Friday, May 24, 2013

Kue Ku Terigu..atau Bakpao Ala Pasar..?


Hemmm...kue apa ini hayo teman2..? Bentuknya sich, kayak bakpao..rasanya juga..tapi ini rasanya seperti bakpao jadul..yang dulu ku makan waktu kecil..jadi lembut tapi agak lengket dikit di mulut..enakk..karena memakai santan di adonannya. Hemm..baru nyadar..ternyata bakpao ala pasar ini..pakai santan di adonan kulitnya..pantesan..beda rasanya sama bakpao2 modern yang sering ku buat. Aku terinspirasi untuk membuat bakpao jadul ini..nggak sengaja..hasil blog walking aja..aku tergelitik dengan penampakan kue nya..pinky..jadi ingat bakpao jadul ala pasar yang dulu sering ku makan pas masih kecil..terus ku baca judulnya..ternyata namanya kue ku terigu..unik..! Karena aku taunya dulu ya bakpao pasar namanya..hihi. Langsung dech..memori ku terlempar ke belasan tahun..cey ..belasan..puluhan kali ya..hihi *nggak nyadar ya..kalau udah kepala tiga*,..oke dech..puluhan tahun lalu..ketika ibuku suka membelikan kue kayak bakpao ini setiap pulang dari pasar. Rasanya sederhana saja sich dulu..tapi..pas aku buat kemaren..kok enak banget ya..hihi..rasa nostalgianya juga mendukung kali ya. Tapi beneran..hasilnya empuk..lembut dan gurih rasanya..lebih enak dari bakpao modern yang sering ku coba perbagai resepnya. 

Jadi..next time..kalau ingin bakpao..aku mau pakai resep versi jadul ini aja..karena kulitnya lebih gurih. Oh ya..aslinya isi kue ku terigu ini dari kumbu kentang..cuma aku ndak punya..kentang banyak kemaren..punyanya cuma cukup buat adonan kulitnya aja..akhirnya ku ganti isi kumbu kacang hijau..ya udah..jadilah kue ku terigu ala aku..isinya kumbu kacang hijau..bukan kumbu kentang ...enak juga kok..next time mau coba di isi ubi,..enak juga kali ya.kan tekture ubi mirip2 kentang juga. Oh ya..yang bikin adonan kulit ku eku terigu ini jadi lembut juga karena ada campuran kentang kukus di dalamnya..jadinya enak dech. Ayo..cobain teman2..kue jajan pasar yang udah langka ini..dengan mencoba bikin sendiri di rumah.enak kok..suer..^^
Buat adonan kulit kue ku terigu ini juga enak banget...nggak capek2 amat kayak kalau buat adonan roti..hasil adonannya cepet kalis dan halus..jadi don't worry teman2..nggak bakalan capek kok nguleninya. Dan hasilnya..taraa..mulus2 kan kue ku teriguku..cuma mungkin akan lebih eksotis kalau pakai daun pisang ya alasnya..tapi nggak punya je kemaren..jadi pakai cup kertas biasa aja..hasilnya..kegedean..hihi..jadi nggak rapi ya..padahal..cantik2 banget sich asli kue ku terigunya..mau ku potong sisa kertasnya.. tapi udah nempel di pinggiran kuenya..ya sudah..begitu saja..toh tidak mengurangi mulusnya si kue..dan yang penting rasanya oke..jadi musti ku simpan di sini resepnya..supaya gampang cari..nanti kalau buat lagi.

Ok..selamat mencoba teman2..paling tidak sekali2..cobalah buat sendiri kue2 jadul gini..yach..itung2 ikut melestarikan kekayaan kuliner bangsa kita ya..karena selain unik rasanya..juga sudah mulai jarang yang jual sekarang. Selamat mencoba..^^




Kue Ku Terigu Isi Kumbu Kacang Hijau

Bahan Isi:
250 gram kacang hijau kulit, cuci bersih
1 lembar daun pandan
75 gram gula pasir ( aku suka isi kumbu kacang hijau yang tidak terlalu manis, jika teman2 suka manis, tambahkan saja gula sesuai selera )
1/2 sendok teh vanili bubuk
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Rebus Kacang hijau hingga lunak, saring sampai benar2 habis airnya. ( sisa airnya boleh di minum..hihi…tambahin gula dikit..jadi dech air kacang hijau yang seger..)
Tambahkan gula, vanili,daun pandan dan garam,masak hingga kesat dan kering.( bisa di pulung )
Kulit :
250 gram tepung terigu
100 gram kentang kukus yang di haluskan
1/2 bungkus ragi instan
25 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam garam
100 ml santan kental instan ( aku pakai Bumas..enak..nggak eneg)
1 sendok makan margarin
1 tetes pewarna merah muda
Daun pisang, potong bulat / kertas bakpao

Cara membuat :
Kulit : campur terigu, ragi, gula, dan kentang halus hingga rata. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis. Diamkan 30 menit hingga mengembang
Setelah mengembang, ambil adonan kulit 30 gram, bentuk bulat, pipihkan. Isi dengan 2 sdm adonan isi. Bulatkan lagi hingga rapat dan bentuknya seperti bakpao
Letakkan diatas daun pisang/ kertas . Kukus dalam dandang panas selama 7 menit hingga matang. Angkat, sajikan..dan voila...cantik kan mereka..pinky2 eksotis..hihi..dalemnya juga lembut banget tekturenya..liat sendiri dech..^^

51 comments :

  1. hmm lezat.. mau dong dikasih testernya, sepiring yak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..tangkap ya Mak Rahmi..tinggal 2 biji nich..^^...mksh ya udah mampir ..

      Delete
  2. wow...jadi pingin bikin...makasih mak resepnya. aku juga jadi teringat belasan tahun yang lalu nih...wakakak padahal dah kepala 3 juga...:P itu kusebutnya kue apem mak/bakpao kacang ijo hihi baru tau namanya, lucu.
    btw, salam kenal mak, saya di KEB dan IIDN juga...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak..salam kenal juga ya..Wah..asyik..ada temannya bernostalgia sama kue ini..aku juga suka Mak Nunung...cuma pas kecil..taunya makan aja..hihi..kemaren coba bikin kok pas banget hasilnya otentik..kayak kue jadul alapasar dulu....met coba ya..^^

      Delete
  3. Mba.. enak bener nih.. dulu prnh bikin tapi gak lembut, klo yg ini gak ragu lg deh.. soalnya kalo mba diah bilang lembut ya tetap lembut... sdh prnh coba bbrp rspnya mba diah dan hslnya slalu sukseeeees.. senang deh... mks y mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah baru bikin pertama ini Mba Zulfa..yang versi jadul gini..biasany akan bikin bakpao biasa yang model skrg...dan ini emang lembut hasilnya..makanya ku bilang lebih enak ini daripada yang pernah ku makan waktu kecil dulu..hihi..kali2 dulu nggak selembut ini rasanya..lupa2 ingat juga..tapi aroma dan rasanya sich udah otentik jadul..cuman lebih lembut yang ku buat ini..nguleninya sampai elastis ya Mba..kalau di tarik..nggak putus adonannya..dan adonan akhirnya musti halus..dan gampang di bentuk..biar hasilnya halus dan lembut berserat bagus kuenya..met coba ya..^^

      Delete
  4. oya mba.. yg saya buat dulu bakpou biasa yang gak pake santan dan kentang.. kalo yg versi ini kan pake kentang dan santan. duuuh jd pingin bikin ni mba.. nguleninya brp lama mba? kalo lama x pegel jg tgnnya.. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Zulfa..karen ada tambahan kentang di adonan juga yang bikin kulit bakpao ini jadi lembut..santannya bikin gurih rasanya..nggak lama2 kok..pokoknya sampai kalis dan elastis..yaitu..tandanya ketika di tarik nggak putus adonannya..lupa kmrn berapa lama..hihi..tapi nggak selama adonan roti atau donat kok..^^

      Delete
  5. Assalaamu'alaikum.. Halo Mbak Diah, salam kenal ^_^
    Saya seneng deh sama blognya mbak, banyak resep2 menarik yg pengen saya coba. Beberapa udah saya bookmarked. Mohon izinnya :)
    Kamis lalu saya coba cake labu kuning lapis coklat dr blog mbak diah, hasilnya memuaskan
    :D
    Oya ada yg ingin saya tanyakan, untuk buat bakpao ini jenis tepung yg dipakai yg high protein atau yg medium (all purpose) mbak? Semoga berkenan menjawab.. Terima kasih
    ^_^

    ReplyDelete
  6. Ya Mba Ayu..salam kenal juga..makasih ya udah sering mampir sini..syukurlah kalau berguna dan meng inspirasi Mba buat mencoba resep2 di blog ini. Untuk bakpao..lebih enak dan lembut pakai tepung protein rendah Mba..Saya kemaren pakai merk Kunci Biru Bogasari..atu merk lain juga nggak pa2..yang penting protein rendah Mba..jadi nanti bisa lembut bakpaonya..selamat mencoba ya..^^

    ReplyDelete
  7. Cantiiik dan kelihatan lembut banget mbak Diah, jadi pengen buat juga. Kalau di sini ada juga jajan jadul kayak gini tapi isinya kacang+gula atau unti kelapa. TFS ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Hesti..wah..ide bagus tuch.kayaknya enak juga kalau di isi unti kelapa...aku jadi pengen buat lagi juga..tapi inti kelapa..hihi..saling meng inspirasi ya mba..^^

      Delete
  8. Hi Mbak Diah,

    makasih reply emailnya ya.. sekalian aku tanyakan langsung di laman resep ini ya..

    Aku dua kali bikin kue ini, pertama si raginya aku campur langsung sama bahan tepung dll tapi gak ngembang juga,, lumer gitu gak kalis.

    kedua aku coba lagi, raginya aku campurin ke air dulu sampai mengembang, baru dicampur ke adonan tepung. sama juga gak ngembang malah lumer pas di kukus..

    duh gemes deh salah dimana ya mbak? kok bisa bapao nya mbak diah, bagus gitu teksturnya? ohya, boleh gak kalau santannya diganti susu bubuk dan susu cair? karena kemarin aku campurin susu bukuk dan susu cair.

    please sarannya yaa mbak.. thank you:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikuti resep aj aMba..kalau baru coba harusna ya..cairan di tuang sedikit demi sedikit ke dalam bahan tepung, sambil di aduksampaikalis..nah.tahpaini..udah kalis belum punya Mba?..Kalis itu artinya..nggak lengket di tangan atau di wadahnya. Setelah tahap kalis.nanti ada tahap penambahan margarin..nah..dengan di tambah maragarin ini..nanti adonan akan lebih mudah di uleni..sehingga hasil akhirnya jadi lebih kalis lagi dan elastis..:)..Udah seperti itukah adonannya yang Mba buat kemaren.? Setelah itu, ada tahap lagi fermentasi..adonan yang baik..akan mengembang dua kali lipatnya..Nah..punya Mba..mengembang tidak kemaren adonannya..?..Ciri adonan mengembang..jika kita tinju pakai tangan..kana jadi kempes..karena udaranya keluar..^^..smg membantu ya..^^
      Kpn2 kalau aku bikin lagi tak fotoin step by step dech..^^

      Delete
  9. Asik..asik akan ada foto step by step nya:) membantu sangat thanks before ya mbak:):)

    Kedua adonanku, setelah di diamkan (difermentasikan) mengembang, dari awalnya segenggam jadi penuh satu wajah, tapi ya itu mbak gak kalis.. kaya adonan bakwan dan terasa asam gitu, gak ada tekstur seperti roti, kaya bakwan aja, akhirnya ku adon jadi roti goreng aja, campur kumbu kacang ijonya (kumbunya berhasil horee:) hehehe

    aku penasaran, beda pemakaian fermipan dan baking powder. atau mungkin harusnya aku pakai baking powder ya? mungkin juga karena takarannya gak pas (pakai kira-kira) lain kali aku pakai timbangan deh (ambil dulu dirumah lama) hehehe

    btw aku sukaaa bgt resep2 mbak Diah.. apalagi kue ku ini:) Ganbatee semangatt:)

    Thank youu ya Mbak Diah:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu tadi..ikuti resep aja ya Mba..kalau kayak roti...bakpao..dll..jgn di kira2 sdr ukurannya..:D..klu masakan..nggak masalah di kira2..:)
      Semangat ya..^^

      Delete
  10. Mbak Diah kalau 1/2 bungkus ragi itu berapa sendok teh ya? dan adonan setelah diisi apa tidak perlu didiamkan lagi seperti adonan bakpao yang lainnya. atau langsung dikukus .terimakasih Mbak Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf aku lagi nggak punya stock ragi Mba..jadi nggak bisa ngukurin..tapi satu bungkus ragi itu kan 11 gram,kalau separonya jadi..5.5 gram..di timbang aja ya..pakai timbangan digital..atau beli ragi instan bungkusan aja..tinggal di paro gt..:)
      Iya..langsung aja di kukus..setelah di bentuk..:)

      Delete
    2. ikut nimbrung ah, karena saya penasaran saya pakai takaran sendok yg banyak bulet2 itu,, jadinya1/2 sdm :D untuk 1/2 bungkus fermipan

      Delete
  11. Terigunya , jenisnya apa ya Mbak Kunci, Segitiga atau Cakra ? terimakasih Mbak Diah.

    ReplyDelete
  12. Dari beberapa resep Bakpao ,yang mana menurut Mbak Diah yang paling enak dan empuk. kalau yang menggunakan santan apakah tidak cepat basi ya Mbak? Terimakasih Mbak Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kalau itu tergantung selera ya Mba..kalau aku sich..karena suka citarasa jadul..ya paling suka ini mba..lebih gurih..kalau resep bakpao lain tuch empuk..tapi agak anyep ya..kulitnya..kalau ini..enak. Bakpao kan memang kue nggak bisa sampai berhari2 gt ya Mba..jadi nggak masalah buat aku..kalau bikin ya..maksimal 2 hari harus habis..:)

      Delete
    2. Sebenarnya bisa siy mba sisa bakpao disimpan di freezer. Ntar klo mau dimakan, dikukus lagi. Temen yg orang china suka gitu. Malah ada yg disimpan di tempayan yg dan dipendam di tanah waktu winter. Jadi beku gitu..

      Delete
  13. mba Diah :D terimakasih resepnya,, sukses saya bikin ini ,, tapi gaktau kalis apa gak karena blm pnah ngulenin kalis2an,, pokoknya yg masuk santen itu saya ulenin sampe 15menit :D terus yg masuk mentega saya ulenin 10 menit,, untung ngembang sempurna walau hari ujan :D hehe,, tapi kl habis dikukus itu emang masih lembut ya mbak adonannya, beda kayak yg bakpao beli jajan jajan itu :D iya gak sih, udah tak kukus 10 menit hehe takut gak mateng nih pdhl waktu diicip panas2 udah habis 2 bij aja, maaf komen nya panjang hihihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya..kalau habis di kukus ya ngembang Mba Indah..kayak bakpao2 atau roti kukus biasanya itu..cuma beda tekture agak ada liat2 dikit gitu..karena kan ada santan dan kentangnya di adonan...tapi adonan tetep berpori kayak roti kukus..:)

      Delete
  14. Mbak diah... nyontek resepnya.... aku suka makan bakpao tapi beli ditukang lewat gak enak jd pengen bikin sendiri. disini juga ada yang jual bakpao ubi ungu tapi ya udah versi modern.... makasih ya mbak.... peluk erat:) -ummu habiba-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ummu..met coba ya..ini bakpao versi jadul Mba..aku suka tapi..enak dan lembut..:)

      Delete
  15. Klo pewarna nya dicampur pas kapan ya? Kentang nya saat panas2/tunggu dingin? Tks y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas di uleni adonannya Mba..kentang dinginkan dulu ya..:)

      Delete
  16. hai mbak...apa kabar?? sdh sehat kah? mbak aq dah nyoba resep yang ini...soalnya masih punya kumbu di kulkas :D ...mbak resep yang diatas kumbunya memang ga pake santan ya mbak??oiya kemarin pas nyoba kentangnya masih agak panas...tapi alhamdulillah rasanya enak mbak...klo masih panas pengaruhnya gimana mbak?

    makasih mbak diah resepnya enak semua...jadi ndak ragu kalo mau nyoba...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lupna..alhamdulillah..:)
      Kumbu..sesuai selera mba..boleh pakai santan..boleh tidak..:)
      Klu panas raginya bisa mati Mba..:)

      Delete
    2. owww...gitu ya mbak...klo pake ragi ndak bisa kena panas y mbak...tapi klo hangat gimana mbak...aku pernah mbaca ada resep yg raginya dicampur ke air hangat? berarti klo kueku atau onde2 kan ga pake ragi berarti kentangnya bisa dicampur pas panas y mbak?

      Delete
    3. Panas kan beda sama hangat tho Mba..:D..Ragi itu mikroorganisme hidup...kalau kena panas tinggi ya mati..beda kalau kena yang hangat2..dia kan nyaman..dan bisa cepet bekerja di adonan..:)
      Mba Lupna suka air panas atau hangat hayo..hihi..klu mandi ??

      Delete
  17. kalo mandi pake air dingin mbak...hahaha...iya2 mbak ternyata panas dan hangat berbeda ya :D

    ReplyDelete
  18. pengen cepet2 ke toko beli santan instan, soalnya bahan yg lain dah ada. maaf mbak, klo kentangnya diganti labu kuning bisa nggak? apa ada takaran bahannya yg diubah juga? soalnya msh ada sisa labu kuning gara2 ngiler cake kukus labu kuningnya mbak Diah yg alhamdulillah sukses mbak, suami ma anak2 suka meskipun nggak aku cetak kecil2 tp aku tuang ke loyang kyk marmer cake gitu hi.hi.hi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dira..sipp..di tuang di loyang juga malah praktis ya cakenya. Di coba aja Mba..aku kok ya pengen nyoba juga bikin bakpao ini pakai labu kuning..belum pernah soalnya..:)

      Delete
  19. mbak aq tadi pagi udah praktein ni resep,,, tpi isinya aq ganti coklat sama selai stroberi,,,, hehehe soalnya lagi gk punya kacang ijo,,, tpi anakku yg baru setahun suka bgt,,, cemal cemil udah hbis 2,,,,, mkasih resepnya mbk diah... semua resep mbk diah yg aq coba gk pernah gagal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Dewi..sama2..iya Mba..isian bisa di ganti sesuai selera..kalau anak2 memang lebih suka coklat..selai gitu ya..:)

      Delete
  20. mbak..kalau santan instan itu diganti dengan santan kental yg asli ( dari kelapa langsung) bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba Shyswy..asal kental ya..jangan kebanyakan air ya..:)

      Delete
  21. wah enak nih....mba Diah, kalau pakai mentega putih bisa ngga?

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah kue bakpaoq jadi dg lembutnya, enaak...jd seneng deh. Makasih y mb DD ats resepnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Weni..:) yukk cobain resep lainnya ya..:)

      Delete
  23. Malam mba..lagi muter2 nyari resep kue yg blm pernah dcoba,jdi menclok dsni ni..jdi flashback kmasa lalu nie..hehee..mau tnya mba,ni kalo pke terigu segitiga aja bisa ttp ngembang ga kuenya?trus pngn iseng2 ni ,itu juga klo bisa lho..dhias kya bapao karakter gtu bisa ga ya?hihii..kya bisa aja ya.makasih.eny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba...bisa kok ngembang pake segitiga biru :) di hias bisa juga jk mau..:)

      Delete
  24. Mba Di,kalo kentang kukusnya diganti tepung kentangnya Mba Di itu takarannya tetap sama gak?

    ReplyDelete
  25. Mbak aku lg nyoba bikin bakpao buat dijual, jd nggak pake kentang n santan, krn sy jual nya yg mur mer, tp hasilnya hbs dikukus kok bnyk yg keriput, mengapa ya mbak? tlng jwb secepatnya ya, aku butuh skl nih, omsetku turun bnyk nih.

    ReplyDelete
  26. Mba dd, sdh dicoba resepnya, enaakk.... Cuma hasil kueku punyaku ga semulus punya mba, gradakan gitu bentuknya, knp yah mba? Tq -susan-

    ReplyDelete