Tuesday, May 21, 2013

Menu Makan Siang..Sayur Lodeh dan Pepes Pindang saja..^_^




Hai2..sudah makan siang teman2..kalau belum..ayo mampir dapurku…tapi cuma ada menu sederhana saja sich hari ini..yaitu sayur lodeh bumbu iris..plus pepes ikan pindang. Biasa..menu ndeso teman2..tapi kok ya cukup nikmat lah buat santapan makan siang hari ini. Sayur lodehnya seger..karena bumbu2nya di iris saja..tidak di haluskan..di makan sama pepes ikan pindang yang gurih dan berbumbu pedas dan bumbu banyak kok ya pas banget rasanya. Cuma kurang tempe goreng aja nich..cuma lagi ngga punya stock tempe segar  nich..punyanya Cuma tempe yang sudah semangit..jadi paling enak yang di cemplungin aja ke sayur lodehnya…^^


Sayur lodeh…pasti semua udah bisa masak ya..tapi tetep ku tulis resepnya..sayur lodeh iris ala aku..siapa tahu ada yang mau coba. Kalau ikan pindang..tau kan..itu lho ikan olahan kecil2..yang di kukus bersama bumbu2 dalam keranjang kecil2 …sehingga di sebut juga pindang keranjang. Macam2 ikan yang di buat kan indang ini..ada ikan tongkol..bonggol dll. Semuanya sich enak menurutku. Ada ukuran ikan pindang yang agak gede2..atau kecil2. Aku suka yang kecil2..karena lebih gurih..dan jika di pepes juga enak..bumbu bisa meresap ke dalam ikannya..jadinya gurih dech pepesnya. Untuk pepes aku pakai bumbu standart pepes aja komplet..tapi yang nggak boleh ketinggalan adalah kemiri..aku suka pepes pakai kemiri..karena rasanya jadi semakin gurih. Dan..jangan lupakan kemangi ya..kalu kita buat pepes..supaya aroma pepesnya semakin sedap..jika suka rasa yang asem2 seger..tambahkan pula beberapa potong tomat di atas pepesnya. Dah..sedap dech..komplet rasanya..gurih..harum wangi kemangi dan asem seger dari tomat..ambil nasi sepiring..kurang dech..hihi..*kapan dietnya sukses kalau gini yach…*


Oke..selamat makan siang teman2..semoga cocok dengan menu hari ini. Mau coba resep sayur lodeh dan pepes ala aku..ayukk di simak resep2nya ya..


Sayur Lodeh Bumbu Iris


Bahan-bahan :
1 buah terong , kupas dan potong2 kotak kecil
50 – 100 gram kacang panjang, potong 3 cm, tempe semangit 50 gram, potong kotak
25 gram daun melinjo
6 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan, disangrai
2 butir cabai merah besar, dipotong serong
2 buah cabai hijau besar, dipotong serong
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
1000 ml santan encer atau sedang dari 1/2 butir kelapa


Cara Membuat :

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan ebi, cabai merah besar, cabai hijau besar, daun salam dan lengkuas
  3. Tuang santan. Masukan sayuran, tempe serta bumbu2 lain. Masak sampai lunak dan bumbu meresap.



Pepes Ikan Pindang


Bahan :

2 keranjang ikan pindang kecil2, cuci dan buang kotorannya.

10 buah cabai merah

5 buah cabai rawit merah

6 butir bawang merah

3 siung bawang putih

4 butir kemiri

1 cm kunyit

1 sendok teh terasi

1 sendok teh gula merah

1 sendok teh bumbu kaldu / garam secukupnya

Kemangi 50 gram, petiki daunnya

Tomat merah 2 buah potong2 kecil


Cara membuat :
Haluskan semua bumbu2 pepes sampai halus, aduk dengan ikan pindang. Tambahkan kemangi aduk rata. Bungkus pepes dengan daun pisang, taruh 2 potong tomat di atasnya.Lalu bungkus seperti bentuk  pepes pada umumnya. Kukus 30 menit, lalu bakar sebentar sampai harum. Sajikan.


Eh iya..hampir lupa..ada bakwan udang juga buat maksi nya..yukk selamat menikmati..^_^..
























21 comments :

  1. Aduh Makkkk, mupengggg :)
    Besok bikin pepes ah..hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...Ya2..Mak Prit...enak dan sedep pepesnya..ayo di coba ya..^_^

      Delete
  2. Aku suka lodeeeeh *tapi enggak boleh sering-sering krn pake santen... Pepes, anakku suka ikan tapi digoreng *mupeng lihat pindangnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Iya Mak Astin..santan kolesterol ya.makanya aku suka pakai santan cair aja kalau bikin lodeh..wah di goreng juga enak ..pindangnya Mak..palagi pakai tepung ..^_^..sama sambel..wah enak lagi..

      Delete
  3. ninggalin jejak ahh disini ^.~mumpung lagi ngelaptop hehehehehehehehehe
    maaaaak masih sisa ga lodeh, pindang dan bakwannya?? mintaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak..udah ninggalin jejak indahnya di sini..hihi..wah masih banyak..suami lembur nich..ayo..mari mampir sini..ke dapurku..^^

      Delete
  4. dari kemaren2 liat inbox sepi gak ada postingan dari mbak diah, hari ini lihat inbox ada serentetan postingan dari mbak diah
    *tiba2 mabok resep* hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ketimbun resep ya Mba Nisrina..lagi menyemangati diri sendiri..jadi mau posting resep apa yang di masak tiap hari Mba..moga bisa jadi inspirasi menu harian ya..buat semua..^^

      Delete
  5. Replies
    1. Hihi..udah ada pepesnya Mba Noorma..pedasssss juga lho..^^

      Delete
  6. klo tiap hari mampir ke rumah mak diah, bakalan gendut terus nie, makan-makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...iya bener Mba Lisa..suami Sy jadi tambah ndut..Sy juga..gagal terus dietnya..hihi..

      Delete
  7. Sayur lodeh sayur sejuta umat :)
    Seminggu nggak masak lodeh rasanya ada yang kurang, apalagi kalau ada sambel ikan asin, wow jadi ngiler *ngences*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...Tul banget Mba Indah..masakan harian yang uenak ya..pas banget tuch..pakai ikan asin..cuma lagi nggak punya kemaren..^^

      Delete
  8. Wah mbak thx ya.. btw blh nanya resep bakwan udangnya skalian gak??mnarik liatnya.... mksh

    ReplyDelete
  9. udah ada di blog Mba..di search aja ya..:)

    ReplyDelete
  10. Hallo mba Diah, apakah resep ini juga bisa untuk ikan makerel?? Apakah daun kemangi bisa diganti dengan daun jeruk?
    Thx mba Diah.
    -Ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ida..ikan apa aja enak di pepes..boleh di kasih daun jeruk..tapi jangan byk2 kayak kalau pakai kemangi ya..cukup beberapa lembar saja ..:)

      Delete
  11. Ohh...thanks mba Diah...:-D

    ReplyDelete
  12. halo mb diah .. salam kenal.. sy aufia orang magelang hehehe ya dket m jogja :)
    mnta ijin blajar masak pke resep mba diah y... mantapp bgt liatnya..
    pgn masakin suami hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..salam kenal juga....sipp selamat mencoba ya.semoga sesuai selera..:)

      Delete