Wednesday, May 15, 2013

Ubi Ungu..jadi Pukis...Enak Dan Unik Rasanya


Pukis lagi teman2..jangan bosan ya..tapi kali ini spesial..spesial rasanya dan spesial warnanya..unyu unyu..cantik kan? I love purple..nggak usah mikirin mitos..ungu itu warna *janda*..hihi..aku pikir semua warna itu indah kok ^^. Pukisnya kali ini pun warna ungu..karena  pakai campuran ubi ungu. Hasil eksperimen resep terbaruku kemaren. Aku suka banget sama ubi ungu..di campur berbagai kudapan..bisa nambah enak rasa dan penampilannya.

Untuk membuat pukis ini..nggak perlu tambahan warna lain teman2..warna alami si ubi ungu ini sudah lebih dari cukup..dan  pukispun tampak genjreng kan ungunya. Karena ubi ungu memang mengandung senyawa pigmen warna ungu ( antosianin ) yang menghasilkan warna ungu cantik tersebut. Selain itu..ubi ungu juga banyak banget kandungan gizinya lho teman2..antara lain ubi jalar ungu ini lebih kaya kandungan vitamin A yang mencapai 7.700 mg per 100 g. Ratusan kali lipat dari kandungan vitamin A bit dan 3 kali lipat dari tomat.

Ubi ungu merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ubi ungu juga mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%.
Untuk kandungan lainnya yang ada pada ubi ungu adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan pigmen warna ungu ( antosianin ) bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

Selain itu, ubi ungu juga merupakan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sementara kandungan mineral dalam ubi ungu diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca). Manfaat ubi ungu ini bagi kesehatan juga banyak banget yaitu antara lain untuk mengatasi sakit Asma, peradangan, mengatasi penyakit pencernaan, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mengatasi brochitis , menyembuhkan diabetes..bahkan radang lambung dan kanker..baca selengkapnya manfaat ubi ungu di sini ya

Jadi..masih malas makan ubi ungu..rugi atuh..hihi..bahan makanan yang murah dan enak ini..bisa kita olah jadi berbagai kudaan yang enak kok..asal kita mau kreatif..yukks di coba ya teman..pukis ubi ungunya..enyakkk..^_^..ini dia resepnya hasil utak atik ku di dapur kemaren..

Pukis Ubi Ungu 

Bahan Biang Ragi:
1 sendok teh ragi instan
1 sendok makan air
1/4 sendok teh gula  pasir , aduk rata dan biarkan 15 menit sampai berbusa.

Bahan Pukis:
3 butir telur
100 gram gula pasir
180 gram tepung terigu
150 gram ubi ungu kukus, haluskan
100 ml santan kental
2 sendok makan margarin , lelehkan
1/4 sendok teh garam
Bahan taburan bebas..meises..kacang dll sesuai selera.

Cara membuat :
Kocok Telur dan gula sampai lembut. 
Masukkan tepung terigu sambil di ayak dan di aduk rata. tambahkan ubi ungu dan santan,aduk rata.
Masukkan biang sambil di aduk perlahan .
Diamkan adonan selama 30 menit.
Masukkan margarin leleh dan garam, aduk rata perlahan
Panaskan cetakan pukis..oles cetakan pertama kali memanggang pukisnya aja , di pemanggangan selanjutnya tidak  perlu. lalu tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan. Setelah setengah matang, taburi bahan taburan, lalu tutup hingga matang , masak pukis dengan api kecil ya supaya tidak cepat gosong. Sajikan.


9 comments :

  1. Waahh.. cantik dan menggugah selera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Niken..dari warna alami ubi nya lho itu..tanpa pewarna tambahan..silahkan di coba ya..makasih udah mampir..^_^

      Delete
  2. Ya ampuuuun, itu warnanya gonjreng menarik hati. ^_^
    Oke, salah banget habis olahraga mampir ke sini. Bawaan makin lapeeer. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Retma..genjreng abis ya..tapi aman lho Mba..dari ubi ungu asli warnanya..bener2 kayak ajaib dech..cuma ubi kukus di campur adonan..jadi warna yang bagus..mksh lho udah mampir sini..^_^

      Delete
  3. Mba DD....sy dah cb resep ini tp kok adonannya jd kental bgt ga encer spt yg di pedagang pukis. Pukisnya jd keras.
    Telur n gula dikocok kira2 berapa menit? Makasih mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai kental dan mengembang Mba Asri. Memang kan ini pakai ubi...tentu lebih kental adonannya Mba..beda sama pukis abang2 yang cuma pakai terigu. Tapi nggak keras sich harusnya pukisnya..:)

      Delete
    2. Makasih mba DD...masih penasaran. Insya Allah mau coba lg.

      Delete