Google Ad

Showing posts sorted by relevance for query Terik daging. Sort by date Show all posts
Showing posts sorted by relevance for query Terik daging. Sort by date Show all posts

Friday, July 28, 2017

Resep Menu Hantaran Spesial : Nasi Langgi Istimewa


Dalam keseharian kita, tentu ada momen khusus di mana kita sering berbagi makanan ke tetangga, saudara atau kolega kita ya teman-teman.Teman-teman sering bingung memilih menu hantaran untuk keluarga atau teman jika lagi ada acara khusus ? Ngga perlu bingung kok teman-teman...sebenernya banyak sich menu-menu tradisional kita yang menarik ya untuk di jadiin menu spesial untuk hantaran.
4

Wednesday, July 13, 2022

Terik Daging Campur


Terik Daging Campur

 
Selamat Sore,


Hari ini masak ini aja teman-teman, masak daging yang dicampur aja sama tempe, telur biar gak monoton daging aja rasanya. Aku sich cuma makan tempenya saja kalau masak terik campur gini ๐Ÿ˜€ Lebih berasa legit, empuk, meduk tempenya dan ada aroma dagingnya. ๐Ÿ˜…

Yodha yang biasanya kurang suka menu bersantan sejenis opor dll, kalau terik gini suka karena teriknnya lebih medok, kuah kental dan meresap bumbunya karena dimasak lama, dan bercita rasa gurih sedikit manis legit, nglawuhi pokoke.

Masak terik biar meresep gini, harus agak lama dan api kecil ya teman-teman jadi daging empuk, bumbu meresap ke tempe juga, telur juga jadi gempi Menu yang cocok bareng terik, untuk sayurannya adalah urap, dan aku buat urap mentahan atau trancam kalo di Jawa.

Tapi jika tidak suka urap, cocok juga disajikan dengan sambal dadak, atau sambal korek yang cabe plus bawang putih diulek sama garam/penyedap lalu disiram minyak jelantah panas, wah kalo dimakan sama terik ini pasti super sedep, pas banget rasanya. ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜˜ Atau disajikan sama Mie Goreng atau Bihun Goreng kampung ya cocokya untuk menu pendampingnya.

RESEP TERIK DAGING CAMPUR

Bahan :
  • 300 gram daging, yang mudah empuk ..misal Lulur atau Kisi
  • 5 buah Tempe bungkus daun / atau tempe papan..potong2
  • 5 telur rebus
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Kaldu sapi bubuk 2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 50 gram
  • Santan agak kental 1000 ml
  • Bumbu halus :
  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri sangrai
  • 1/2 sendok mkn ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran
Cara Membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  • Masukkan daging, aduk hingga berubah warna, masukkan santan dan bumbu2, serta tempe
  • Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, kuah mengental hingga tinggal 1/4 dari jumlah santan awal ya, kuah agak menguning atau kecoklatan, tergantung gula merah yang di pakai..dan daging empuk, telur gempi dan berubah warna itu tandanya sudah matang.
  • Koresi rasa. Sajikan

Note :
  • Beda Terik dengan Opor, Terik dimasak hingga mengental dan mlekoh, jadi bumbu-bumbunya lebih meresap dan legit. Rasa juga lebih medok, gurih manis enak.
  • Tempe bisa di ganti Tahu ya

Selamat mencoba!
7

Sunday, August 4, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Lebaran Hari Ke 27..Empal Kelem ( Semarang )


Akhirnya sempat masak2 lagi yang beneran hari ini ..hihi..setelah sibuk berkutat dengan tepung dan mixer serta oven. Dan pilihan menu..jatuh ke..Semarang lagi..hihi..yaitu Empal Kelem. Empal Kelem ini masakan terbuat dari daging sapi yang di ungkep dengan bumbu2 rempah sampai empuk dan bumbunya meresap ke daging, tetap tidak sampai asat atau kering seperti empal biasanya..sehingga di sebut empal kelem..atau empal yang tenggelam dalam kuah..hihi..kira2 begitu sich ^^..karena kelem artinya tenggelam.

7

Monday, April 6, 2020

Terik Daging Campur

Terik Daging Campur

Malam....
Menu malam ini..Terik campur2 ada Daging, Tahu, campur Telur... sekalian biar sekali masak ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Terik Daging & Tempe

Bahan :
  • 300 gram daging, yang mudah empuk ..misal Lulur atau Kisi
  • 5 buah tahu
  • 5 telur rebus
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Kaldu sapi bubuk 2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 50 gram
  • Santan agak kental 1000 ml
Bumbu halus :
  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1/2 sendok mkn ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran
Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. 
  • Masukkan daging, aduk hingga berubah warna, masukkan santan dan bumbu2, serta tahu. 
  • Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, kuah mengental hingga tinggal 1/4 dari jumlah santan awal ya, kuah agak menguning atau kecoklatan, tergantung gula merah yang di pakai..dan daging empuk, telur gempi dan berubah warna itu tandanya sudah matang.
  • Koresi rasa. Sajikan
Beda Terik dengan Opor, Terik di masak hingga mengental dan mlekoh..jadi bumbu2 lebih meresap dan legit. Rasa juga lebih medok..gurih manis enak. Selamat mencoba!
5

Saturday, October 4, 2014

Menu2 Idul Adha



Selamat menyambut hari raya Idul Adha, ya teman2..semoga bisa berkumpul bersama keluarga besar nich..besok..libur panjang kan...?..Kalau Yodha sich Senin libur..tapi kalau papinya nggak..huhu. Tapi masih sempat mudik kok sehari besok. Jadi..sebelum mudik nich..aku mau berbagi sedikit kumpulan resep2 untuk menu besok nich buat yang pengen masak2 yang  enak buat keluarga di rumah ya. Menu2 ini udah aku posting ya semua..jadi jika mau liat resepnya.tinggal di klik aja teman2..Tulisan *SINI* di masing2 resep..itu nanti akan muncul postingan resepnya. Semua resep berbahan daging sapi atau kambing. Selamat mencoba ya teman2..silahkan di pilih nich..menu yang mau di masak apa..^^

16

Friday, March 14, 2014

Terik Daging & Tempe



Wah..hari ini menunya lauk2 dulu ya teman..hihi..belum bikin kue2 lagi soalnya..dari tadi sibuk masakin lauk pauk favorit Yodha. Nggak ada apa2 sich..cuma *edisi emak bangga..hihi..jadi pengen masak yang enak2 buat Yodha.

16

Sunday, July 5, 2020

Terik Tempe

Terik Tempe


Siang teman-teman, 

Terik tempe yang dimasak hingga asat (menyusut) kuahnya ... sampai kuah santan mengental dan menyelimuti tempenya.

Terus tempe-nya jadi medhok empuk banget teman-teman ... ini kalau di Yogya biasa dimakan bersama gudangan/urap, atau kalau nggak digado juga enak.

Lebih enak lagi kalau pakai tempe koro atau benguk ... tambah eksotis rasanya ๐Ÿ’•

Kalau nggak sama Gudangan ... Terik kering gini juga enak dimakan sama Sambel Bawang ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Ini aku campur sedikit daging..jadi tambah sedep ๐Ÿคฃ Terik ini bukan Semur ya jadi tanpa kecap teman-teman, bisa sampai kecoklatan gitu karena dimasak lama pakai api kecil dan pakai gula merah ... rasanya sedep gurih manis enak ๐Ÿ’•

Terik Daging & Tempe

Bahan :
  • 250 gram daging berlemak / tetelan
  • 10 tempe bungkus daun kecil2
  • 4 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan 
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Kaldu sapi bubuk 2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 50 gram
  • Santan sedang 1500 ml
Bumbu halus :
  • 8 buah bawang merah 
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran
Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daging, aduk hingga berubah warna, masukkan santan dan bumbu2 lain, serta tempe. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, kuah mengental dan daging empuk.
  • Koreksi rasa. Sajikan
Selamat mencoba!
0

Sunday, September 29, 2013

Terik Ati Ampela, Telur dan Tahu...Satu Menu.. Enak & Komplet..^_^



Terik..adalah masakan khas Yogya..sejenis opor ayam yang biasanya di sajikan sebagai pelengkap gudeg..tapi kuahnya kental..karena di masak sampai kuah menyusut dan hampir habis.Kalau di keluargaku di Yogya..menu terik ini dulu jadi salah satu menu harian. Bedanya dengan opor..kalau opor masih berkuah banyak..sedangkan terik ini di masak lebih lama sampai santannya menyusut sehingga hanya tersisa santan kental berbumbu pekat yang menyelimuti bahan2nya. Istilah Jawanya..kuahnya*mlekoh*..hihi. Karena dimasak lama dengan api kecil..jadi bumbu2nya terasa gurih dan legit..masuk ke semua bahan2nya.
14

Tuesday, March 3, 2015

Terik Tempe Semangit & Tahu


Beberapa hari masak oseng..pak Boss kurang berkenan..hihi. Soalnya suamiku itu sukanya menu2 berat seperti masakan Jawa sambal goreng..opor dll. Jadi kalau menu oseng2 kurang suka. Ya udah dech ngalahin ribet dikit masak yang bersantan2..sekalian bisa buat lauk Yodha juga..karena nggak pedas.

7

Tuesday, April 14, 2015

Sambal Goreng Bola Daging, Tempe & Krecek




Sambel goreng lagi..yapp..memang ini salah satu menu favorit di rumah. Maklum..wong Jowo..sukanya ya sambal goreng. Sampai ada temenku protes..kamu kapan masak rendang..hihi. Iya ya..kebangetan banget aku ini..masak rendang aja nggak jadi-jadi terus. Lha gimana coba..tiap punya daging bagus..aku tanya ke suami, mau di masakin apa dagingnya ..pasti jawabnya..di ungkep aja..di empal kelem aja..di terik aja..di bacem aja..di tongsengaja..hihi..pokoknya pasti menu2 ala Jowo bingit yang di pilih suami dan anakku. Yo wis lah..jadinya belum sempat masak rendang hingga sekarang. Tapi..aku janji dech..aku mau masak rendang nanti jika selo..jika semua kerjaan bulan ini udah beres..hihi. Halah..kelamaan..hihi. 
5

Tuesday, July 22, 2014

Menu Lebaran



Menu2 rangkuman untuk  lebaran nich teman2..biar lebih mudah ya..carinya..di blog. Soalnya aku kalau deket lebaran malah nggak masak berat..soalnya di rumah mertua aja. Silahkan di pilih yang kira2 sesuai selera..tinggal di klik aja dech..menu2 lebaran ala Diah Didi's Kitchen ya.....^^

Empal Kelem resep klik di SINI

Kare Ayam resep klik di SINI

Terik Daging resep klik di SINI

Lontong Opor Tuyuhan resep klik di SINI

Tongseng Iga Bakar resep klik di SINI

Nasi Ayam Semarangan resep klik di SINI

Nasi Liwet Solo resep klik di SINI

Ayam Bumbu rujak resep liat di SINI

Ayam Bakar Bumbu Bacem klik di SINI

Ayam Bakar Bumbu Terik klik di SINI

Ayam Taliwang resep klik di SINI

Nasi Gandul resep klik di SINI

Pindang Ayam Kudus klik di SINI

Pindang Daging  klik di SINI

Pindang Iga Cemplung resep klik di SINI

Sambal Goreng Ati klik di SINI

Gudeg Komplet klik di SINI

Sambel Goreng Kering klik di SINI

Sambel Goreng kreni klik di SINI

Semur Betawi klik di SINI

Malbi klik di SINI

Semur Bola Bola Daging klik di SINI

Lontong Sayur klik di SINI

Sayur Godog Betawi / Labu siam klik di SINI

Rawon Iga klik di SINI

Pindang Bandeng klik di SINI

Empal  Gepuk klik di SINI

Babat iso bacem klik SINI

Babat Gongso klik di SINI

Sup Pecok Ayam klik di SINI

Steak Daging Cincang klik di SINI

Steak Kakap klik di SINI

Udang kremes klik di SINI

Empal Gentong klik di SINI

Soto Betawi klik di SINI

Tengkleng Solo klik di SINI

Sambel udang dan petai klik di SINI

Ayam Goreng Bogor klik di SINI

Bakso Goreng Kuah  klik di SINI


Ok..semoga bermanfaat ya teman2..jika belum lengkap..silahkan di search aja sendiri di blog ya..menu2 lain yang ingin di masak..^^



18

Wednesday, November 25, 2015

Jangkrik Goreng Khas Kudus


Yeay..hari ketiga..jelajah kuliner Nusantara. Kali ini...kita mau makan menu khas daerah yang deket aja sama Semarang..yaitu Kudus. Menu kali ini..namanya unik..Jangkrik Goreng..hihi. Waktu menerima kiriman resep dari mba Nikmawati ini..aku sedikit kaget. Oh..jangkrik goreng..? Aku kira jangkrik beneran yang di goreng...hahah. Aku memang pemakan segala yang bisa dan boleh di makan..tapi jika rada ekstrim seperti jangkrik atau belalang ya..belum punya nyali untuk mencobanya..hihi. Tapi untungnya cuma nama..karena masakan ini ternyata berbahan dasar daging sapi, atau kerbau dan kambing jika aslinya di Kudus sana.

10

Tuesday, June 24, 2014

Tips Menghemat Waktu Memasak di Bulan Puasa


Wah..nggak kerasa,..minggu besok udah puasa ya teman2..buat yang menjalankannya. Nah..pasti kalau bulan puasa..kerjaan emak2 pasti nambah ya..karena musti nyiapin saur juga dini hari. Apalagi kalau yang kerja juga..wah pasti berlipat2 capeknya. Tapi ya namanya ibadah..kalau kita lakukan dengan ihklas ya jadi ringan aja kok teman2..kan udah kewajiban kita ya..sebagai istri dan ibu..nyiapin menu2 buat buka dan saur keluarga di rumah. Nah..biar rada enteng dikit kerjaan..dan juga biar punya lebih banyak waktu buat beribadah misal..sholat terawih dll..yukk kita siapin aja menu2 yang awet..buat saur..atau buka, dan juga beberapa tips menghemat waktu masak di saat puasa ya teman2..semoga bermanfaat ya..buat ibu2 baru nich..yang lagi seneng belajar masak.
29

Tuesday, June 9, 2015

Menu Untuk Sahur Anak-Anak


Alahmdulillah..sebentar lagi sudah mau masuk bulan suci Ramadhan ya..teman-teman. Senangnya bisa menjalankan ibadah puasa lagi. Dan bulan puasa besok pasti nich akan terasa beda..karena *boss kecilku..berjanji akan puasa full sehari katanya. Semoga di beri kekuatan dan bisa tamat 1 bulan. Tiap hari udah tanya..puasanya kapan Mi ?..kata yodha..hihi..gak sabar dia. Jadi ingat waktu kecil...mungkin yang generasiku ngalamin kali ya..pas anak-anak..jika mau masuk bulan puasa itu seneng banget..karena akan selalu ada kemaraian di kampung..hihi. Masjid atau jaman dulu Langgar selalu ramai..ada banyak penjual makanan dadakan di sore hari. Setiap sore anak-anak ada acara takjilan di Masjid, buka puasa bareng. Tiap sahur banyak warga atau remaja berkeliling dari rumah ke rumah dengan aneka bunyi-bunyian...untuk membangunkan warga untuk sahur. Tiap pagi subuhan..selalu jalan-jalan ramai-ramai sama teman-teman..sore ngabuburit juga ramai..wah pokoknya terasa spesial banget kalau bulan puasa itu. Apalagi jika sudah dekat hari raya...ada tradisi * Oncor-Oncoran*..tradisi keramaian pakai *oncor bambu..haha..seru banget dech..*must have* dech dulu...oncor dari bambu dan minyak tanah ini untuk anak-anak...jika sudah dekat-dekat Lebaran. Baru nyadar..aku generasi jaman dulu banget ya..hihi. Beda dengan jaman sekarang..apalagi di kota nich..bulan puasa sama aja seperti bulan-bulan biasa suasananya. Paling acara tivi aja ya yang bernuansa bulan Puasa. Sama kalau sore..lumayan banyak menjamur pedagang-pedagang dadakan..tapi kebanyakan pedagang kelapa muda aja kalau di sini..hihi. Tapi..tetep semangat..semoga lancar bisa beribadah sebulan penuh. 

Nah..karena Yodha udah mau puasa penuh..otomatis biar dia semangat..harus memikirkan menu-menu favorit dia nich untuk sahur. Karena waktu sahur nich anak-anak kadang suka malas jika bangun pagi..terus di suruh makan gitu ya teman-teman. Makanya..harus pinter-pinter nich menyajikan menu-menu favorit mereka agar mau semangat   makan sahur. Kalau Yodha, pastinya..harus nyetok ayam ungkep..jadi sewaktu-waktu minta ayam goreng Juga daging ungkep..dan sosis, dll yang jadi favorit dia. Nah..untuk menu pendampingnya..tentu aja menu-menu yang tidak pedas, agar lebih nyaman buat anak-anak, karena di makan di pagi hari.

Menu-menu pendamping yang cocok untuk menu sahur anak-anak..contohnya menu aneka opor, semur, terik, sup, gulai, kare sayuran, cap cay, dll. Sediakan juga menu-menu kering favorit mereka ya teman-teman..misal kering tempe, kering kentang, abon, serundeng  dll, jadi bisa ada pilihan..misal hari ini malas sahur pakai lauk tertentu..masih ada pilihan lauk lain di meja makan. Jangan sampai kekurangan tenaga ya anak-anak pas puasa. Apalagi jika masih masuk sekolah. Tapi kayaknya sich pas libur panjang ini ya...anak-anak puasanya. Oh ya..jangan lupakan sayur atau buah-buahan ya teman-teman. Pagi-pagi makan buah ?..No problemo..kita bisa pilih buah-buahan yang aman di makan di pagi hari..seperti pepaya, melon..pisang, dll.

Contoh   lauk kering yang bisa di stock untuk menu sahur anak-anak, misalkan kering mustafa ini teman-teman..resepnya sudah pernah ku posting di SINI ya. atau bisa juga lauk kering serundeng . Resep serundeng..pernah juga ku posting di SINI. Tapi, jika malas buat serundeng sendiri..beli aja serundeng siap pakai..aku juga jual lho serundeng kering yang awet dan enak..hihi.


Contoh menu-menu favorit Yodha..ini nich teman-teman..ada semur soun , cap cay   Jawa dan ayam pok pok...serta sup bola bola daging..sup pangsit kuah. dll. Semoga bisa jadi inspirasi menu  sahur buat anak-anak ya. Menu-menu lain. Silahkan search di web ini..pakai kata kunci judul resep yang di perlukan..atau jika mau praktis..ada menu-menu harian komplet..yang ada dalam buku 62 RESEP MASAKAN LEZAT untuk menu sehari-hari yang pas banget untuk menyusun menu bulan puasa besok...karena ada padu padan 62 menu komplet dari menu daging, menu ayam, menu telur, menu ikan dan seafood, menu sayur, menu tahu & tempe..pas banget buat bekal menyusun menu dasar atau pelengkap untuk 1 bulan puasa..hihi. Jadi..silahkan cari di toko Gramedia terdekat ya..atau di Gunung Agung. Jika memerlukannya. Yang mau belajar  bikin kue kering buat Lebaran..juga sudah terbit..buku keduaku ya...yang berjudul..BIKIN KUE KERING YUK..ini buku panduan membuat kue kering untuk pemula..jadi dalam buku ini aku kupas tuntas semua tips dasar dalam pembuatan kue kering. Semoga bermanfaat buat teman-teman..yang mau belajar membuat sendiri kue kering untuk Lebaran ya. Atau mau coba-coba untuk menambah pemasukan menerima pesanan kue-kue kering mungkin. Jika mau pesan lewat aku juga bisa yang buku kue kering ini..hari ini semoga sudah datang..kemaren sudah di kirim dari penerbit Jakarta.

Oke..aku kasih contoh beberapa menu sahur praktis untuk anak-anak ya teman-teman..semoga bermanfaat ^^


Pangsit Kuah Rebus

Sup Pangsit udang ini bercitarasa gurih ringan. Di sajikan dengan kuah yang ringan dan segar, akan jadi hidangan ringan yang menyenangkan untuk sahur, biar cepat, pangsitnya bisa di siapkan malam sebelumnya. Pagi-pagi tinggal masak kuahnya dech.

Untuk  2 - 3 porsi

Kuah Bening
Bahan :
1000 ml air kaldu ayam
2 siung bawang putih goreng, geprek
½ sendok teh garam
1 sendok teh gula
¼ sendok teh merica
2 batang daun sledri, ikat
Cara membuat :
Rebus semua Bahan hingga mendidih dan bumbu mersap. Koreksi rasa
Bahan Pangsit
10 lembar kulit pangsit yang khusus kuah ukuran kecil
100 gram udang cincang
50 gram ayam cincang
1 sendok makan tepung sagu atau tapioka
¼ sendok teh garam
½ sendok teh gula
¼ sendok teh merica
½ sendok teh bawang putih bubuk
Pelengkap
1 batang daun bawang, potong kecil
4 lembar  pok coy
Cara membuat
Aduk rata semua bahan pangsit, isikan ke kulit pangsit, bentuk sesuai selera
Rebus di air mendidih hingga matang sekitar 10 menit
Angkat, tiriskan
Sajikan dengan kuah sup bening dan pok coy rebus
Selain itu ada menu seperti cap cay goreng Jawa berikut..juga cocok untuk menu sahur, resepnya mudah dan cepat. Kekian udang bisa di buat sore atau malam harinya..jadi pas waktu sebelum sahur, tinggal di tumis sebentar.


Cap Cay Jawa
Bahan Kekian Goreng :
150 gram tepung terigu protein sedang
50 gram udang kupas, haluskan
1 butir telur
150 ml air
1 sendok teh  bawang putih bubuk (2 siung bawang putih yang di haluskan )
¼ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh garam
½ sendok teh gula pasir
Aduk rata semua bahan dan sendokkan ke minyak yang sudah di panaskan hingga adonan habis. Dinginkan, lalu potong serong

Bahan Sayuran & Pelengkap
2 lembar kol, potong kasar
3 lembar daun sawi hijau, potong kasar
1 buah wortel, potong serong tipis
100 gram kembang kol, potong kecil
3 butir bakso, iris tipis
1 pasang ati ampela, potong kecil
1 potong ayam rebus,   suwir  atau potong kecil
1 butir telur
½ sendok teh gula pasir
½ sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh kaldu ayam ( aku pakai Alsultan...dan garam secukupnya )

Bumbu halus :
1 sendok makan peres bumbu dasar putih, atau 2 siung bawang putih, 2 butir kemiri, ¼ sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis  bumbu halus hingga matang dan harum, sisihkan di pinggir pan, masukkan telur, buat orak arik
Masukkan bakso, air dan semua bahan lain serta bumbu, kecuali kekian goreng. Tutup sebentar agar bumbu meresap dan sayuran layu. Masukkan kekian goreng aduk rata dan masak hingga meresap sebentar  sebentar saja
Koreksi  rasa
Ada lagi menu yang pasti di sukai anak-anak..soun tumis kecap. Tumisan dengan citarasa gurih manis ini  bisa di variasikan dengan telur puyuh, jamur, kentang goreng, ayam, bakso, sosis, udang. dll. Pasti anak-anak suka teman-teman. Resep Soun Kecap silahkan di liat di SINI ya teman-teman..udah pernah ku posting kok.


Untuk lauk favorit anak-anak..jika suka yang kriuk-kriuk gurih..ayam pok pok ini juga bisa di stock di freezer lho...setelah di goreng setengah matang. Jika mau di sajikan..di biarkan suhu ruang dulu, baru di goreng kembali hingga renyah. Resep ayam pok-pok..juga pernah ku posting di SINI teman-teman. Oke..Selamat menyambut  bulan puasa ya..^^

7

Tuesday, October 21, 2014

Leker Isi Sosis



Membuat kue leker sendiri..kini makin mudah dech..sejak adanya tepung leker mix yang aku jual..aku jadi sering banget bikin leker buat Yodha. Apalagi dia memang suka cemilan yang kriuk2 garing gitu. Paling seneng sich dia isi meises atau coklat serut atau susu kental manis. Kayak tadi..buat bekal dia minta kue leker isi coklat. Adonan masih sisa separo..iseng aku buat leker isi sosis. Ternyata enak banget teman2. Gurih kriuk kulit leker..berpadu dengan gurih sosis dan olesan saus tomat atau sambal..wah..perpaduan yang istimewa. Tapi harus segera di nikmati ya..sesaat setelah di buat leker sosis ini..agar sensasi kriuk kresnya tetep dapat. Buat yang suka mayones..keju dll..bisa juga di tambahkan ya..sesuai selera.


Dulu..aku agak2 ragu makan kue leker atau crepes yang isinya gurih..aku pikir apa enak ya..ndak nabrak2 gitu rasanya. Ternyata enak banget..hihi. Di Semarang sini ada penjual leker yang terkenal memang isinya macam2..selain manis..jual isi kornet..daging asap..sosis..sayur dll. Dulu aku belum bergeming untuk mencobanya. Buatku..kue leker paling enak ya isi pisang raja yang ranum dan matang di tambah coklat meises..udah itu *the best* dulu...hihi. Nah kemaren malam nonton acara Eat Street di afc itu di luar negeri ada penjual Crepes renyah yang isinya macam2..aneka daging, telur, isian buah dll..macam2 dech..mana isinya melimpah gitu dan laris manis...di jual di jalanan Amerika. Jadi kepengen crepes ala Indonesia..alias kue leker..hihi yang di isi macam2 juga. Akhirnya tadi mencoba isi yang simple dulu..isi sosis sama saus tomat aja..udah enak banget..hihi. Wah..bisa terus berkreasi nich dengan kue leker. Apalagi bikinnya cepet dech..kalau pakai tepung leker yang aku jual nich..tinggal campur2 bahan..di blender bisa..di mixer bentar bisa..jadi dech adonan..tinggal panggang.

Untuk menghasilkan kue leker yang crispi dan tipis..paling mudah memang pakai wajan kewalik atau crepe maker..apa itu ?..Klik di SINI ya info lengkapnya...aku juga jual lho wajan kewaliknya. Jadi jika teman2 mau pesan..ready stock juga. Tepung leker yang aku jual..produksi pengusaha kue leker Semarang..yang dulu beli franchise resepnya dari leker terkenal di sini..jadi sudah pasti enak hasilnya. Yodha aja nggak pernah bosan lho..makan leker ini. Hasilnya kriuk..renyah dan gurih. Pas dech rasanya. Bisa di buat jadi kue leker tradisional..atau crepes renyah ala mall yang bisa di isi macam2 isian..salah satunya kayak isi sosis yang aku buat ini. Next mau coba isi buah2 an dan es krim ah..pasti yummy dech di nikmati di siang yang terik begini. Ini tepung lekernya..tapi masih pakai stiker lama..hihi..karena ini foto lama. Tapi sama kok dengan kemasan stiker baru yang sekarang produksinya teman2.


Ini hasil kue leker yang pakai wajan  kewalik atau crepes maker teman2..bisa tipis dan renyah kriuk. Tapi aslinya adonan dari petunjuk di kemasan tepungnya lebih tebal. Tapi kalau aku suka yang tipis dan kriuk gini..jadi jumlah air pasti aku tambah dari yang tertulis di kemasan. Jadi..jika di jual juga kue lekernya bisa lebih banyak hasilnya teman2..karena lebih tipis. Jika mau usaha kue leker..ada alatnya khusus lho. Ada yang bisa di putar2 manual plus kompornya..rakitan khusus gitu sekitar 1 jutaan ya..kalau yang lebih modern udah *build in* yang langsung di atas kompor wajan ceper gitu..dan di putar pakai sutil khusus gitu aku liat di internet 3 sampai 4 juta..itu juga lebih mudah lagi. Yang paling murah alatnya..cukup pakai wajan kewalik yang aku jual aja..hihi...murah meriah , udah dapat bonus wadah adonan dan sutil kayu teman2. atau jika telaten ya pakai teflon biasa yang anti lengket ya. Cara pakai wajan kewaliknya juga mudah saja..tinggal bagian bawah wajan di celup ke adonan setelah di panaskan terlebih dahulu, lalu di panggang hingga matang..hasil..bisa tipis dan renyah.tanpa perlu repot2 meratakan manual adonannya..hihi. 

Ok...ini dia resep kue leker sosis dari tepung leker yang aku jual ya..moga2 bisa jadi salah satu alternatif varian kue leker buat teman2 yang kemaren udah order tepung leker ya..^^ 
Leker Sosis

Bahan :
10 buah sosis sapi kualitas bagus, panggang sebentar dengan sedikit margarin, potong2 bulat , sisihkan.
Saus tomat secukupnya.

Adonan leker
125 gram tepung leker
2 sendok makan gula pasir ( karena isi gurih aku pakai gula sedikit aja...tapi bisa di sesuaikan selera ya teman2..maksimal 50 gram aja biar nggak terlalu manis )
1 sendok teh margarin cair
1/4 sendok teh garam
1/4 butir telur
Air 200 ml

Cara membuat :
Blender semua bahan adonan leker hingga halus adonannya. Saring jika perlu.
Tuang di wadah adonan khusus crepes maker.
Panaskan wajan kewalik, jangan terlalu panas ya..cukup agar adonan bisa menempel saja..agar leker tidak berlubang2.
Panggang hingga hampir kering, beri sosis, dan saus sesuai selera
Lipat dua, panggang hingga kering dan renyah di api kecil
Sajikan segera





11

Google Ad

Visit Our You Tube Channel