanya mengiurkan, mbak resep ini insyaallah mau saya coba nanti, mumpung lagi ada ayam dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lisa..ini ala2 resto Mbah Jingkrak..di sana menunya seram2 emang..unik2..soalnya pedes banget kali yach..jadinya di namai gt..hihi..met coba ya Mba..^^

      Delete
  6. Mba diah yg manies diungkep itu gmn caranya?? Trus bumbunya apa aja.. Pemula nich mba..hehe makasih ya jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di ungkep itu di masak dengan api kecil..kayak bikin ayam goreng kuning biasa itu lho Mba...bumbunya bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit garam dan sedikit gula..daun salam , laos...atau kalau mau praktis..beli ayam di tukang ayam penyet aja..tapi jangan minta di goreng..nanti di rumah tggl di goreng sebentar saja..terus di masak pedas gini dech..mudah kan..selamat amencoba ya..^^

      Delete
  7. Mbk aku mau tambahin nih...kynya dr rasa n aroma dia ada dikasih irisan daun jeruk jg deh....cb deh mbk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya ya Mba Uuk..oke dech..mksh sarannya ya..nanti tak cobanya..^^

      Delete
  8. Halo mba diah.. makasih sharingnyaa.. jd tambah wawasan nii, aku prnh cb tp di ungkepnya tanpa air pke garam dan perasan jeruk nipis aja.. itu udh uenakk buangettt apalagi di ungkep pake bumbu kuning... huaaaa jd pngen bkin besok, hihiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Nefya..jadinya udah gurih ayamnya..dan bumbu *rambut setannya* cuma jadi kayak sambelnya aja..hihi

      Delete
  9. mba diah aku udh cobain enak bgt walau gak pake kemangi suami ku suka mkss mba diah

    -lani-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Lani..sama2.....aduch aku buka postingan ini..jadi pgn bikin juga lagi Mba..hihi..enak sich..puedessnya itu lho yang ngangeni..:D

      Delete
  10. Wuikk...gambar lomboknya itu...yg bikin lapar. Sungguh menggoda, tp sungguh banyak resep mbak Diah yg ngantri buat dicoba. Kayaknya yg ini bakal dapet prioritas neh....nyem nyem nyem...wis nggak sabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini beneran enak bgt Mba..hihi..wis tanpa sambel di jamin super hu hah..:D

      Delete
  11. Favoritku klo pas di mbah jingkrak ni mb..hix..bikin ngiler..mn disini ga ada ayam pejantan lg.oia mb klo di mbah jingkrak ada sambel yg aq suka..tp lupa namanya.tp kyknya ada campuran tempenya walo dikit.klo ga salah rasa sih mbak..hihi..cz klo mkn dah pasti mpe nangis mb saking pueeedezz nya..tp kok ya ga kapok..haha.ayo mb cb diulak ulik sambel itu..n ksh tau dunk klo dah ktm resepnya..terdampar disini jd kangen makanan semarang gara2 mb didi nih..

    ReplyDelete