Sunday, May 5, 2013

Empek Empek Lagi....kali ini coba Empek Empek Pistel...^^


Weekend..waktunya masak yang beda dari hari2 biasa teman..yang enteng2 aja..kali ini pilihan jatuh ke..empek empek lagi..hihi..lha kemaren nemu ikan tenggiri seger2 di pasar..murah..cuma 15 rb per kg..walau kecil2..tapi seger..ya udah..angkuttt..^^..jadilah empek2...kemaren. Aku buat adonan dasar empek2 dari adonan empek2 dos Ny Liem..cuma ku tambahin ikan tenggiri..jadi kali ini empek2nya asli lho..pakai ikan..hihi. Adonan dasar ku buat 3 macam empek2..yaitu empek2 pistel..empek2 kapal selam dan empek2 lenjer buat Yodha.

Udah pernah makan empek empek pistel teman2 ?..Aku..ya baru pertama kali ini..kalau jenis empek2  lain kayak kapal selam..lenjer..lenggang..keriting..dll..kan udah sering makan ya..baik beli ataupun bikin sendiri..tapi kalau empek2 pistel ini jarang ya ada kecuali di Palembang sana..di daerah asal si empek2. Empek2 pistel ini adalah empek2 yang bentuknya seperti pastel..mungkin itulah mengapa di sebut empek2 pistel ya..isinya bukan telur..tetapi pepaya muda..hihi..aneh ya..aku pertama juga ragu dan heran mau coba..tapi  karena penasaran ya ku coba juga. Tapi tetep bikin yang isian telur buat papinya Yodha ..soalnya..*pak boss nich..nggak suka empek2 yang aneh2..sukanya ya cuma yang isi telur doang..hihi.

Nah kemaren cerita2 sama Budhe tukang sayur langgananku..pas aku nitip ebi buat bikin empek2..katanya..enak lho Bu..bikin empek2 di isi tumisan pepaya muda..aku bilang..ya..pernah denger sich..cuma apa enak..??..Budhe sayur bilang..enak kok bu..!..Karena dia pernah di kasih oleh pelanggannya yang asli orang Palembang..dan aku tanya dech isinya gimana buatnya..kalau adonan dasar empek sich aku udah manteb pakai resep Ny Liem..yang ku modif sedikit...enak..empuk ..nggak alot kayak resep2 lain yang udah pernah ku coba. Nah..kata Budhe sayur ..yang udah di ajarin sama pelanggannya yang orang Palembang itu, isi empek2 pistel ini intinya tumisan pepaya dan  bumbunya ya kayak tumis biasa..cuma di tambah ebi. Akhirnya aku browsing juga tentang isian empek2 pistel ini..emang sama..rata2 ya tumisan pepaya muda..walau ada yang resep isian pepaya muda dari Ny Liem..malah pakai santan..hemm..kurang cocok dech menurutku..hihi..yo wis..akhirnya ngikut yang resep dari Budhe Sayur aja yang dapat dari orang Palembang asli...langsung dech kemaren bikin. Cuma..bayanganku..kalau tumisannya berbumbu..apa  nanti nggak bentrok ya..rasanya sama kuah cukonya yang udah kuat juga bumbunya..? Udah..pikir nanti setelah matang..batinku..kalau nggak di praktekin mana tau ya..rasanya gimana..^^

Akhirnya..jadi juga dech empek2 pistelku...gampang mbentuknya malah..wong isinya ndak cair kayak telur..jadi bisa lebih rapi daripada empek2 kapal selam bentuknya. Terus..aku goreng dan cobain dech rasanya..hemm..enak juga..cuma..bener dech..tebakanku..isi empek2..bentrok dech rasanya..sama kuah cukonya..hihi..*aneh ya bahasanya*..maksudnya..kan keduanya sama2 berbumbu kan..pakai ebi semua..jadi menurutku..next time..kalau buat empek2 pistel lagi..akan lebih enak kalau isinya sedikit tawar saja..di tumis dengan sedikit bumbu saja..jadi rasa isinya lebih soft dan tidak saingan sama kuah cukonya..*just my opinion sich..mungkin kalau orang asli Palembang ya  beda ya seleranya sama aku..hihi..jadi..di resep bawah ini..ukuran bumbu tumisan pepaya isinya..belum ku tulis ya ..karena yang kemaren belum pas menurutku..masih terlalu kuat untuk isian empek2..jadi next time kalau aku coba lagi..baru ku tulis..over all..rasanya enak dan unik..karena pada dasarnya aku suka empek2..dan suka pepaya muda tumis..jadi klop dech..cuma lebih di modif lagi next resep isiannya..biat tambah oke..^^


Nah..penasaran dengan rasa empek2 pistel ini teman2..?.Ayukk..bikin sendiri..kalau nggak ada tenggiri..bisa pakai resep empek2 dos yang tanpa ikan kemaren..ku pikir juga enak kok..jadi selamat mencoba ya teman2..^^..jika males..ya udah cicipin aja nich..empek2 pistel buatanku ..hihi..
Enjoy..^^




Bahan Isian Tumis Pepaya :
Pepaya muda serut 250 gram

Bumbu :
Bawang merah
Bawang putih
Merica bubuk
Ebi
Garam / bumbu kaldu
Gula pasir
Air Secukupnya

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan putih iris sampai harum, masukkan pepaya muda dan bumbu2 lain serta  air.
Tumis hingga kering dan matang.

Empek - Empek Pistel 

Bahan Biang :
125 gram tepung terigu protein sedang
250 ml air
1 siung bawang putih yang besar, haluskan
3 sendok teh garam
1 / 4 sendok teh penyedap rasa
1 sendok teh gula pasir 
2 butir telur

Bahan Utama :
300 gram ikan tenggiri halus
200 gram tepung sagu / tapioka
Tumisan pepaya untuk isian

Cara Membuat :
Didihkan air dan semua bumbu untuk bahan biang. Masukkan terigu sambil di aduk hingga rata. Hati2 jangan sampai gosong. Adonan jadinya kental sekali. Dinginkan.
Setelah dingin..kocok adonan terigu dan ikan tenggiri dengan 1 butir telur dahulu, setelah rata dan tidak menggerindil, masukkan lagi 1 butir telur dan kocok lagi dengan mixer sampai adonan lembut dan halus.
Setelah itu, masukkan tepung sagu ,aduk rata, tidak perlu di uleni kuat2 ya..supaya tidak keras empek2nya. Adonan yang di hasilkan jadinya kalis dan enak di bentuk2..jika masih sedikit lengket , bisa di tambahkan lagi sedikit tepung sagu. Adonan siap di bentuk.
Didihkan air di panci yang besar. Ambil adonan empek2..bentuk bulat dan pipihkan.Isi dengan tumisan pepaya muda, lalu bentuk seperti pastel, lalu masukkan ke air mendidih..rebus sampai mengapung dan rebus lagi beberapa waktu..sampai benar2 matang semua..adonan maupun telur di dalamnya. ( kira2 20 menit )
Goreng empek2 saat akan di sajikan. Lengkapi dengan ketimun dan kuah cukonya. Sajikan hangat.

Kuah Cuko 
Jika cuma untuk 2 -3 orang..bikin separonya aja

Bahan :
500 ml air
250 gram gula merah
2 sendok  makan air asam Jawa kental ( Dari 50 gram asam yang di lumatkan dengan sedikit air )

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan ebi yang sudah di sangrai, dan di haluskan. ( yang ini harus pakai ya..soalnya yang bikin kuahnya enak ya ini kuncinya..^^..kalau tanpa ini..kuah empek2nya terasa hambar..^^ )

Cara membuat Saus :
Rebus air dan gula merah. Saring.
Rebus kembali dan masukan bumbu halus dan ebi.
Aduk sampai mendidih.
Jika mau buat sekalian , sisa saus bisa di simpan dalam botol dan di taruh di kulkas.




8 comments :

  1. Hallo mbak Didi, apakabar? mampir lagi ni Amel. Aku pengen banget bikin empek2, dan belum pernah bikin. Oiya mbak, mau nanya donk... itu empek2 koq pakai adonan biang ya? fungsinya supaya apa mbak? penasaran. Soalnya kalo aq lihat2 resep empek2 lainnya gak pake adonan biang, langsung aja tepung sagu dicampur dgn ikan dll. Mohon pencerahannya. Makasih mbak Didi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Amel..aku baik Mba..:)
      Dengan pakai biang,,lebih mudah nyampur adonan Mba..jadi nggak perlu di uleni terlalu lama..adonannya..karena di pancing pakai adonan terigu yang sudah di masak..:). empek jika di uleni terlalu lama hasilnya malah jadi keras.
      Jadi hasil empek2nya juga lebih empuk lho Mba..beda sama yang tepung di campur langsung...cobain dech..:)

      Delete
  2. mbak diah adonan empek2 dasar yg ini kayaknya hampir sama empek2 ku yg kemarin...empek2 dos tapi ditambah ikan...tapi kemarin adonan biangnya tak halusin dulu baru di tambah ikan jadi harus ditambah tepung lagi biar bisa dibentuk...kemarin pas masak juga kepikiran ikannya kok ndak ku halusin sama biangnya...tapi cuma kepikiran aja ndak dipraktekkan...huehehe...ehhh ternyata ada diresepnya mbak diah yg ini...seumpama aku lihat resep ini sebelum masak :D...berarti meski ada penambahan ikan tepung tepung sagu/tapioka ndak perlu ditambah ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lupna..lupa bilang kmrn ada resep versi ini juga. Iya..dank perlu di tambah tepungnya..:)

      Delete
  3. mbak tapi itu takaran tepung sagu/tapiokanya resep yg ini sms yg empek2 dos sama mbak...

    ReplyDelete
  4. mba, kalau adonannya ga usah di mixer bisa ga? seumpama saya cuman di kocok pake kocokan telur ...
    Sebelumnya,makasih mba atas jawabannya :)

    ReplyDelete
  5. Mba, di daerah saya susah sekali nyari asam jawa..kalau diganti cuka bisa tidak?saya lagi kangen berat makan pempek nih mbak..di daerah saya ga ada yg jual pempek..jd saya mau bikin sendiri aja..

    ReplyDelete