Thursday, May 30, 2013

Resep Praktis dan Enak..Oseng Kikil Cabai Hijau



Siang teman2..sudah masak hari ini buat makan siang...?..Kalau belum ada ide..aku kasih resep praktis..mudah dan enak ya buat menu makan siang hari ini. Oseng Kikil Cabai Hijau. Kikil yang ku pakai ini spesial..bukan kikil yang kenyil2 biasanya..tapi ini kikil hasil limbah ..sisa2 daging di tulang dengkul yang ku buat masak sup sumsum kemaren. Kan pas buat sop..yang di ambil  kan cuma sumsumnya aja..di kethok2 sampai keluar gitu..nah tulang2nya kan di buang ..tapi melihat masih banyak daging / kulit dengkul yang menempel di  tulangnya..naluri Mak Irit muncul..hihi..jadi aku ambil aja dengan cara di seseti ( di ambil pakai pisau dech daging2 yang nempel di tulang dengkul sapi gitu ). Kan karena dengkulnya udah di rebus..jadi gampang dech ngambil kulit2 yang nempel di dengkul sapi ini. Dan..taraa..jadi menu baru kan..Oseng kikil cabe hijau..*kereatif ya..hihih..* 

Tapi memang aku suka jenis kulit sapi yang kayak gini teman2..dan ada juga lho yang jual di pasar udah dalam bentuk di rebus juga..dan harganya pun lumayan mahal..jadi bener donk kalau aku kreatif sendiri ambil kikil2 yang masih nempel di tulang dengkul sapi yang ku beli..hihi. Kikil versi ini tektureny alebih kenyal dan alot..jadi musti di rebus lagi sampai empuk..tapi rasanya..enak banget..kenyil2 gurih plus kadang masih ada sedikit rasa daging sapinya..hihi. Pokoknya menurutku lebih enak daripada kikil biasa dech kikil jenis ini. Nah..kikil jenis ini paling enak di buat oseng cabai hijau..cuma ini dapat cabai hijaunya yang teropong gede2..jadinya kurang pedes..jika teman2 suka pedas..pakai cabai hijau keriting ya..lebih mantap pedesnya..atau kalau masih kurang pedes lagi..boleh juga di tambahnin cabe rawit hijau sesuai selera..wah itu jugamantab pedesnya. Tapi jika tidak suka cabai hijau..teman2 bisa memasak kikil ini dengan cabai rawit merah atau cabai merah biasa..bisa jadi menu istimewa juga..yaitu oseng2 kikil mercon..resepnya di sini.

Oke..buat yang suka kikil kayak aku..ayo di coba ya..ini dia resep oseng kikil ala aku...^^



Oseng Kikil Cabai Hijau

Bahan :
250 gram kikil sapi
6 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai hijau
2 buah tomat hijau , potong kotak
1 sendok teh terasi
1 sendok teh bubuk kaldu sapi / garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok makan
1 lembar daun salam
1 sendok makan
1 lembar daun salam
1 sendok makan kecap secukupnya jika suka ( secukupnya )
1 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan.
100 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat :
Untuk jenis kikil seperti yang ku pakai ini..rebus sampai empuk ya..kalau kikil bakar tidak perlu, karena biasanya sudah empuk.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan cabe hijau, salam, jahe dan lengkuas, tambahkan air, dan bumbu2 lain. Masukan kikil, masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut. Sajikan hangat dengan nasi putih yang masih mengepul..wuihh..enakknya..^^


15 comments :

  1. Aku tertarik cabe merah yang dibuat garnish ituuuuh.

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang Mak Astin...bikinnya...cuma cabe merah besar yang teropong itu..di gunting2 panjang..terus di rendam di mangkuk berisi air..nanti akan berbentuk spiral sdr kayak gt..^^

      Delete
  2. Waah, ini kesukaan mamiku. Di rumah suka masak kikil cabe ijo juga. Tapi kikilnya yg udah direbus dari tukang sayur,kita tinggal mengoseng saja. Emang sih, kikilnya tipis2, ga gede2 amat jadinya, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak..enak..emang praktis..kalau udah di rebus atau di bakar ya kikilnya udah empuk..jadi tinggal ngoseng aja..yag bakar juga tambah enak..ada aroma bakarannya kikilnya...^^

      Delete
  3. mbaaaa... ijin buat cobain resep2nya ya ? enak2 sepertinya sesuai ama lidah jowo ku.,. hehhehe ...

    salam
    wiwid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba wiwit..boleh donk..silahkan..klop dech sama aku kalau lidah Jowo...hihi..

      Delete
  4. salam kenal ya mba... kebetulan aq org semarang jg.. cm terdampar dijakarta ikud suami... jd suka kangen masakan rumahan yg jowo tulennn.,, untung nemu blognya mba diah ketolong dehh... makasii ya mba dah sharing banyak resepp so mempermudahku buat belajar masak ^^....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Wiwit..salam kenal juga..oh gt..aku malah asli Yogya Mba..di Semarang juga terdampar..ikut suami..hihi..tapi nggak pa2 ya..masih area Jawa juga jadi ya sama seleranya..^^..syukur lah kalau resep2 di sini bisa jd inspirasi Mba buat bljr masak..semangat ya..:)

      Delete
  5. Salam kenal mbk di,, Saya malah asli bantul mbk. Tp terdamparnya di kalbar. Hihi..
    Kebetulan pagi ini mau masak kikil jg,, dikasih petai enak jg mbk *bagi yg suka :) -suci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Suci..salam kenal juga...wah enak itu...:).Sering mudik ndak mb ke Bantul ?
      Suamiku yang suka pete Mba..:)

      Delete
  6. Belum sih mbk, baru 4bln disini ikut suami. Awalnya disini.. aduhh masakan ga ada yg cocok mbk, maklum lidah jawa, mintanya yg manis2 gitu, hehe. Sampe akhirnya nemu blognya mbk di,, hmm... kok kayaknya jawa bgt yaa,, setelah dicoba kok cocok mbk,, berasa di jawa, suka deh, jd pingin belajar terus dr resep2nya mbk di,, hehe. makasih ya mbk di :) -suci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..semangat ya..masak2 nya..:)

      Delete
  7. mbak itu ada tulisan yg terpotong '1 sendok makan" ... maksudnya 1 sendok makan apa ya? garamkah?

    ReplyDelete
  8. Aku blm pernah masak kikil.gak tau knapa liat resep ini jd pengen nyoba.uda beli kikilnya tar siang mau dieksekusi.hihi thanks for sharing mbak. (Santi)

    ReplyDelete
  9. Aku blm pernah masak kikil.gak tau knapa liat resep ini jd pengen nyoba.uda beli kikilnya tar siang mau dieksekusi.hihi thanks for sharing mbak. (Santi)

    ReplyDelete