Friday, May 10, 2013

Lentho..Gorengan Unik dari Singkong dan Kacang Tholo..enakk..^_^


Pagiii..udah sarapan teman2..?..Semoga sudah ya..hari kecepit nich..buat yang masih kerja..pasti pada males malesan ya..ayo semangattt..fighting..fighting....( sambil  ngangkat siku gaya orang Korea yang kasih semangat ke temannya ..hihi ) Semangat ya...besok kan udah libur weekend lagi nich..^_^. 
Biar tambah semangat kerjanya..nich ku kasih cemilan gorengan pagi2 ya..di temani teh atau kopi..enak..atau belum sarapan..di makan sama pecel juga enak banget nich. Nama gorengannya Lentho..ada yang belum pernah makan ?..nich cicipin ya buatanku. 

Lentho..adalah gorengan yang terbuat daring singkong, kacang tholo dan kelapa parut....rasanya..enak sekali..gurih dan terasa bumbu rempahnya. Kacang tholonya di rendam terlebih dahulu selama 3 jam..jadi nanti pas  tekturenya setelah di goreng..masih terasa sensasi kres kacang tholonya..dan bagian luarnya bisa kriuk kalau kita nggorengnya sampai renyah. Lentho memang harus berbumbu kuat. Bumbunya komplit dari bawang  putih , ketumbar, daun jeruk dan kencur. Nah..wangi aroma ketumbar dan daun jeruk inilah membuat lentho semakin enak dan gurih..yummy dech pokoknya. Jadi jangan sepelekan singkong ya..di Jawa..singkong bisa jadi beragam panganan yang enak2..salah satunya yang Lentho ini.


Di Semarang..Lentho ini masih banyak di jual di pasar2 tradisional..atau di warung2 pecel..ada juga. Tukang jajan yang sering lewat depan rumahku juga jual..dan enak juga...cuma..kalau beli kadang warnanya tuch coklat tua banget..kadang kehitaman..mungkin karena kualitas minyaknya ya..yang udah di pake berkali2..jadi kalau aku..lebih suka bikin sendiri..selain lebih enak..tentu juga lebih bersih dan terjaga kualitas minyak yang di pake..makanya lenthoku memang warnanya nggak kayak kalau beli ..jadi kuning keemasan..bukan..coklat kehitaman hihi. Terus..kalau beli emang kadang di gorengnya suka sampai rada kering banget hampir gosong..nggak kayak punyaku..cuma..kalau kubuat sampai renyah kuning kecoklatan..yang protes kameraku pasti ya..hihi..jadi nggak cantik ntar lenthonya..jadi..jika teman2 suka lentho yang renyah dan kering..tinggal di goreng aja sampai bener2 kering sampai kecoklatan warnanya. Ciri khas lain lentho ini adalah cap tangan..hihi..karena mbentuknya memang di kepal2 pakai tangan sampai padat ..nah jadinya ada cap tanganya...jadi kalau beli kan bikin il feel ya..ada cap tangannya orang lain ^^..jadi lebih baik bikin sendiri. Yukk..mari..jika mau cicipi kudapan unik dari singkong ini..cobain ya..gampang banget dan enak rasanya..murah meriah pula..selamat mencoba.. ini resepnya ya..Lentho ala aku ..^_^

Lentho

Bahan :
300 gram singkong parut ( peras sedikit airnya jika singkongnya kandungan airnya , jika tidak yang nggak usah )
Kelapa parut 1/2 butir
Kacang tholo 100 gram ( rendam 3 jam )

Bumbu Halus :

2 siung bawang putih
1 cm kencur
1 sendok teh bumbu kaldu instan / garam secukupnya 
1/4 sendok teh ketumbar
2 lembar daun jeruk purut
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Campur singkong parut dan kelapa parut dengan semua bumbu. cicipi..sampai rasa gurihnya pas..jika kurang bisa tambahkan garam . Ambil sedikit adonan..kepal bentuk lonjong pipih dengan tangan. Goreng di minyak yangs udah panas..sampai kuning keemasan..atau sampai coklat renyah..jika suka. Sajikan untuk cemilah atau pelengkap pecel..yummy..!


27 comments :

  1. Kacang tholo itu yang kayak gimana mba?
    Belum pernah makan cemilan ini nih.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacang tholo tuch yang kecil2 coklat itu,nampak kan di foto terakhir...Mba Matris..kalau di Jawa biasa di sayur juga untuk sayur brongkos atau sayur sambal goreng,..Mba tinggal di mana?..coba cari di pas trad..semoga ada..^^

      Delete
  2. Bertanya-tanya:
    apa ya nama lain kacang tholo???????
    #bengong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ndak usah bengong Mba Siti..lha..namaaya di Jawa juga cuma itu je..Kacang Tholo..sampai aku telp ibuku di Yogya tadi..nama lain kacang Tholo apa..hihi..beliau bilang yo cuma itu namanya..kalau tanamannya sejenis kacang panjang yang buat sayur itu lho..cuma lebih pendek dan ndut2..kpn2 tak fotoin dech buah aslinya sebelum di kupas..klu mudik..^_^...

      Delete
    2. halo mba2.. ini makanan fav aku jg.. hehehe, kl di US Kacang tholo = black eye peas mba.. mantep tenan...

      Delete
  3. Di sini jarang Mba Diah, aaaaduuuh cabenya enggak nguatiiin. Salam kenal Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Astin..kalau nggak ada kacang tholo..bisa di ganti kacang biasa Mba..kacang yang buat kacang bawang ituch..di iris kecil2..enak juga..:)

      Delete
  4. Lentho sama mentho hampir sama ya Mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hampir Mba..emang sama ya kayaknya..:)..kalau di Salatiga..kayak gini di sebut Mentho Tholo ya..suka ada di warung2 Soto ..kayak Soto Esto yang terkenal ituch lho..:)

      Delete
    2. Hehehe Hanya memastikan saja, karena Bapak Ibu kan dari Boyolali, klo ke sana pasti beli deh..

      Delete
    3. Iya Mba Esty... makanan sama..tapi namanya *be ti* ya..beda beda tipis..:)..Lentho..dan Mentho..hihi

      Delete
  5. wah ini kesukaanku mbak...dulu pas hamil pernah ngidam lentho.di tempatku gak ada yang jual,akhirnya pas berkunjung ke mertua di semarang dibuatin mertua deh hehehehe.oh iya aku pernah buat pakai kacang tanah karena di warung lagi habis kacang tholonya.enakjuga kok...tapi emang lebih gurih dan khas tholo ya mbak...karena kalo sampai garing terasa kremus2 gitu :) (rini-pml)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..baik banget mertuanya ya Mba Rini..emang di Semarang byk banget Mba Lentho.. di jual di pasar2 juga byk..kacang tholo juga byk..di T4 Mba nggak ada kacang tholo juga kah..?..BTW mertuanya di Semarang di mana..mampir ya..klu lagi ke Semarang lagi..:)

      Delete
    2. iya mbak..katanya kalo gak dituruti babynya ngileran hahaha....dulu kalo pagi beli sarapan pecel sukanya pakai lentho....di sini ada juga kok tapi seringnya dipakai untuk bothok,atau dibuat macam kering tempe itu lho Mbak....manis pedes gitu.ada juga jajanan yang mirip lentho ini namanya rondho kemul apa ya,ntar tak cari tahu dulu hehhehe udah lama ga lihat jadi agak2 lupa.mertua di Ungaran Mbak. Oh iya Mbak DD tinggal di Banyumanik ya....dulu aku lumayan sering sliwar sliwer banyumanik, kalo belanja juga lumayan sering ke pasar Banyumanik. Aku dulu kan ngekost di Tembalang Mbak...biar hemat kadang2 suka masak hehehe.Dan waktu bulan puasa aku jualan jus buah,bubur,dan kolak sama temanku. Nah...kulakannya ke pasar banyumanik juga.duuuh jadi nostalgia. Insya Allah,semoga diberi kesempatan Allah untuk bertemu mbak DD ya :) "rini-pml"

      Delete
    3. Rondo kemul..ih lucu...apa itu, baru denger..kalau di buat bothok aku tau..namanya bongko kacang tholo..^^

      Lha di Tembalang ya deket sama rumah ku Mba..kuliahnya di Undip ya dulu ..rumahku juga nggak jauh dr situ..yapp..moga2 bisa ketemu ya..Ungaran juga byk t4 makan enak2 skrg..^_^

      Delete
  6. Di Solo juga masih banyak yang jual. Tiap pagi banyak penjual jajanan yang lewat bawa lentho tp ya itu kalau dimakan, tenggrokan langsung sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Esty..sama kayak di Semarang ya..byk yang jual..makanya Sy suka bikin sdr Mba..lebih sehat..minyaknya..pakai yang kualitas bagus..jadi nggak sakit dech tenggorokannya..^_^

      Delete
  7. seneng deh nemu blog ini, menginspirasiku untuk masak sendiri dirumah. Ijin nyontek resep2nya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..silahkan...masak itu..mudah dan *menyeronokkan*..hihi..kayak kata orang Malaysia..artinya..menyenangkan..:D

      Delete
  8. Mbak Diah, kemarin saya bikin lentho. Rasanya sih enak, krenyes2, tapi gorengan ke-2 dst. ambyar...., jadi banyak menyerap minyak dan makannya disendoki. Hanya gorengan pertama yg lumayan bagus, sedikit retak2 tapi tdk sampai ambyar. Padahal sdh dikepal cukup kuat. Apa mungkin minyaknya kurang panas? Saya pakai minyak sedang. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba...minyak memang harus panas Mba..jadi pas masuk langsung berkulit lenthonya..atau nyatu gitu kan ada kandungan patinya ya. Tapi jika takut ambyar lagi..kasih tapioka aja dikit Mba..:)

      Delete
    2. Ok, lain kali minyaknya lebih panas. Kemarin agak stress wkt menggoreng, mau dibuang kok sayang, mau diteruskan kok wegah. Selain itu, cari singkong bagus sulit di pasar dekat rumah. Kemarin kulitnya bisa terkelupas dg sempurna, tapi warna kulitnya tdk merah muda tapi putih. Pernah dulu dpt kulitnya merah muda, tapi tdk bisa dikelupas dg mudah, dan mbuki, mungkin tdk baru ya. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    3. Iya Mba..singkongnya juga bisa pengaruh ke hasil akhir...misal jika singkongnya terlalu berair itu mudah ambyar..:)

      Delete
    4. Mbak, saya bikin lentho lagi, dan berhasil. Lentho tdk ambyar sama sekali krn dimasukkan pas minyak sdh panas sesuai saran mbak Diah. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
  9. Ah saya mah jadi pingin sayur santen kacang tolo :(

    ReplyDelete
  10. Kacang tholo dg kacang tunggak sama gak?ada lg kacang merah mungkin sama ya?

    ReplyDelete
  11. Kangen makanan ini mbak... Aku dari ambarawa... Dulu seneng banget jajan ini... Segera eksekusi... Makasih udah sharing resep ini mbak Didi...

    ReplyDelete