Friday, May 3, 2013

Kekian Kukus...Yang ini..Asli...^_^


Memenuhi janji buat Mba Rini..ini aku buatkan Kekian asli..hihi..lucu ya..emang ada yang palsu..?..Ada..nanti aku cerita ya macam2 kekian. Kekian ini salah satu bahan makanan yang sering ada di freezer ku..jadi sering banget bikin..karena enak sekali di buat campuran mie goreng..nasi goreng..bihun goreng atau capcay. Dulu pas belum bisa bikin sendiri..pertama makan kekian ini kalau beli cap cay Semarangan tuch..kan banyak kekiannya..pasti rebutan sama suami..hihi..soalnya enak banget..begitu tau resepnya dan bisa bikin sendiri..walah..ternyata gampang banget dech bikin kekian tuch..jadinya ya mau makan kekian kapan aja bisa..^^

Ada yang belum tau apa itu kekian....?.Kekian itu ada dua versi cara buatnya..ada yang di kukus..dan ada yang langsung di goreng. Walaupun kekian yang kukus ..nantinya akan di goreng juga sich..jika mau di makan gitu aja..atau di buat lauk. Namun..kebanyakan kekian di buat campuran untuk cap cay..nasi goreng atau mie goreng  dengan di iris2 kecil serong....rasanya sangat gurih dan enak,..terbuat dari cincangan daging ayam..udang dan lemak ( kalau aku lemaknya pakai lemak ayam..yaitu kulitnya ), yang kemudian di campur dengan tepung sagu / tapioka, telur dan bumbu2, kemudian di bentuk seperti lontong pakai plastik atau daun pisang..kemudian di kukus. Sekarang bisa juga di variasikan dengan di bungkus kembang tahu kulitnya dan di gulung. Nah ini versi yang kekian asli..karena pakai daging ayam dan udang..serta lemak daging tadi...kalau yang palsu..ada juga..yaitu cuma kekian dari tepung aja..tanpa daging apa2..dan tanpa telur juga kadang..itu tuch yang sering buat cap cay kampung yang udah pernah ku posting juga resepnya. Kalau penasaran sama penampakan *kekian palsu*...liat di postinganku yang lama....klik di sini ya Cuma kalau kekian palsu ini..paling enak yang kekian goreng..soalnya..kalau kekian versi kukus nggak pake daging..nggak kebayang dech rasanya..cuma berasa tepung aja ya..hihi. Cuma kekianku yang ku bikin kemaren nich versi aneh..hihi..kemaren plastik pas habis dan nggak ada daun pisang..jadi ku taruh aja di loyang..terus di potong2 dech..sama kok enaknya...beda bentuk aja..hihi.

Banyak juga kekian ini di jual di pasar2 tradisional..apalagi di Semarang nich..di pasar2 yang deket Pecinan, cuma..kalau yang di jual di pasar2 tradisional tuch..banyak sich kekian yang enak2..tapi takutnya pakai lemak..si * piggy *..hihi. Makanya aku lebih suka bikin kekian sendiri..daripada beli..ya itu takut ndak halal buat kami. Soalnya..fungsi lemak buat kekian ini sangat penting..yaitu menunjang rasa gurih. Kalau bikin sendiri..aku pakai lemak kulit ayam..atau minyak ayam tuch..sama aja sich..dari kulit ayam yang di panaskan...sampai keluar minyaknya..daripada ribet..susah..cincang2 kulit ayamnya..alot..hihi..soalnya food prossecorku udah wasalam..alias rusak,..jadi ya terpaksa cincang2 manual..lha kalau di blender tuch nggak enak soalnya..harus di tambahin air kan..jadi nya terlalu halus..dan rasanya jadi beda.

Kekian ini..bisa di olah jadi macam2 masakan..selain di campur cap cay dkk. Bisa di tumis sama sayuran..di buat campuran sup..atau di goreng gitu aja..di celup kcokan telur juga enak..baut lauk. Di cemil dengan cocolan saus juga enak. Jadi..kalau bosan sama bakso..sosis dll..sekali2..cobalah bikin kekian gini teman2..pasti dech di sukai keluarga..karena rasanya yang gurih dan enak. Jika tidak ada plastik es yang panjang gitu..pakai aja cara sesatku..di taruh di loyang..kukus..mateng potong2 dech..tinggal di goreng atau di simpan di freezer..buat stock bahan makanan campuran aneka masakan. Yukk...mari biasakan bikin apa2 homemade..walau di luar sana banyak yang jual ya..yang pasti kan..lebih sehat..enak dan murah..Selamat mencoba ya teman2...

Kekian Ayam Udang

Bahan :
150 gram daging ayam bagian dada , cincang halus
150 gram udang kupas, cincang halus
50 gram kulit ayam , cincang halus ( atau 2 sendok makan minyak ayam, cara buatnya dari kulit ayam yang di panaskan sampai keluar minyaknya )
60 gram tepung tapioka 
2 butir telur
3 siung bawang putih 
4 siung bawang merah
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
Garam / bumbu kaldu secukupnya

Cara Membuat :
Campur ayam , udang , kulit ayam cincang halus dengan bahan2 dan bumbu2 lain. Aduk rata. Masukkan ke dalam kantong plastik es mambo..ikat kuat ujung2nya atau pakai daun pisang, bentuk kayak lontong. Jika tidak ada..pakai loyang aja juga bisa. Kukus selama 20 -30 menit sampai matang.

Kekian..yang udah di potong2 ..siap di goreng atau di simpan di freezer..^^


Tips :
Cara buat minyak ayam..kayak gini nich.  Kulit ayam di panaskan..dengan api kecil sampai keluar minyaknya. Nah..aku aku bumbuin sekalian tuch..kulit ayamnya..pakai bumbu ungkep kayak bacem gitu..bawang merah..bawang putih, ketumbar kemiri, garam gula..terus di masak pakai api kecil..sampai kulit ayam empuk dan keluar minyaknya sendiri. Jadi..sekali dayung..eh..sekali masak..dua olahan dech hasilnya..kulit ayam bacem..dan minyak ayamnya..hihi. Kulit ayam yang sudah berbumbu ini..bisa di goreng dech buat lauk juga..salah satu lauk favorit Yodha nich..karena kan empuk kulit ayam..^^..nah minyaknya tinggal kita saring buat campuran bikin kekian ini..kalau sisa..di simpan..enak juga buat menumis bumbu nasi goreng..campuran bikin dim sum..dll..karena lemak ayam ini bikin gurih. Suka liat kan..mie ayam yang di jual abang2 keliling tuch..suka di kasih minyak dari dalam botol..nah minyak itu juga minyak ayam ini..jadi rasa mie ayamnya jadi tambah gurih kan..

Gini nich..penampakan minyak ayam yang sering ku buat..banyak kan..itu minyak asli dari si kulit ayam lho minyaknya..plus hasil sampingannya..kulit ayam bacem..hihi


33 comments :

  1. Kayaknya enak tuh, Mbak....coba buat ahhh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..enak Mas..buat campuran mie goreng atau nasi goreng..atau di goreng aja..trus di cocol saus..juga yummy..selamat mencoba ya..^^

      Delete
  2. waa baru tau klo yg kotak2 rasany mirip siomay di capcay itu namany kekian..
    nyontek resepny ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Nathalia..betul..namanya Kekian..enak di campur capcay..nasi goreng..atau langsung di goreng gitu aja juga enak..Selamat mencoba ya...^_^

      Delete
    2. Mba mau tanya nih ... ga pake air ya mba...utk adonanny.. thanks y

      Delete
    3. Nggak Mba..pake telur aja...udah cukup nyampur kok..nanti kalau pakai air..malah kelembekan kekiannya..^^

      Delete
  3. Mbak.itu daging ayam dan udangnya klo dihalusin pke choper gt bs ngga ya mbak? Apa hrs dicincang halus biasa dgn pisau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Boleh Mba Dina..asal jangan ketambahan air ya..pakai food prossecor juga boleh..di resep ku tulis di cincang itu biar memudahkan buat yang nggak ada alat2 tersebut di rumah..^^

      Delete
    2. Jadi wkt ngaduk adonan nya itu kan ada tepungnya,itu pke telor aja gt y spy bs nyampur? G perlu ditambah air lg y mbak?

      Delete
    3. Nggak Mba Dina..tinggal di tambah telur aja..biar adonan nggak lembek..selamat mencoba ya Mba..^^

      Delete
    4. Hai mbak..sori nanya lg ada yg blm paham hehehe..jadi resep kekian di atas itu,kan pke merica sama gula (g ada garam),nah itu apa krn dari kulit ayam nya sdh berbumbu bacem itu?
      Nah klo wkt mbuat minyak ayam nya ga dibumbuin apa2,kan brarti hambar kan minyak ayam nya,lalu bumbunya kekian tetep merica sama gula aja?
      Soriii agak bingung ak hehehe...mohon penjelasannya yaaa....thanks....

      Delete
    5. Pakai garam atau bumbu kaldu Mba..cuma lupa nulis..hehehe..mksh udah di ingatkan.ntar ku update..minyak aym nggak berbumbu nggak pa2 Mba..karena kalau kit acampu rk emasakan misal kayak mie ayam gitu kan ya udah berbumbu tho mie ayamnya..jadi minyak ayam fungsinya cuma menguatkan rasa ayamnya..walaupun di bumbu bacem kulit ayam nya..hasil sampingan minyaknya juga nggak teras berbumbu banget gt..ya cuma kayak minyak bias agt lhoMba..tapi aroma ayamnya kuat..^^

      Delete
    6. Mbak...berhasil mbuat kekian nya ^_^
      Thanks yaaaaa *hugs*

      Delete
  4. Mbak, cara buat minyak ayamnya, apakah kulit ayam mentahnya dipanaskan tanpa ada tambahan minyak atau air? Supaya tidak lengket ke pan-nya (dan kemudian gosong), tipsnya bagaimana? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling mudah di masak dulu aja mba..sama bumbu2 sekalian..jadi kayak di bacem gitu kulit ayamnya..teru sdi masak dengan api kecil sampai air habis, terus aja di panaskan..nanti keluar sendir iminyaknya..liat di sini ya...detailnya :http://www.diahdidi.com/2013/06/sate-bacem-kulit-ayam.html

      Delete
    2. Terimakasih untuk pencerahannya. Ingin segera praktekin. :)

      Delete
    3. Ya Mba Pita..sama2..met coba ya..^^

      Delete
  5. Makasih ya mbak resepnya.. top beneraaaan... mau tanya dong.. itu kulit ayam yg diksh bumbu bacem, gula yg dipakai gula merah ya? Spt bumbu bacem yg sbnrnya. Atau pakai gula pasir. Di foto sih spt agak kecoklatan ya..untuk make sure aja. Makasih sblmnyaa.salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Monica..iya Mba..pakai gula merah aja..kayak bacem biasa..emang masih putih..kalau belum di goreng..kalau udah di goreng ..nanti mengkaramel jadi kecoklatan kok Mba..kulitnya..^^

      Delete
    2. Siaaap.. akan dipraktekkan scptnya ;)

      Delete
    3. Ya Mba..semoga sukses ya..^^

      Delete
  6. Mba, aku udah bikin kekian nya. Enakkkkk dan wangi nya itu lho ga nahan heheh. Mau tanya kalau disimpan di freezer bisa tahan berapa lama? Thank u for the wonderful recipe. Yummyyyy hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Evelyne..sama2 ya..seneng dech denger berhasil bikin kekiannya..:)..Kalau di simpan di tupperware tertutup di freezer kayaknya bisa tahan lama juga kok Mba..cuma..seberapa lama..aku belum uji coba..soalnya..kalau buat ya..cepet habis aja ..hihi..buat campuran nas gor..mie goreng.bihun..dll..tiap hari..jadi nggak sampe seminggu udah habis klu aku..:)

      Delete
  7. mbak aq dah bikin resep mbak tapi hasilnya kok sert ayamnya terasa bgt ya,,,apa karna aq pk ayam giling,,,apa perlu dihaluskan lagi,,,trus biar lebih kenyal diapain ya mbak,,,pengen kayak yg dipecinan itu tp aq muslim jd no babi,,,apa dicampur lemak sapi???
    makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau halus ya pakai food processor Mba..ayamnya di haluskan..:)
      Kenyal..tambahin tepung tapiokanya.
      Kalau resep di Pecinan..aku kurang tau ya..:)

      Delete
  8. Mba kalo g pake kulit atau lemak ayam gpp kah?terus perbandingan ayam+udang ma tepungnya tetep ato gimana mba?ak lupa beli kulit soalnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahin aja daging ayamnya ndak pa2 Mba Febri atau udangnya..:)

      Delete
  9. mbak, kira-kira 150 gram daging ayam, jadi berapa potongan kekian utk ukuran standar?

    ReplyDelete
  10. Wah searching bertahun tahun baru nemu skrg. Resep kemarin2 ternyata kekian palsu, pantesan ga kayak wktu beli di semarang. Saya sekrg di kota serang. Ga pernah nemu yg namanya kekian.susah bngt. Makasih mbak. Dah ga aktif lagi ya? Bagi2 resep lain donk

    ReplyDelete
  11. Wah....kekian ya namanya.mksh y mbk...resepnya simple, bonus resep minyak ayam lagi.

    ReplyDelete