Monday, May 6, 2013

Sarapan Yukkk...Bihun Godog Jawa...^^


Good Morning..^^..udah sarapan teman2..?

Sarapan dulu yukk..nich aku masak bihun godog..masakan bihun ala Yogya..kalau pas lagi bosan sama bihun goreng..aku selalu bikin ini buat sarapan..enakk..segerr...^^


Bihun godog ini..resepya masih sama sich..kayak bikin bihun goreng biasa..cuma ini versi yang komplet..bihun goreng Jawa..yang pakai suwiran ayam..telur dan bakso juga. Jadi komplet dech..karbo ada..protein ada..sayur ada..pas kan..buat menu sarapan yang sehat.

Bihun godog...gini..paling enak di masak pakai wok tuch..wajan besi yang biasa ku masak buat nasi goreng, mie goreng atauun masakan tumis cepat lain atau buat nggoreng2. I love my Wok..hihi..jadi biarpun aku punya panci2 masak 1 set canggih yang tebal2 dari Jerman hadiah suami..wok ku ini tetep the best..paling ku sayang di dapur..haha..*lebay ya*....soalnya jadi teman setiaku sehari2 buat masak. Enaknya masak pakai wok tuch..masakan bisa matang sempurna..api bisa besar..jadi berasa masak ala abang2 mie keliling tuch..yang masak mie pakai api besar..jadi cepat matang..tapi nggak gosong dan  sayur2an masih segar..nggak layu di masakan. Wok ku nich udah lama banget..hasil..ngembat punya ibu ku di Yogya..hihi..lha aku nggak suka kalau beli wok baru..biasanya suka karatan gitu kan..nah..kalau mengambil punya ibuku tuch enak..walau udah butut woknya..cuma udang kiclong..licin..nggak lengket dan nggak pernah karatan..karena ibuku rajin merawat wok wok beliau dengan sering menggonseng ampas kelapa sampai woknya licin dan anti karat. Walaupun wok ku nich pernah jatuh dan kupingnya tinggal satu..hihi...antik dech pokoknya..tapi tetep bandel lho..buat masak dan menemani setiap pagiku di dapur..^^

Walah..malah cerita soal wok ya..yukk kembali ke bihun ya..kalau mau coba masak bihun godog nich..resepnya sama sich kayak masak bihun goreng..bedanya cuma pakai kuah..nich resepnya ya..enyakk....sajikan dengan sedikit kecap..jika suka..jika tidak ya kuah putih aja juga enak dan gurih..plus acar ketimun dan ceplusan ranjau cabe rawit..huh hah..pedes dan seger..hihi..

Bihun Godog Jawa

Bahan-bahan :
150 gram bihun ( seduh dengan air saja ya kirra2 1 /2 jam..jangan di rebus..nanti bisa hancur )
1 sendok makan kecap manis ( kecap bisa di campur ke dalam kuah atau di sajikan terpisah )
1 butir telur, dikocok lepas
1 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm
2 lembar (50 gram) kol, diiris kasar, 1 buah wortel di potong tipis ( kalau wortel nich tidak wajib..tambahanku aja biar lebih warna warni bihunnya ^^)
2 tangkai (25 gram) caisim, dipotong-potong
1 potong  paha ayam , dan  bakso secukupnya
½  sendok teh garam dan 1 sendok the bumbu kaldu bubuk rasa yam ( secukupnya )
½ sendok the gula pasir
800 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis
1 tangkai daun seledri, diiris halus untuk taburan
1 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/ 2 sendok teh merica bubuk
2 butir kemiri, disangrai
1 sendok  ebi, disangrai
Cara membuat:
  1. Rebus paha ayam bersama air, 1 sendok teh bumbu halus, 1/2 sendok teh garam, dan 1 lembar daun salam sampai matang dan berkaldu. Angkat dan ukur 800 ml kaldunya.
  2. Goreng ayam dalam minyak yang sudah dipanaskan  di atas api sedang sampai kuning kecokelatan. Angkat dan suwir-suwir. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Sisihkan ke pinggir wajan. Tambahkan telur. Aduk sampai berbutir.
  4. Masukkan bakso, daun bawang, kol, dan caisim. Tumis sampai layu.
  5. Tambahkan ayam suwir, garam, gula pasir, dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata. Tuang kaldu ayam. Didihkan.
  6. Masukkan bihun. Aduk rata. Masak sampai mendidih.
  7. Sajikan bihun godog dengan taburan selederi dan bawang goreng serta acar.



No comments :

Post a Comment