Tuesday, March 3, 2015

Terik Tempe Semangit & Tahu


Beberapa hari masak oseng..pak Boss kurang berkenan..hihi. Soalnya suamiku itu sukanya menu2 berat seperti masakan Jawa sambal goreng..opor dll. Jadi kalau menu oseng2 kurang suka. Ya udah dech ngalahin ribet dikit masak yang bersantan2..sekalian bisa buat lauk Yodha juga..karena nggak pedas.

Menu favorit di rumah yang bersantan gurih gini nich teman2..karena memang enak di buat makan nasi hangat ya..gurih dan sedikit manis berpadu bumbu rempah, jadi sedep. Nama menunya..Terik..khas Yogya. Biasanya paling enak ya..ayam atau daging yang di bumbu terik gini. Tapi karena lagi nggak punya ayam atau daging..tempe dan tahu pun..oke lah. Jika pakai tahu..bisa pakai tahu yang berkulit atau tahu putih..tapi yang padat ya teman2..agar nggak hancur. Jika suka bisa di tambah telur juga. Apa beda terik dengan opor ?..Kalau opor berkuah banyak dan kekuningan..kalau terik ini cenderung kental..karena di masak lama dengan api kecil..hingga bumbu2 meresap di bahan dan kuahnya mengental. 

Jadi Terik..rasanya lebih *nyamleng gitu istilah orang Jawa..atau lebih *mlekoh..hahahah..bahasanya..ndeso kabeh. Jadi..artinya..kuahnya itu lebih gurih..legit dan bumbunya meresap gitu lho teman2..istilah2 di atas ya..jika nggak tau bahasa Jawa. Agar bisa kental dan meresap gitu masak Terik di api kecil ya teman2..ndak usah di tungguin di depan kompor..di sambi..nyapu2 dulu ntar juga mateng dan mengental sendiri..hihi.

Terik ini juga bisa jadi teman makan gudeg lho..sahabat sejatinya..yaitu sambel goreng krecek..hihi. Kali ini karen aku cuma punya tempe yang udah over fermentasi alias agak semangit, jadi aku pakai itu saja..dan ternyata malah sedep lho teman..aku jadi ingat..kuah seperti ini..ketika makan masakan khas Kudus..yaitu Lenthok..yang salah satu lauknya sayur tahu & tempe kuah santan begini..hemm baru nyadar ternyata kuahnya pakai tempe semangit..makanya rasanya itu khas ndeso banget. Sipp dech..kapan2 bikin Lenthok Kudus lagi..masih penasaran sama citarasa aslinya..hihi..soalnya sering di bawain temen enak banget.

 

Oke dech sekarang masak terik dulu yuk teman2..bahannya murah..meriah..dan enak..ini dia resepnya ya ^^

Terik Tempe Semangit & Tahu
Bahan : 
200 gram tempe semangit yang baru ( belum terlalu over fermentasinya ) , potong sesuai selera
5 buah tahu berkulit ( tahu goreng ) , potong sesuai selera
Santan sedang 800 ml dari 1/2 butir kelapa atau santan instan yang di encerkan
2 lembar daun salam, 2 sereh, 2 cm lengkuas geprek dan 2 lembar daun jeruk purut.
Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya

Bumbu halus : 
8 butir bawang merah
5 butir kemiri
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Haluskan bumbu2, lalu tumis hingga harum, masukkan santan, tahu dan tempe dan bumbu2 lain. 
Masak sampai meresap dan  kuah mengental dengan api kecil.

Tips :
Cara membuat tempe semangit, diamkan tempe segar di suhu ruang sekitar 4 hari atau jika tidak suka atau tidak ada tempe semangit..pakai saja tempe segar biasa..juga enak.


7 comments :

  1. Mbak Diaaah.... tempe semangit aku banget tuh..hihi.^_^ Udah kebayang nih rasanya pasti sedeeep & mantabs. Nasinya anget plus sambal dan krupuk..weiss mertua lewat gak dianggep dehh...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..sssttt...jangan di cuekin tho mba..mertua lewat di ajak makan bareng gitu lho..:D

      Delete
  2. Mbak diah....resep2nya ok bingittt....ak udah cobain...skrg enak kalo masak udah punya variasi menu...gakk mati gaya kalo ke dapur....makasihh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jk sesuai selera ya resep2nya..:)

      Delete
  3. Wah enak2...besok tak masak itu ae kali ya..tp dicemplungin rawit setan utuh...uhh..tambah nyakmleng deh...mkasih mbak diah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..mantab itu di kasih ranjau cabe..ndak perlu nyambel ya..:D

      Delete
  4. terima kasih sekali mba diah buat resep2 masakannya,,saya kebantu banget nih karena kadang lagi ga ada ide masak apa akhirnya buka blog mba didi jalan keluarnya hehehe

    ReplyDelete