Saturday, May 25, 2013

Brownies Pisang Ekonomis


Brownies...udah beragam resep ku coba..sampai2 Yodha dan papinya sudah rada anti sama brownies...hihi..gara2nya terlalu sering ku buatin aneka macam brownies. Jadi ketika kemaren aku ingin makan brownies..akhirnya bikin sedikit saja dengan resep yang simple dan bahannya juga sedikit. Hasilnya juga sedikit..hihi. Itupun akhirnya nggak ku makan sendiri..tapi ku bagi2 juga sama budhe sayur langgananku. Pokoknya kalau bikin apa2 nggak habis..ya ku kasih budhe sayur ini..buat di bawa pulang ke rumahnya. Budhe sayur langgananku ini orangnya asyik..bisa di ajak diskusi soal makanan karena selain jualan sayur dia nyambi kerja di catering..jadi tau juga makanan enak atau tidak..jadi sering ku jadikan komentator..enak tidak masakan atau kue buatanku..hihi. Soalnya ..kalau mau kasih ke tetangga..kalau nggak semua kebagian ya nggak enak juga..akhirnya ya kasih ke satu orang aja..yang tiap hari juga bantu aku dengan ku titipin macam2 belanjaan harian. Ada satu lagi sich tukang sayur langgananku yang baik..mas2 gitu..yang ini enak lagi..kalau aku kehabisan  bahan apapun..dia mau berbaik hati mebelikannya untukku..walau bukan sayuran..hihi. Walah..mau cerita brownies kok jadi nge lantur ke tukang sayur ya..hihi.


Brownies ini rasa pisang teman2..ini dalam rangka menghabiskan pisang juga kemaren..jadi browniesnya tambah legit karena ada aroma pisangnya. Dan rasanya juga pas saja..tidak terlalu manis. Selain pakai cup  kertas..brownies ini juga bisa pakai loyang brownies biasa yang ukuran kecil. Aku buat browniesnya malam..dan motretnya pagi..jadi keliatan agak basah gitu ya permukaannya pagi harinya..karena memakai pisang di dalam adonannya...tapi rasanya tetep enak. Kalau mau permukaannya kering ya lamain dikit manggangnya. Lumayan lah kalau pas lagi pengen..ya sekedar buat tombo kangen makan brownies..jadi nggak perlu buat banyak2.

Oke..yang mau coba resep brownies ekonomis..ini dia resepnya ..selamat mencoba..

Brownies Pisang Ekonomis

Bahan :
2 butir telur
75 gram gula pasir ( Kalau suka yang manis banget..tambahin saja gula sesuai selera )
50 gram pisang ambon kupas, di haluskan
60 gram minyak goreng
100 gram coklat masak pekat, di potong2
50 gram tepung terigu protein sedang
20 gram coklat bubuk
1/2 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat :
Panaskan minyak dengan cara di tim.
Tambahkan potongan coklat masak pekat.
Aduk sampai coklat larut
Tuang ke baskom.
Tambahkan telur dan gula, garam.
Kocok sampai kental.
Masukkan pisang ambon, kocok rata.
Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder sambil di ayak dan di kocok rata.
Tuang di loyang brownies atau di cup  kertas yang di alas cetakan alumunium bolu kukus / muffin.
Oven 30 menit dengan suhu 180 c sampai matang. sajikan.


19 comments :

  1. uwaaaaaaa,,,,jd laperrrrrr lihat ini,cocok bt sarapan nih sm teh tawar :D
    salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hanna..salam kenal juga ya..mksh udah mampir..^^..wah iya sipp emang di makan sama teh tawar..^^

      Delete
  2. saya jg klo bikin yg manis2 sdikit aja buat saya sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mak nathalia..saking seringnya baking..orang rumah yang di buatin sampe pada bosan..akhirnya ya buat sdr atau di bagi2..^^

      Delete
  3. Mba, aku juga mau jadi tukang icip2 sekaligus komentator... he hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah..boleh2 Mba Anna..kalau deket udah tuker2 an makanan kita ya..^^

      Delete
  4. mbak..panaskan minyak di tim itu sperti apa caranya..maaf saya baru mau mulai bljr masak n senang mencicipi resep baru..akasih mbak cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya gini Mba Amalia..siapkan dua buah panci kecil. Panci satu di isi air..lalu panci kedua di letakkan di atasnya. Kemudian di panaskan dengan api kecil. Nah di panci kedua inilah kita masukkan minyak dan coklat batangannya yang sudah di cincang..nanti akan meleleh sendiri..karena terkena uap air panas di bawahnya. Jadi kita melelehkan coklatnya tidak langsung kena api..kalau langsung kena api..bisa pahit dan gosong nanti coklatnya..bgt Mba..kira2..smg jelas ya..selamat mencoba..jika ingin update terus resep baru yang ku update tiap hari..join aja Mba..bisa follow this blog via email..atau google plus..mksh udah mampir ya Mba..^^

      Delete
  5. oke..makasih ya mbak cantik for ur info..ga nyangka fast respon euy.. langsung coba niihh buat cemilan suami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mba Amalia..met coba ya..di tunggu ceritanya..^^

      Delete
  6. mbak,cara menghaluskan pisang yg cepet gmn ya?/soalny kmrn pake blender mlh macet.mau aku tambahin ar tkut adonannya gak jadi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kerok aja Mba pakai sendok..kayak kalau kita ngasih makan ke baby itu lho..pelan2..hasilnya langsung halus..^^

      Delete
    2. kalo selain pake pisang ambon bisa gak ya???

      Delete
    3. Bisa Mba..pakai pisang raja juga enak..cuma yang benar2 matang ya..:)

      Delete
  7. Salam knal mba...
    Itu browniesnya bisa ga dikukus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah nyoba Mba..kalau mau brownies kukus..pakai resep yang Ny Liem aja ..enak..di search aja di pojok kanan atas ya..yang ada tulisannya go..dgn kata kunci, Brownies kukus

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete