Wednesday, May 22, 2013

Tongseng Iga Bakar...


Tongseng Iga Bakar..hemmm..menu yang aneh ya..mungkin teman2 baru denger ini ya..hihi..ya memang..ini menu karanganku sendiri..^^. Ceritanya tadi pagi liat Mas sayur langganan bawa iga sapi seger yang dagingnya tebel2..wis..langsung ijo dech matanya..angkut langsung. Terus sempat mikir..enak kali ya di buat iga bakar..tapi pengen juga makan tongseng yang seger. Akhirnya daripada bingung..yang udah bikin aja keduanya..di gabung aja..iga bakarnya di bumbu gule..pakai  bumbu gule instan aja..praktis..karena stock bumbu2 gulai fresh lagi nggak ada di dapur..adanya bumbu gule instan merk Bamboe tuch..lumayan buat gule. Iga bakar bumbu gule..aneh lagi ya teman2..?..Hemm ..kalau ini..ada yang jual sich..itu tuch di Ungaran..ada Iga Bakar Bu Tun..Iga nya di gule dulu..kemudian di bakar..rasanya..mak yoss..tentu saja. Nah..karena aku pengen tongseng juga..jadinya kuah gulenya nggak sampai habis kering gitu ngungkep iganya,..tapi di sisain untuk bikin kuah tongsengnya..pas kan..tinggal di tambah bawang merah dan bawang putih iris yang di tumis, terus di tambahin kol dan tomat buat sayurnya. Jangan lupa cabe rawitnya..cuma ku utuhin aja tadi..supaya Yodha bisa ikut makan kuah tongsengnya. Jadi dech..menu siang tadi..tongseng iga bakar..

Tapi..akhirnya menu tadi nggak jadi buat menu makan siang..tapi menu makan sore..hihi..lha tadi pas udah mateng..biasa kan..sebelum di makan..musti buat sajen *mbah kamera* dulu..hihi..tapi tadi lha kok hujan dan gelap..aku ambil beberapa jepretan..bener dech..kurang cahaya..mau pake cahaya lampu..kurang alami ya hasil fotonya..ya sudah..bersabar saja..menunggu hujan reda dulu..sapa tau matahari nongol lagi..dan beneran dech jam 2 an udah ada matahari lagi...jadi bisa foto2 tongseng iganya lagi.Yach beginilah nasib food blogger teman2..harus siap dan mau makan dalam keadaan makanan udah dingin..hihi..karena harus buat konsumsi kamera dulu. Udah gitu..walaupun kemecer pengen makan yang di masak dan laper..kalau belum dapet foto yang bagus yang di  tahan2 dulu makannya..hihi..tadi akhirnya makan siang pakai sayur lodeh maning..hihi..sama telor dan ikan asin saja..hihi. Makanya aku sangat mengerti..jika ada food blogger yang marah2 jika fotonya di copi atau di curi orang apalagi untuk kepentingan komersial..karena memang untuk menghasilkan foto yang lumayan bisa di nikmati..ya beginilah usahanya..hihi. Jadi harap maklum ya teman2..^^..kami ini memang kamera mania..hihi..jadi kalau makan2 atau wisata kuliner ke mana2 ya yang di tenteng kamera...kalau makan soto dll yang berkuah panas, nggak akan pernah menikmati dalam keadaan panas dan pakai acara tiup2 dulu..lha wong yang lain udah selesai makan..kita masih sibuk2 motret makanannya..hihi. Tapi..nggak pa2 kok..aku enjoy aja melakukan semua itu..it is my passion..^^

Dah..cerita pengantar menu hari ini segitu aja ya..yukk sekarang di simak  menu aneh ala aku ini..tapi rasanya uenakk lho..iganya mantab..ada aroma2 bumbu gulenya ..terus di bakar sambil di olesi margarin dan kecap manis..mak yuss..terus kuah tongsengnya juga gurih dan sedap. Jadi..bukan cuma sop iga bakar yang enak lho..tapi tongseng iga bakar juga enak..siapa yang penasaran rasanya..monggo di coba ya..^^..tongseng iga sapi bakar praktis ...ala aku..^^


Resep Tongseng Iga Bakar

Bahan:
500 gram iga sapi
1 bungkus bumbu  gule instan
750 ml air untuk merebus daging
500 ml santan encer

Bumbu tambahan untuk tongseng:
6 butir bawang merah, iris tipis,
3 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabai rawit, iris kasar atau utuh
100 g daun kol, iris kasar
1 batang daun bawang, iris kasar
1 buah tomat merah, iris kasar
1 sdt garam
1 sdt garam
3 sdm kecap manis

Cara Membuat :
  • Rebus daging iga dengan bumbu gule instan dan air.
  • Masak sampai air menyusut.
  • Tambahkan santan encer, masak sampai daging iga empuk, tapi jangan sampai kuahnya habis.
  • Tumis bumbu iris hingga harum dan matang, masukkan ke dalam rebusan iga dan masukkan bumbu tambahan dan sayuran kecuali cabai rawit dan tomat.
  • Masak sampai sayuran layu, tambahkan bumbu jika ada yang kurang.
  • Masukkan cabai rawit dan tomat. Aduk sebentar, angkat.
  • Sajikan hangat dengan nasi putih.


10 comments :

  1. klo sempat mampir kerumahnya mbak diah, wah bakalan ga pulang2 saya, pingin makan terus, makasih mbak ya resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayokk Mak Lisa..kalau ke Semarang mampir ya ke rumah..tak masakin..^_^..

      Delete
  2. Replies
    1. Hihi..silahkan di coba Mak Nathalia.enak lho..^_^

      Delete
  3. Aku suka tongseng tapi enggak suka daging, gimana dooong? tapi klo lagi kepingin terpaksa dagingnya aku rasakan seperti roti *Lho...Mba, adakah tongseng dari ayam getuuu? apa tongseng tahu? hihii

    Astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak suka daging..pakai jamur aja Mba Astin..jadi dech tongseng jamur..itu tuch..kayak menu di resto Jejamuran Yogya..rasanya..mantab juga..tak kalah sama tongseng daging..^^

      Delete
  4. Mbak Diah, mantap bgt resepnya. Tapi cara ngebakar iganya ga ada mbak? Atau ada di postingan lain? Maturnuwun infonya :) Salam kenal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..Pita.salam kenal juga ya..lha ..mudah saja bakarnya Mba..kan iganya udah di ungkep sama bumbu gulenya kan..jadi udah berasa bumbu gule iganya...nah setelah empuk di angkat aja dari kuahnya..olesin margarin dan kecap..terus di bakar..jadi dech..simple kan.^^

      Delete
    2. Sip mbak Diah, lain kali aku coba lagi yg bakarnya. Kemarin nyoba bikin ini, trs bingung gimana bakarnya. Akhirnya kuterusin aja jadi tongseng iga haha..:D

      Delete
    3. Oh gt Mba Pita..hihi..maafken ya..suka lupa nulis resep secara komplet ..:D

      Delete