Wednesday, May 29, 2013

Serba Serbi Mixer

Buat kita yang hobi bikin kue..mixer adalah *alat perang* yang musti kita punyai..kecuali kalau kita mau pegel pakai kocokan tangan manual ya..hihi. Jadi ingat jaman dulu pas kecil..karena belum model mixer gini di rumahku kalau bikin kue harus ngocok lama pakai kocokan tangan. Nah..kalau pas ada hajatan kita mau bikin banyak bolu..duch pegel dech ngocok telurnya..^^. Untung sekarang semua serba mudah ya..dengan mixer..kalau mau ngocok telur..dll.

Secara umum mixer ada dua macam, yaitu mixer rumah tangga yang biasanya maksimal untuk mengocok 8 buah telur saja untuk pembuatan cake. Mixer ini sederhana, ada yang model pakai wadah sekalian..dengan dudukannya, mixer rumah tangga ada juga yang sedikit lebih canggih, yaitu di lengkapi dengan tiga baling baling , yaitu untuk telur, untuk roti dan juga untuk pengaduk, ada yang cuma hand mixer yang harus kita pegang ketiga memakainya. Satu lagi yaitu mixer industri yang bisa langsung mengocok 30 butir telur sekaligus dan 2-3 kg terigu.

Oke..udah tau ya jenis2 mixer, sekarang aku akan kasih sedikit tips untuk merawat mixer..supaya lebih awet dan tahan lama pemakaiannya.

  • Rendam baling2 mixer sesudah di pakai degan air hangat dan sedikit sabun cuci piring untuk    menghilangkan lemaknya, lalu cuci bersih dan lap hingga kering.
  • Cuci wadah adonan yang berlemak dengan sabun dan air jeruk nipis, supaya bebas dari lemak2 yang menempel. Lemak2 yang masih menempel di wadah..jika di gunakan lagi untuk mengocok telur akan membuat pengocokan selanjutnya kurang sempurna.
  • Jangan Membilas mixer dengan air, cukup di lap saja..jika tidak akan mati mesinnya.
Happy baking..^^

No comments :

Post a Comment