Thursday, May 2, 2013

Lele Goreng Kremes


Kremesan..taburan kriuk2 yang biasa kita jumpai di ayam goreng kremes ini..sebenernya bisa di aplikasikan untuk menggoreng bahan2 lain. Udang..ikan..jamur..dan bahan2 lain bisa kok di buat dengan di tambahin kremesan ini..jadi rasanya tambah enak dan istimewa. Ada berbagai versi kremesan..ada yang cuma dari tepung beras aja..seperti yang ku buat di ayam goreng kremes ala Mbok Berek kemaren..dan ada juga yang di tambahin tepung sagu..tentu saja tekture kremesannya jadi berbeda..kalau yang dari tepung beras dan santan kemaren empuk..renyah dan lumer di mulut pas di makan..tapi kalau yang pakai campuran tepung sagu..rasanya crunchy renyah dan masih ada gigitannya...( semoga jelas ya bahasanya..hihi..). Ada juga kremesan praktis yang tehnik membuatnya..adonannya dari tepung sagu semua dan di masak dahulu dengan kuning telur..terus di blender..setelah itu bahan yang mau di goreng kremes tinggal di celupkan ke adonan dan di goreng. Nanti ku upload juga..kalau aku udah buat lagi..kemaren2 lupa motret..pas buat kremesan praktis ini..rasanya enak dan renyah juga.

Nah kali ini aku  mau kasih salah satu menu kremesan lagi yang ku sukai..yaitu lele goreng kremes. Biasanya kalau kita goreng lele kan kadang jengkel ya..kalau suka lengket2 di wajan..nah kalau di tambahin kremes gini jadi aman dech..lelenya..utuh sampai matang..nggak lengket2 dan cowel2 lelenya. rasanya juga makin enak. Lele kan ikan yang selalu ada di pasar ya..harganyapun cukup murah dengan kandungan gizi yang tak kalah dengan ikan laut. Jadi jika bosan dengan lele yang di goreng biasa..sebenernya lele ini bisa di variasikan jadi berbagai olahan yang kreatif dan lezat. Bahkan sekarang sudah ada restoran yang khusus ya..dengan aneka olahan lele yang inovatif..seperti lele saus tiram..lele asam manis dll. Lele ini juga enak di buat batagor lho..nanti kapan2 ku upload resepnya..sekarang..lele kremes dulu ya..yang mudah dan sederhana bahan2nya..selamat mencoba...Jangan lupa..wajib olesi lele dengan jeruk nipis ya..untuk mengurangi bau amis dan lendir di kulitnya..jadinya tambah sipp dech olahan lele kita.

Lele Goreng Kremes
 
Bahan-bahan :
4 ekor ikan lele
1/2 sendok teh air jeruk nipis

Bumbu Perendam:
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
250 ml air

Bumbu Halus:
4 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit bakar
2 butir kemiri sangrai

Bahan Kremesan:
250 ml air rendaman
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
50 gram tepung beras
15 gram tepung sagu


Cara Pengolahan :
1. Lumuri ikan lele dengan air jeruk nipis. Cuci bersih.
2. Aduk rata bumbu perendam dan bumbu halus.
3. Rendam ikan lele dalam bumbu perendam. Diamkan 30 menit. Tiriskan.
4. Aduk rata bahan kremesan.
5. Celup ikan lele dengan bahan kremesan. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering.
6. Goreng sisa kremesan dengan minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.
7. Sajikan ikan lele dengan kremesan.

8 comments :

  1. Makasih resepnya mak, minta sekalian sambalnya dong yg kaya di wo*g solo itu lho, makasih.orin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada lho Mak..sambelnya..sambel terasi matang..http://www.diahdidi.com/2014/05/yukk-nyetok-sambal-terasi-matang.html

      Delete
  2. Mbak Diah, aku sering banget nih goreng lele kremes
    Bisa habis 3 ekor, padahal masih dua tahun :D
    Apalagi sama kremesnya
    Bisa anteng sambili ngrikitin kremes :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiii ada yg ketinggalan
      maksudnya yg habis 3 ekor dan suka banget kremesnya itu anakku

      Delete
    2. Sipp mba...wah..serunya Dedek lahap Makan padahal baru 2 tahun ya..pasti tumbuh sehat dan pintar nanti..:)

      Delete
  3. kremesannya bisa tahan garing brp lama y?mks

    ReplyDelete